Ini dia Bored Apes, Monkey NFT yang Punya Nilai Fantastis!
icon search
icon search

Top Performers

Ini dia Bored Apes, Monkey NFT yang Punya Nilai Fantastis!

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Ini dia Bored Apes, Monkey NFT yang Punya Nilai Fantastis!

NFT

Daftar Isi

Bored apes adalah monkey NFT yang memiliki nilai fantastis. NFT yang satu ini sering tampak berseliweran saat NFT sedang hype beberapa waktu lalu.

Bukan hanya kolektor, para artis pun beramai-ramai memburu NFT “si monyet bosan” ini. 

Jika ditilik lebih jauh, NFT monkey yang satu ini memang memiliki banyak sekali variasi, mulai dari bermahkota sultan hingga botak bertanduk; dari yang punya ekspresi datar hingga yang berbaju aneh dan unik.

Menariknya lagi, NFT yang satu ini bahkan bisa laku hingga miliaran rupiah. Lantas, kenapa ya NFT ini bisa demikian populer? Berikut ulasannya.

Kenalan dengan Bored Ape Yacht Club

Bored Ape Yacht Club atau Bored Ape merupakan official partner NFT yang khas dengan ilustrasi gambar monyet berwajah bosan. Ia mulai dikenal luas setelah ditampilkan di pusat kripto, Miami, dan kemudian menjadi gimmick seni paling laris.

NFT monkey ini pada musim semi 2021 lalu dibanderol dengan harga USD190. Angka itu terus naik sampai saat ini yang sudah menyentuh nilai miliaran rupiah.

Sempat misterius, akhirnya pendiri Bored Ape Yacht Club (BAYC) terungkap. Hal itu setelah BuzzFeed, sebuah media online ternama, menelusuri catatan bisnis dari Yuga Labs, perusahaan di balik proyek BAYC yang mengarah pada alamat Solano.

Akhirnya, dua nama asli pendiri BAYC pun terkuak, yaitu Wylie Aronow dan Greg Solano. Saat berkarya di ekosistem NFT, mereka tidak pernah memakai nama asli. Nama samaran yang mereka pakai adalah Gordon Goner (Wylie Aronow) dan Gagamel (Greg Solano). 

Namun, sekalipun sudah diketahui identitas asli pendiri BAYC, tetapi ilustrator yang membuat Bored Ape ini masih belum terungkap.

Deretan Monkey NFT termahal yang Pernah Terjual

NFT Monkey

Terdapat sebanyak 10.000 variasi dari deretan koleksi karya seni Bored Ape. Masing-masingnya punya karakter unik dan tidak ada kembarannya.

Dengan demikian, masing-masing karakter ini hanya ada satu. Hal itu yang kemudian membuat Bored Ape demikian berharga di mata kolektor NFT.

Di samping itu, harga jualnya pun bervariasi, dengan tiga NFT berikut ini menjadi yang paling mahal.

1. Bored Ape #2087

Bored APE #2087

Sumber: Opensea.io

Edisi ini menjadi karakter Bored Ape termahal (769 ETH) karena dianggap unik. Monyet  yang satu ini tampak memiliki kulit warna-warni yang sangat futuristik.

NFT tersebut kemudian laku seharga USD 2,3 juta. Bahkan, NFT ini pun sudah sempat berpindah tangan sebanyak dua kali dalam empat bulan terakhir dengan harga yang fantastis.

2. Bored Ape #3749

Bored Ape #3749

Sumber: Opensea.io

Kedua, ada Bored Ape edisi #3749 yang memperlihatkan karakter monyet bertopi pelaut dan memakai t-shirt berwarna abu-abu gelap. Mata sang monyet tampak memancarkan sinar selayaknya karakter X-Men, Cyclops.

Menariknya, gambar yang satu ini sukses dihargai 740 ETH atau sekitar USD 2,9 juta. Ilustrasi tersebut juga sudah diperjualbelikan sebanyak tiga kali dalam setahun terakhir.

3. Bored Ape #8585

Bored ape #8585

Sumber: Opensea.io

Kemudian, ada monkey NFT edisi #8585 yang laku seharga 679 ETH (sekitar USD 2,67 juta). 

Monyet ini tampil dengan kulit warna-warni selayaknya edisi #2087 tadi, tetapi yang satu ini didandani dengan mahkota sultan plus bibir yang digigit bergaya menggemaskan dan menggunakan kaca mata.

Awal mula kepopuleran Bored Ape

Kepopuleran Bored Apes berawal saat Bored Ape Yacht Club, seorang official partner yang banyak mengunggah gambar simpanse berwajah bosan,

Mereka menampilkan karya-karyanya di Miami, salah satu kota di selatan Florida, yang menjadi pusat kripto setelah berbagai gimmick seni laku di kota itu.

Nah, ketika Bored Ape Yacht Club menawarkan berbagai karya seni menarik dari seekor monyet, NFT Bored Ape pun mulai diperjualbelikan sejak musim semi 2021 dengan harga 190 USD dan mendulang popularitas yang besar dari peminat NFT di seluruh dunia.

Kenapa Bored Ape dihargai mahal?

Sebetulnya, ilustrasi monyet bosan tersebut dibuat sekadar mengisi waktu luang sehingga wajah yang ditampilkan berupa muka-muka bosan.

Akan tetapi, mendadak banyak selebriti yang menyukai karya ini dan membeli beberapa di antaranya. Hal itu membuat algoritma mulai berpihak kepada NFT monkey ini.

Seiring bergulirnya waktu, harga NFT seri ini pun kian meroket dan NFT-nya sendiri kian diburu, terutama oleh para kolektor.

Singkat cerita, Bored Apes kemudian mulai berkolaborasi dengan berbagai brand ternama dunia, misalnya Adidas. Kerja sama itu memungkinkan mereka membuat game NFT.

Siapa saja artis yang mengoleksi Monkey NFT?

Berikut ini deretan artis yang ikut mengoleksi monkey NFT yang sangat populer tersebut.

  • Justin Bieber

Justin Bieber kabarnya membeli Bored Ape edisi #3850 dan #3001 seharga 500 ETH. Nilai transaksi Bieber itu setar USD 1,3 juta.

  • Madonna

Sang “Ratu Pop” ini membeli Bored Ape edisi #4988. Ilustrasi itu menampilkan monyet dengan kulit berwarna plum red dan punya mata di sekujur badan. 

Bintang pop era 80-an ini membeli NFT tersebut pada Maret 2022 lalu seharga 180 ETH atau sekitar USD 500 ribu.

  • Jimmy Fallon

Jimmy Fallon, MC talkshow kenamaan, pun membeli NFT monyet edisi #599. 

Pada NFT ini, Jimmy memiliki permintaan khusus untuk di-custom, yakni background warna biru, kaos garis-garis warna biru navy, kacamata berbentuk hati, bulu berwarna krem, dan topi kapten pelaut. Jimmy merogoh kocek 46,6 ETH untuk Ape yang satu ini.

  • Eminem

Pesona si monyet NFT juga tidak bisa ditampik oleh rapper legendaris Eminem. 

Ia kemudian membeli satu NFT monkey dari pengguna Twitter bernama @Gee_Gazza yang secara publik pernah mengutarakan mimpi agar NFT-nya dibeli oleh sang rapper kelahiran Detroit itu. 

Pria bernama asli Marshall Mathers itu pun mewujudkan impian si pengguna Twitter tadi, dengan membeli Bored Ape #9055 tersebut seharga 123,45 ETH atau sekitar USD 400 ribu.

  • Taylor Gerring

Salah satu co-founder Ethereum ini penasaran, bagaimana kalau Bored Ape dikombinasikan dengan Mega Mutant Serum? Merogoh kocek USD 3,5 juta, ia kemudian membeli salah satu Mega Mutant Serums yang tersisa. 

Nah, serum itu kemudian di-airdrop kepada Bored Ape, yang akhirnya menciptakan Mutant Ape jenis baru.

  • Neymar

Neymar, salah satu pesepakbola terbaik di planet ini, juga membeli Bored Ape, yakni edisi #6633. Harga Ape itu lebih dari 1 juta USD. 

Sang pria Brasil pun memamerkan monyet miliknya di akun Twitter-nya dengan caption: “I am an ape #community #art #BoredApeYC.”

 

Demikianlah ulasan tentang monkey NFT yang penting diketahui. Kamu bisa belajar di Indodax Academy untuk mengetahui informasi seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk cek harga aset kripto terbaru milik kamu di Market Indodax ya! 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023