Kode Verifikasi
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster Volatilitas copy e1579676133331

Kode verifikasi atau Verification Code adalah metode perlindungan keamanan yang digunakan untuk menghindari bot internet menyalahgunakan atau bahkan mengirim spam ke berbagai layanan online.

Jika kamu pernah diminta untuk memecahkan captcha saat mengunjungi situs web dan mencoba mengisi formulir, maka kamu sudah tahu seperti apa bentuknya.

Captcha adalah kode yang dibuat secara acak yang muncul sebagai gambar di atas kotak teks. Pengunjung situs perlu mengetikkan kode yang sama yang muncul pada gambar agar data formulir dapat dikirim. Setiap kali formulir diakses, kode yang berbeda akan muncul. Gambar captcha seringkali agak sulit untuk diuraikan, bahkan untuk manusia, sehingga mencegah bot untuk dapat membacanya.

Selain gambar captcha, bentuk verifikasi lain adalah kode Verifikasi Google, yang merupakan kode numerik pendek yang dikirim langsung ke pengguna, biasanya melalui telepon atau email yang digunakan untuk memverifikasi identitas mereka.

Pengguna mungkin perlu memasukkan kode ini setiap kali mereka mencoba membuat akun di Google, menyetel ulang sandi, atau masuk dari perangkat lain yang tidak dikenal ke akun mereka untuk pertama kalinya.

Perhatikan bahwa bentuk kode verifikasi ini tidak terbatas pada Google, yang hanyalah salah satu dari banyak opsi serupa. Layanan apa pun dapat memberikan layanan verifikasi kepada pembuat situs web dan pengguna. Layanan ini biasanya digunakan untuk akun perbankan tradisional dan aset kripto otentikasi dua faktor (2FA), yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

Kode verifikasi juga bisa berupa kode PIN 4 digit yang di kirimkan ke ponsel kamu melalui SMS. Namun bisa juga dengan cara call dan mengambil 4 digit terakhir dari nomor yang menelepon ke nomor kamu. Pengiriman kode menggunakan cara ini berfungsi untuk memverifikasi nomor ponsel kamu. Kode ini hanya dapat digunakan sekali.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!