Eos (EOS)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

eos scaled e1596605986435

EOS adalah koin yang beroperasi sebagai Platform Smart Contract untuk penyebaran Aplikasi Terdesentralisasi melalui model korporasi otonom. Smart contract dari Platform EOS memungkinkan untuk menghilangkan biaya transaksi dan juga memproses jutaan transaksi setiap detiknya.

Platform EOS dikembangkan oleh perusahaan Block.one, dan buku putihnya ditulis oleh Daniel Larimer dan Brendan Blumer. Keduanya terus menjadi anggota tim eksekutif Block.one, dengan Blumer menjabat sebagai CEO dan Daniel Larimer sebagai CTO.

Blumer adalah pengusaha serial, dan salah satu usahanya yang paling awal melibatkan penjualan aset virtual untuk video game. Dia kemudian mendirikan Okay.com, sebuah agen real estate yang berfokus secara digital di Hong Kong.

Larimer adalah seorang programmer perangkat lunak yang juga telah memulai serangkaian usaha kripto. Mereka termasuk platform perdagangan kripto BitShares dan blockchain Steem. Pasangan ini bertemu pada tahun 2016 dan membentuk Block.one pada tahun berikutnya.

EOS dirancang untuk mendukung semua kebutuhan desentralisasi dengan menyediakan seluruh fungsi inti, misalnya database, akun, signature atau perizinan, schedule, autentikasi, dan penanganan komunikasi antara aplikasi yang terhubung di jaringan internet. Sehingga, EOS akan lebih memudahkan untuk para pelaku bisnis untuk tetap fokus pada pengembangan bisnis daripada sistem pembayaran mereka. 

Menurut perusahaan, ia memiliki kapasitas untuk mengakomodasi permintaan ratusan, bahkan ribuan, DApps — bahkan jika digunakan oleh banyak orang. Eksekusi paralel, serta pendekatan modular, dikatakan mendorong efisiensi ini. Secara unik, pemegang token memiliki kemampuan untuk memilih produsen blok — serta hal-hal lain seperti peningkatan protokol.

Sayangnya, beberapa fitur EOS yang paling menonjol adalah yang paling tidak disukai oleh para kritikus tertentu. Ada yang berpendapat bahwa keterlibatan Block.one yang luas dengan proyek ini berarti agak terpusat — dan beberapa berpendapat ini adalah kebalikan dari apa yang ingin dicapai oleh blockchain dan kripto.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!