Koleksi NFT Adidas Laku dalam Hitungan Jam, Apa Itu NFT?
icon search
icon search

Top Performers

Koleksi NFT Adidas Laku dalam Hitungan Jam, Apa Itu NFT?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Koleksi NFT Adidas Laku dalam Hitungan Jam, Apa Itu NFT?

Koleksi NFT Adidas Laku dalam Hitungan Jam, Apa Itu NFT?

Daftar Isi

Perusahaan sepatu ternama dunia asal Jerman, Adidas, baru-baru ini meluncurkan 30.000 koleksi NFT atau Non-Fungible Token, yang masing-masingnya dilego seharga 0,2 Ethereum (ETH) atau kurang lebih Rp 11 juta.

Tak ayal, Non-Fungible Token bikinan salah satu brand sepatu paling kesohor di dunia itu langsung laku alias ludes hanya dalam hitungan jam. Total, Adidas berhasil meraup sekitar 22 juta dolar AS atau Rp 315 miliar.

Sebagai informasi, ini merupakan kali pertama Adidas masuk ke bisnis Non-Fungible Token. Dalam kesempatan itu, Adidas berkolaborasi bersama Bored Ape Yacht Club, Punks Comics, dan GMoney.

Para konsumen yang membeli Non-Fungible Token itu bakal memperoleh akses ke produk Adidas khusus, misalnya saja hoodie dan baju olahraga yang dikenakan oleh karakter Adidas, Bored Ape.

Di samping itu, para pembeli ini juga bakal mendapatkan pengalaman dunia digital yang segera dihadirkan. Meski demikian, merchandise fisik ini tidak akan tersedia sampai tahun 2022 mendatang.

Untuk diketahui, Adidas sendiri menawarkan sebanyak 20.000 Non-Fungible Token dalam akses awal kepada konsumen yang punya token Adidas Originals khusus, token GMoney, Non-Fungible Token Bored Ape Yacht Club, Non-Fungible Token Mutant Ape Yacht Club, serta Non-Fungible Token Pixel Vault.

Mengenal NFT

Pada dasarnya, Non-Fungible Token merupakan aset digital yang merepresentasikan aset di dunia nyata. Dalam arti, aset ini pun menggambarkan obyek asli, mulai dari karya seni, musik, hingga item yang ada di game atau video.

Non-Fungible Token ini juga bisa berlaku menjadi sertifikat digital untuk mereka yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya dan hal itu bakal tercatat pada blockchain.  Nantinya, kalau sudah dienkripsi di blockchain, tidak ada pihak lain yang akan bisa menduplikasi atau mereplikasi aset itu.

Sudah diluncurkan sejak tahun 2014 lalu, Non-Fungible Token kini semakin diminati. Hal itu setelah masifnya geliat seniman digital untuk memperdagangkan produk  ini. Akibatnya, sirkulasi perdagangan aset ini pun terus meningkat.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

Biasanya, Non-Fungible Token bakal ditransaksikan melalui blockchain ethereum. Meski demikian, berbagai blockchain lain sebenarnya juga mendukung transaksi ini. Non-Fungible Token sendiri berada di jaringan blockchain.

Boleh juga disebut bahwa Non-Fungible Token diciptakan atau dicetak dari objek digital yang mewakili sebuah item baik berwujud maupun tidak berwujud, misalnya karya seni, GIF, video atau potongan video kejadian dari peristiwa olahraga, avatar virtual atau persona dalam video game, designer sneaker, maupun musik.

Untuk lebih ringkas, Non-Fungible Token sejatinya merupakan sebuah item seperti barang koleksi fisik, tetapi berbentuk digital. Dengan demikian, pembelinya akan mendapat file digital untuk setiap Non-Fungible Token yang dibeli serta hak milik sehingga aset digital itu hanya bisa dimiliki oleh si pembeli. Keunikan itu juga yang membuat Non-Fungible Token kemudian dihargai sangat tinggi.

Token Terbaik dan Harga Non-Fungible Token

Meski ada beberapa jenis token NFT lainnya, tetapi 5 token berikut ini paling sering direkomendasikan:

  1. DeFi Koin (DEFC): token ini diketahui akan memungkinkan para investor kripto untuk memperdagangkan mata uang digital secara terdesentralisasi dan tanpa perantara.
  2. Decentraland (MANA): salah token yang paling penting di Decentraland sebab bisa dipakai untuk membayar untuk avatar, perangkat yang bisa dikenakan, nama, hingga melakukan berbagai aktivitas pada platform blockchain.
  3. Tezos (XTZ): token kripto Non-Fungible Token dengan harga murah yang bertujuan untuk membangun protokol blockchain di masa depan.
  4. Chiliz (CHZ): berada di jaringan Ethereum, token yang satu ini populer di dunia olahraga sebab ia menjadi penghubung antara si penggemar olahraga dengan tim yang didukung.
  5. Enjin (ENJ): token ini menyediakan produk game berbasis blockchain yang saling berhubungan. Di dalamnya, pengguna bisa menciptakan situs web hingga menyimpan toko virtual.

Untuk mengecek sekaligus melakukan pembelian token-token ini, Anda bisa melakukannya di Indodax. 

  • Jika ingin mengecek harga beli dan jual MANA, buka link ini 
  • Jika ingin mengecek harga beli dan jual XTZ, klik link ini 
  • Jika ingin mengecek harga beli dan jual CHZ, klik link ini
  • Jika ingin mengecek harga beli dan jual ENJ, cek link ini

Selain itu, Anda pun bisa memantau harga aset kripto lainnya di Indodax melalui Market Indodax.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023
30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023

Halo member Indodax! Memasuki minggu terakhir di bulan januari 2023, ada ALICE dan SNX di jajaran aset kripto bullish nih, baca selangkapnya!

30/01/2023
Mining
26/01/2023
Mining

Mining ini biasa dilakukan untuk menambang melalui aset kripto dengan proses pencatatan sistem transaksi dari satu aset kripto ke aset kripto lainnya.

26/01/2023