Ledger
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

27 indodax indodax academy glossary poster Ledger e1591329540956

Definisi Ledger (Buku besar) adalah sebagai buku fisik atau file komputer digital di mana transaksi moneter dan keuangan dicatat. Dicatat baik dalam bentuk debet atau dalam bentuk kredit. Biasanya, ledger (buku besar) juga menyertakan saldo untuk setiap individu atau akun yang merupakan bagian dari kumpulan catatan ekonomi tertentu, bersama dengan tanggal setiap transaksi keuangan.

Sementara ledger (buku besar) fisik semakin kurang populer, karena ledger (buku besar) digital sedang banyak digunakan di seluruh dunia, dalam banyak skenario yang berbeda. Misalnya, perusahaan atau bisnis dapat menggunakan ledger (buku besar) digital untuk melacak transaksi keuangannya. Ledger (buku besar) dapat digunakan untuk melacak penjualan, pembelian, atau hanya pertukaran dana antar karyawan (atau antara perusahaan yang berbeda).

Ketika datang ke lingkungan digital, blockchain dapat dianggap sebagai contoh ledger (buku besar) digital yang menonjol dan sangat efisien karena berfungsi sebagai basis data yang tidak dapat diubah. Biasanya, blockchain digunakan untuk melacak semua transaksi yang terjadi antara pengguna cryptocurrency. Misalnya, blockchain Bitcoin bertindak sebagai ledger (buku besar) digital yang menyimpan semua transaksi Bitcoin di dalam blok yang dihubungkan melalui bukti kriptografi. Blok yang terhubung membentuk rantai blok yang panjang (karenanya, istilah blockchain). Setelah transaksi ditambahkan ke blok ini dan blok dikonfirmasi, hampir tidak mungkin transaksi ini dibalik, dan inilah yang membuat blockchain sangat aman dan berguna.

Selain transaksi cryptocurrency, blockchain mungkin juga cocok untuk melacak dan merekam jenis data digital lainnya. Oleh karena itu, blockchain lebih dari sekadar ledger (buku besar) digital, ini adalah teknologi ledger (buku besar) terdistribusi (DLT) yang dapat digunakan dalam berbagai skenario, termasuk rantai pasokan, amal, dan perawatan kesehatan.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!