Transaksi Aset Kripto yang Aman dan bisa Menguntungkan
icon search
icon search

Top Performers

Transaksi Aset Kripto yang Aman dan bisa Menguntungkan

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Transaksi Aset Kripto yang Aman dan bisa Menguntungkan

Stock Image Article Bitcoin New 1200x675 Image Article Indodax Academy 06

Daftar Isi

Hingga saat ini, aset kripto tetap menjadi salah satu pilihan investasi yang bisa menguntungkan sehingga penting untuk mengetahui cara berinvestasi aset kripto yang aman.

Cara berinvestasi aset kripto memang penting untuk dipahami agar dana yang diinvestasikan bisa menghasilkan keuntungan sebagai pendapatan tambahan. Hal itu karena aset kripto dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar dengan cepat.

Mengingat risiko aset kripto yang lumayan tinggi sehingga ada juga investor yang rugi ketika berinvestasi aset digital ini, apalagi para pemula, tentunya untuk terjun ke dunia investasi yang satu ini kamu perlu mempelajari serta mengetahui segala hal tentang aset kripto dengan jelas, atau biasa kami sebut dengan DYOR atau Do Your Own Research. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Apa Itu Aset Kripto?

Pada dasarnya, pengertian aset kripto, yaitu aset digital berteknologi blockchain yang tidak dapat digandakan serta dipalsukan. aset kripto pun bersifat universal dan dapat diterima di seluruh dunia.

Sebagai informasi, hingga saat ini, sudah banyak negara yang melegalkan aset kripto sebagai pembayaran yang sah di wilayahnya. Juga penting diketahui bahwa pada praktiknya, aset kripto pun bersifat desentralisasi.

Artinya, kamu tidak harus lagi berurusan dengan pihak lain ketika bertransaksi menggunakan aset kripto sehingga perpindahan kepemilikannya hanya dari pihak pertama ke pihak kedua alias tanpa perantara.

Uniknya lagi, ketika bertransaksi dengan kripto, kamu tidak harus mengubahnya menjadi nilai yang lain dan hal itu tentunya berbeda dengan mata uang konvensional yang akan berbeda nilainya di setiap negara.

Meski demikian, kamu tetap dapat menggunakan aset kripto untuk keperluan investasi. Dalam hal ini, kamu masih bisa membeli aset kripto lalu menjadikannya sebagai aset penanaman modal.

Kenapa Banyak Orang yang Tertarik dengan Aset Kripto?

Sudah banyak orang yang mulai menggunakan aset kripto sebagai salah satu instrumen investasi. Hal itu terjadi, salah satunya, karena aset kripto dipandang punya kekuatan sekaligus keunikan yang tidak dimiliki oleh aset-aset berharga atau instrumen investasi lainnya. Inilah beberapa daya tarik aset kripto sebagai aset investasi yang perlu kamu pertimbangkan.

  1. Mudah didapat

Daya tarik pertama terletak pada kemudahan dalam mendapatkan aset digital ini. Diketahui, ada banyak platform digital yang dapat digunakan untuk membeli aset kripto, salah satunya yang ternama adalah Indodax.

Selain membeli aset kripto, nantinya kamu juga akan sangat mudah untuk menjualnya kembali dan mendapatkan uang Rupiah secara tunai.

  1. Harga Fluktuatif

Harganya yang fluktuatif juga menjadi salah satu kelebihan mata uang aset kripto yang menyedot minat banyak investor.

Seperti diketahui, peningkatan harga pada aset kripto memang sangat drastis sehingga investor nantinya bisa memperoleh keuntungan dengan tempo yang singkat apabila harga aset digital ini sedang naik.

  1. Pilihan mata uang yang beragam

Alasan lainnya adalah karena tersedianya pilihan mata uang yang beragam pada aset kripto. Hingga kini, sudah ada lebih dari belasan ribu aset kripto yang tersedia.

Meski memang tidak seluruh aset itu dapat diperoleh di market Indonesia, tetapi nantinya kamu tetap dapat memperoleh banyak pilihan aset kripto.

Namun, tentu saja nilai satuan dan harga yang ditawarkan oleh aset ini akan beragam. Sejumlah aset kripto pun demikian kuat di pasaran sehingga layak dijadikan sebagai aset investasi yang mumpuni sebagai penghasil cuan.

Cara Berinvestasi aset kripto dengan Aman

Tentunya, tidak ada jenis investasi yang bebas dari risiko, termasuk aset kripto. Bahkan, risiko pada aset kripto pun boleh disebut lumayan ya. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara aman berinvestasi aset kripto agar bisa mendapatkan keuntungan kedepannya. Berikut ini beberapa tips berinvestasi aset kripto untuk pemula yang perlu kamu ketahui.

  1. Pakai uang dingin untuk aset kripto

Mengingat aset kripto adalah investasi dengan risiko yang cukup tinggi, kamu sangat disarankan untuk berinvestasi aset kripto menggunakan uang dingin atau dana yang belum akan dipakai dalam waktu dekat dan belum dialokasikan ke sebuah kebutuhan yang kamu punya. Artinya, uang ini merupakan harta berlebih yang dimiliki.

Sebagai pengingat saja, cara memperoleh uang dingin ini tentu saja dengan terlebih dahulu menyelesaikan semua kewajiban rutin yang ada, misalnya membayar tagihan, cicilan, menyisihkan dana darurat, serta tabungan.

Tujuan dari menggunakan uang dingin tersebut adalah supaya kamu tidak menambah risiko dari investasi yang hendak dilakukan. Ketika uang dingin ini berisiko hilang nantinya, kamu pun tidak perlu mengorbankan dana untuk kebutuhan yang lain.

  1. Pilih platform yang terverifikasi

Berikutnya, yang penting kamu ketahui adalah dengan memilih platform digital yang sudah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Nah, salah satu perusahaan yang sudah memiliki izin untuk mengelola aset kripto adalah Indodax (PT Indodax Nasional Indonesia). Dengan izin yang sudah dikantonginya, tentunya Indodax dapat menjadi platform jual beli aset kripto terpercaya di Indonesia yang sangat direkomendasikan untukmu.

  1. Mempelajari aset kripto 

Selain punya harga yang berbeda, masing-masing aset kripto pun memiliki ciri-ciri dan sifat tersendiri yang khas atau unik. Buat kamu yang ingin berinvestasi aset kripto dengan aman, tentunya kamu harus mempelajari dan mengenali lebih jauh masing-masing aset ini sebelum memilihnya.

Dalam hal ini, silakan kamu cek seluruh informasi yang tersedia di internet dan juga review dari para pakar. Indodax memiliki website Indodax.academy dimana kamu bisa mempelajari semua hal tentang kripto secara gratis. Di samping itu, sebaiknya kamu juga memperhatikan terlebih dahulu pergerakan masing-masing aset aset kripto sebelum mulai memilihnya.

Mengingat cepatnya pergerakan aset kripto, ada baiknya juga bagi kamu untuk memperoleh gambaran dalam beberapa hari/pekan.

  1. Tidak terburu-buru mengambil keputusan

Cepat naik dan cepat turun memang menjadi kekhasan tersendiri dari aset kripto. Saat turun, misalnya, kamu pun tidak perlu terburu-buru menjualnya sebab masih terbuka peluang untuk aset tersebut naik ke depannya.

Sebaliknya, hal itu justru menjadi kesempatan emas buat kamu kembali membelinya. Pasalnya, bisa saja nilai aset yang dibeli itu akan meningkat nantinya dan kamu pun berhasil mendapatkan keuntungan ketika harga naik.

Bagaimana Cara Lain Mendapatkan Aset Kripto?

Sebagai tambahan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan aset aset kripto, diantaranya seperti berikut ini.

  1. Mining

Dapat diterjemahkan sebagai proses penambangan, mining adalah cara mendapatkan aset kripto dengan menambang. Caranya, yaitu menggunakan perangkat komputer canggih yang diistilahkan sebagai aset kripto miner.

Mining aset kripto ini berkaitan erat dengan blockchain. Prosesnya sendiri dimulai dengan verifikasi transaksi dalam blockchain. Jika sudah diverifikasi maka transaksi akan dimasukkan ke rantai blok untuk memperoleh aset kripto.

Adapun manfaat dari mining, yakni orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. Namun, jika menggunakan cara ini maka penggunanya mesti memiliki perangkat lunak dan keras dengan spek tinggi untuk menambang aset kripto.

  1. Farming

Berikutnya adalah farming, yang bertujuan untuk mengambil hadiah/imbalan (reward) dengan kepemilikan aset aset kripto. Jika sudah memperoleh aset itu maka kamu bisa menghasilkan aset kripto lainnya.

Cara kerjanya berkaitan dengan Liquidity Providers (LPs)/penyedia likuiditas, yang berperan untuk menyediakan koin yang berpasangan dengan koin lainnya dan dipakai sebagai likuiditas pada sebuah exchange atau pertukaran.

Sebagai contoh, kamu punya ETH dan menyandingkannya dengan USDT untuk memperoleh LP ETH-USDT. Nah, saat ada seorang trader yang melakukan transaksi ETH-USDT, kamu akan memperoleh reward/hadiah dari gas fee (biaya gas) yang dikeluarkan oleh sang trader.

Untuk besaran hadiah yang diperoleh akan disesuaikan dengan besar persentase kontribusi di likuiditas itu. Misalkan, kalau seseorang punya 1% dari total likuiditas yang ada maka reward yang diperolehnya adalah 1% dari total gas fee. Perlu diketahui juga, cara yang satu ini akan semakin bernilai apabila perhitungannya dilakukan dalam periode mingguan/harian.

  1. Staking

Terakhir, kamu juga bisa melakukan staking aset kripto, yakni sebuah cara yang berpusat pada perdagangan aset kripto. Cara kerjanya, yakni dengan menyimpan aset di wallet (dompet) yang punya layanan ini.

Nantinya, aset seorang investor akan disimpan pada blockchain dengan konsensus algoritma Proof-of-Stake (PoS) untuk jangka waktu tertentu. Keuntungannya sendiri bergantung pada harga, jumlah, dan aktivitas aset kripto yang dikunci.

Lazimnya, durasi penguncian pun akan berdampak terhadap keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Sebagai informasi, cara mendapatkan aset aset kripto yang satu ini sangat pas digunakan oleh para investor yang ingin mendapatkan pendapatan pasif dari aset kripto. 

Namun, jika memilih cara ini maka kamu harus melakukan riset sebelum memilih platform yang akan digunakan. Hal ini penting sebab investor akan mengunci aset kripto yang dimilikinya dalam jangka waktu tertentu. Nah, dalam jangka waktu tersebut, pengembang tidak bisa menjual koin.Demikianlah ulasan tentang cara bermain aset kripto yang aman dan paling menguntungkan yang bisa patut dicoba mulai sekarang juga. Simak juga ya artikel terbaru lainnya seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal

Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?
22/11/2022
Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?

LUNA Classic (LUNC) adalah koin Terra LUNA asli yang setelah keruntuhan UST/Luna baru-baru ini dan pembentukan rantai Terra baru.

22/11/2022