Mainnet
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Stock Image Article Berita Terbaru IA 1200x675 1

Mainnet adalah jaringan yang berjalan di atas blockchain secara independen. Artinya, developer dari suatu aset digital tersebut membuat jaringannya sendiri dengan teknologi dan protokolnya masing-masing. Sebagai contoh, aset digital yang sangat terkenal dan memiliki jaringannya sendiri adalah Bitcoin, Ethereum, Solana, dan masih banyak lagi!

Mainnet membuat blockchain benar-benar tidak terbatas karena transisi ke blockchain asli membebaskan kita dari batasan Ethereum dan mempercepat transaksi. Selain itu, ini juga menunjukkan upaya yang berkelanjutan dan tanpa henti untuk menyediakan komputasi awan berkinerja tinggi, tanpa kepercayaan, dan tanpa izin untuk semua pengguna.

Tetapi, dengan semakin banyaknya orang yang familiar dengan blockchain, maka semakin banyak juga aset digital baru yang dirilis di atas sistem blockchain. Lantas, apakah setiap developer yang ingin membuat aset digital di atas blockchain perlu membuat jaringan-nya sendiri? Uniknya, tidak perlu! 

Kalau kamu bertanya-tanya, kenapa? Karena, ada banyak token atau aset digital yang menggunakan standar token di jaringan Mainnet yang sudah ada. Nah, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan penerapan token. Tetapi, token tersebut harus mengikuti daftar aturan yang telah ditetapkan oleh protokol jaringan tersebut.

Contohnya adalah Mainnet Swap dari token Aurora yang tersedia di Indodax.

Pada awalnya, token Aurora merupakan aset digital yang menggunakan standar token ERC-20, namun pada 21 September 2021, token Aurora yang berbasis ERC-20 ini beralih menjadi token Aurora dengan basis jaringan Mainnet Aurora.

Bagi para trader, ada baiknya tetap do your own research ya! Baik di atas jaringan mana pun, baik ERC20, BEP20, ataupun Mainnet, belilah aset yang sesuai dengan profil kalian sebagai trader atau investor.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!