Mengenal Descending Triangle Pattern dan Cara Kerjanya
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal Descending Triangle Pattern dan Cara Kerjanya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal Descending Triangle Pattern dan Cara Kerjanya

Stock Image Article Technical Analysis New 1200x675 Image Article Indodax Academy 03

Daftar Isi

Descending triangle pattern menjadi salah satu pola grafik yang terkenal di kalangan trader, selain ascending triangle. Bagaimana ya cara kerjanya?

Pada ulasan kali ini, kamu akan mengenal pola penting yang satu ini, yang akan memberikan technical trader kesempatan untuk menghasilkan keuntungan besar sepanjang periode waktu yang boleh disebut singkat.

Berikut ini ulasan selengkapnya descending triangle dan cara kerjanya yang sangat penting untuk diketahui.

Apa Itu Descending Triangle Pattern

Secara umum, pengertian descending triangle adalah sebuah pola segitiga yang menunjukan grafik bearish. Itu berarti, pola yang satu ini lahir saat kondisi harga sedang turun (downtrend).

Pola ini lazimnya dipakai pada analisis teknis yang dirancang dengan cara menggambar satu garis tren yang menghubungkan serangkaian harga tertinggi yang lebih rendah (lower high) dan garis tren horizontal kedua yang menghubungkan serangkaian harga terendah.

Biasanya pula, trader sering kali akan mengamati pergerakan di bawah garis tren support yang lebih rendah. Saat harga menembus di bawah support yang lebih rendah, hal itu menjadi indikasi yang jelas bahwa momentum penurunan kemungkinan akan terus berlanjut, bahkan menjadi lebih kuat.

Nah, setelah terjadi breakdown, trader akan masuk ke posisi short dan secara agresif membantu mendorong harga aset menjadi lebih rendah lagi. Pada dasarnya, descending triangle merupakan pola grafik yang dengan jelas menunjukkan bahwa permintaan akan aset, derivatif, atau komoditas melemah.

Dalam hal ini, descending triangle bisa terbentuk sebagai pola pembalikan tren naik, tetapi lazimnya tampak sebagai pola kelanjutan bearish.

Perbedaan Descending dan Ascending Triangle Pattern

Lantas, apa perbedaan antara descending dan ascending triangle pattern?

Sebenarnya, dua jenis pola triangle ini merupakan pola lanjutan. Akan tetapi, descending triangle punya garis tren bawah yang berbentuk horizontal dan garis tren atas yang turun.

Sementara itu, ascending triangle membentuk garis tren horizontal di titik tertinggi dan garis tren naik pada posisi terendah. Di samping itu, ascending triangle pun dapat terbentuk pada pembalikan downtrend, tetapi pola ini lebih lazim diterapkan sebagai pola kelanjutan bullish. 

Di lain sisi, descending triangle bisa terbentuk sebagai pola uptrend, tetapi lebih umum diterapkan sebagai pola kelanjutan bearish.

Bagaimana Cara Membaca Descending Triangle

Bagaimana cara membaca descending triangle pattern?

Sejalan dengan namanya, descending artinya turun. Dengan demikian, pola segitiga yang satu ini akan terbentuk saat harga sedang turun. Di pola ini, diketahui garis tren atas turun, sementara garis tren bawah cenderung mendatar. 

Perkembangan pola descending pun memerlukan waktu yang sama dengan pola ascending dan volume, lagi-lagi, memainkan peran penting dalam penembusan ke bawah.

Batasan Menggunakan Descending Pattern dalam Trading

Batas menggunakan descending triangle pattern saat trading adalah pada adanya potensi kerusakan yang kurang tepat.

Bahkan, terdapat pula situasi di saat garis tren perlu digambar ulang lantaran aksi harga pecah ke arah yang berlawanan—tidak ada pola grafik yang sempurna.

Apabila breakdown tidak terjadi maka kripto bisa rebound untuk menguji ulang resistance garis tren atas sebelum bergerak lebih rendah lagi untuk menguji kembali level support garis tren bawah.

Yang perlu diketahui terkait hal tersebut adalah semakin sering harga menyentuh level support dan resistance, pola grafiknya semakin bisa diandalkan.

Demikianlah ulasan tentang descending triangle pattern yang penting diketahui. Yuk, simak artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal

Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?
22/11/2022
Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?

LUNA Classic (LUNC) adalah koin Terra LUNA asli yang setelah keruntuhan UST/Luna baru-baru ini dan pembentukan rantai Terra baru.

22/11/2022