Metaverse Game yang Bisa Dimainkan Tahun 2022, Ini Daftarnya
icon search
icon search

Top Performers

Metaverse Game yang Bisa Dimainkan Tahun 2022, Ini Daftarnya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Metaverse Game yang Bisa Dimainkan Tahun 2022, Ini Daftarnya

Stock Image Article Metaverse New 1200x675 Image Article Indodax Academy 03

Daftar Isi

Metaverse, demikian halnya dengan metaverse game, saat ini sedang marak diperbincangkan di berbagai media platform dan juga media sosial.

Adapun istilah metaverse sendiri kian populer sejak maraknya bisnis yang mulai mempertimbangkan status sebagai teknologi masa depan yang menguntungkan.

Diketahui, salah satu industri yang mulai mengusung konsep dunia virtual ini, yaitu industri game. Saat ini, terdapat sejumlah game metaverse yang tersedia dan dapat dicoba oleh para gamer.

Tertarik untuk mencoba dan mulai memainkannya? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Apa Itu Metaverse dan Metaverse Game?

Seperti dipahami juga, metaverse sendiri merupakan dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung. Di sini, orang-orang bisa bertemu, bekerja, dan bermain dengan menggunakan headset realitas virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone serta perangkat lainnya.

Singkatnya, metaverse ini adalah sebuah seperangkat ruang virtual yang menjadi tempat bagi seseorang untuk membuat dan menjelajah dengan pengguna internet lainnya yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan orang itu.

Sementara itu, metaverse game adalah permainan atau game yang menawarkan aset berupa mata uang digital atau cryptocurrency bagi para pemainnya jika mereka mereka bisa memenangkan permainan.

Metaverse Game yang Bisa Dimainkan

Seperti disinggung tadi, saat ini sudah ada beberapa game metaverse yang sudah bisa dimainkan. Siap menjajal sejumlah permainan berikut ini? Simak ulasannya selengkapnya di bawah ini.

  • Iluvium

Didasarkan pada blockchain Ethereum, game ini merupakan permainan RPG dunia terbuka, dengan konsep intinya berupa penjelajahan dunia maya.

Adapun tujuan utama dari game ini, yaitu guna mengumpulkan entitas berpengaruh atau “Illuvials” demi keuntungan para pemain. Sebagai informasi, Illuvium punya kapitalisasi pasar senilai $1 miliar.

Game ini diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022. Dalam hal ini, para penggemar Metaverse memuji grafis dan gameplay milik permainan yang satu ini mengingat kualitasnya yang tinggi dan sifatnya yang imersif.

  • My Neighbor Alice

Game My Neighbor Alice diketahui hampir mirip dengan permainan Farmville. Namun, My Neighbor Alice memakai teknologi blockchain dan dapat menghasilkan NFT yang bisa diperjualbelikan untuk meraih cuan.

Para pemain di game ini dapat bertani, mengembangbiakkan hewan, menjual hasil tani, berinteraksi dengan pemain lain, dan melakukan aktivitas lainnya.

Di samping itu, di My Neighbor Alice pun ada fitur lending NFT yang terintegrasi. Fitur itu membuat pemain dapat meminjam maupun meminjamkan NFT. Nantinya, pemberi pinjaman akan diberikan imbalan berdasarkan pinjaman mereka dan bisa memperoleh hasil dari proses ini.

Adapun pinjaman didukung oleh penggunaan smart contract, sedangkan pengguna pun bisa menjual token ALICE dan NFT miliknya di marketplace game.

  • Second Life

Game yang satu ini memberikan para pemainnya kesempatan untuk membuat avatar. Pada dasarnya, pemain akan punya kehidupan kedua di dunia digital. Penggunanya sendiri dikenal sebagai ‘Residents’ dan bisa dibuat menjadi seperti aslinya.

Second Life pun memungkinkan pemainnya untuk punya seluruh pengalaman Metaverse, termasuk bertemu dengan pemain lain serta menghadiri berbagai jenis acara, yang pada dasarnya berarti menjalani kehidupan kedua di dunia maya.

  • Axie Infinity

Axie Infinity, yang dirilis pada tahun 2018 silam oleh sebuah startup Vietnam, Sky Mavis, diketahui terinspirasi dari Pokemon. Game metaverse ini menampilkan makhluk fantasi—dinamakan Axies—yang bisa dibiakkan, dibesarkan, dikumpulkan, dan diperdagangkan oleh pemainnya.

Adapun Axies ini dapat berburu harta karun serta bertarung melawan Axies lainnya sehingga pemain dapat memperoleh hadiah. Pemain pun bisa membeli tanah dan rumah untuk tempat tinggal Axies.

Di samping itu, hewan peliharaan virtual dan item lainnya pada game Axie Infinity ini punya nilai dalam bentuk NFT atau sertifikat kepemilikan digital yang diatur oleh teknologi blockchain.

Lebih jauh, pemain pun bisa meraih keuntungan lainnya dengan menyewakan sebanyak tiga Axis miliknya kepada orang lain dan beroleh cuan dari kegiatan itu. Adapun Axie Infinity Shards atau AXS merupakan mata uang utama pada game ini.

  • Mines of Dalarnia

Berikutnya ada Mines of Dalarnia, sebuah game bergenre aksi petualangan 2 dimensi. Di sini, pemain harus menelusuri tambang untuk menemukan sumber daya, barang-barang penting, dan banyak perlengkapan.

Dalam aksi menyusuri tambang ini, para pemain akan dihadapkan kepada musuh yang juga dimainkan oleh pemain lainnya. Mereka nantinya bebas melawan untuk meningkatkan keterampilan dan beroleh keuntungan.

  • The Sandbox

Diluncurkan pada tahun 2012 solam sebagai game seluler oleh salah satu pendiri Pixelowl, Arthur Madrid dan Sébastien Borget dari Prancis, Sandbox merupakan platform lainnya yang dibuat pengguna di mana pengguna direpresentasikan sebagai avatar yang bisa disesuaikan seperti blok yang menjadi pemilik dari apa yang mereka buat lewat blockchain dan smart contract. 

Apa yang Dibutuhkan untuk Memainkan Metaverse Game?

Lantas, apa saja ya yang dibutuhkan untuk bermain game metaverse? Berikut ini ulasannya.

  • Headset realitas virtual

Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman metaverse yang sesungguhnya, kamu bisa membeli perangkat metaverse tambahan.

Dalam hal ini, headset VR dapat membawa kamu jauh lebih dalam ke dunia virtual yang terasa semakin nyata.

Perangkat tambahan ini pun tersedia dengan berbagai pilihan fitur, termasuk kemampuan berkomunikasi sesama avatar dengan melibatkan kelima panca indra.

  • PC atau perangkat seluler

Nah, bagi kamu yang tidak menggunakan headset yang berdiri sendiri, kamu tentunya akan memerlukan PC atau smartphone untuk menghubungkan headset milikmu.

  • Dompet blockchain

Selanjutnya, kamu juga memerlukan dompet blockchain kalau ingin memainkan game metaverse yang melibatkan penggunaan crypto atau aset digital.

  • Koneksi internet

Sebagaimana dipahami, metaverse merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lain secara virtual.

Maka dari itu, dalam menerapkan metaverse sangat penting koneksi internet yang cepat. Saat ini, dunia pun diketahui sedang mempersiapkan jaringan 5G demi menunjang metaverse.

Nah, yang terpenting di sini adalah semakin cepat (paket) internet kamu, hal itu akan semakin baik dan mendukung permainanmu nantinya.Demikianlah ulasan tentang metaverse game yang penting diketahui. Simak juga ya artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal