Paper Wallet | dompet kertas
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web paper wallet e1579594915580

Dompet kertas (dalam bahasa indonesia) atau Paper Wallet adalah sebuah istilah dalam dunia kripto dimana dompet tersebut dapat digunakan oleh seseorang untuk menyimpan Bitcoin atau aset kripto miliknya secara sederhana namun dapat disimpan secara offline sehingga cenderung lebih aman. Paper Wallet dapat mengurangi kemungkinan Bitcoin seseorang dicuri oleh peretas atau dirusak oleh virus komputer. Paper Wallet digunakan dengan cara mencetak public dan private key dari akun Bitcoin pengguna di atas kertas, yang biasanya disertai dengan QR Code sehingga proses import kembali ke dompet digital dapat berjalan dengan mudah.

Banyak pengguna Bitcoin yang membuat paper wallet menggunakan open source wallet generator, seperti BitAddress.org, BitcoinpaperWallet.com, dan WalletGenerator.net. Biasanya akan disarankan kepada pengguna untuk mencabut Internet akses ketika membuat paper wallet dan menghapus riwayat browsing setelah paper wallet telah dibuat. Disarankan juga untuk pengguna, sebelum membuat paper wallet untuk memindai komputer jika terdapat malware.

Dikarenakan memiliki bentuk fisik, paper wallet bisa dicuri jika tidak ditempatkan pada tempat yang aman, tinta yang mencetak paper wallet juga bisa menghilang seiring waktu. Jika dicetak menggunakan kertas, tidak menutup kemungkinan paper wallet bisa terbakar atau rusak jika terkena air.

Perbedaan Paper Wallet dan Digital Wallet

Hal yang membedakan antara paper wallet dan digital wallet adalah bentuk penyimpanannya. Jika paper wallet mencetak informasi pengguna Bitcoin dalam bentuk offline, maka digital wallet menyimpan semua data dalam bentuk online.

Pengertian digital wallet sendiri adalah program perangkat lunak yang menyimpan private dan public key  dan berbasis Blockchain untuk memungkinkan pengguna mata uang digital menerima dan mengirim aset kripto, serta memantau saldo mereka. Jika kamu adalah pemula dalam kripto, maka kamu harus mempunyai digital wallet. Bisa dikatakan bahwa paper wallet cocok untuk pemula.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!