Return On Investment
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Return On Investment

Thumbnail IA Tutorial Eps 48 1080x1080 Feed

Return On Investment atau ROI, adalah rumus matematika yang dapat digunakan investor untuk mengevaluasi investasi mereka dan menilai seberapa baik kinerja instrumen investasi tersebut dibandingkan dengan yang lain.

ROI dapat digunakan untuk mengevaluasi berbagai keputusan investasi, seperti membandingkannya dengan biaya awal. Kalian dapat menghitung ROI untuk menilai hasil trading kalian, dan membandingkannya dengan instrumen investasi lainnya yang kalian miliki.

Cara menghitung ROI adalah dengan mengurangi nilai awal investasi dari nilai akhir investasi, yang menunjukkan pengembalian bersih. Kemudian, angka pengembalian bersih ini dibagi dengan nilai investasi awal yang sudah dikalikan dengan seratus. 

Karena ROI diukur sebagai persentase, ROI dapat dengan mudah dibandingkan dengan pengembalian dari investasi lain, sehingga memungkinkan seseorang untuk mengukur berbagai jenis investasi terhadap satu sama lain.

Kenapa harus dikalikan seratus? Jawabannya adalah, karena ROI bentuknya merupakan persentase. Jadi, ROI tidak memperhitungkan periode holding atau berlalunya waktu.

Selain itu, ROI juga dapat dihitung dengan beberapa cara berbeda, antara lain: 

  1. Laba Kotor – Pengeluaran / Jumlah Investasi x 100
  2. (Keuntungan Investasi – Biaya Investasi) / Biaya Investasi x 100
  3. (Pendapatan – Harga Pokok Penjualan) / Harga Pokok Penjualan x 100
Manfaat Return On Investment (ROI)

1. ROI mudah dihitung untuk mengetahui pengembalian dari investasi kalian. Namun, perlu diingat, beberapa angka diperlukan untuk menyelesaikan perhitungan yang semuanya harus tersedia dalam laporan keuangan atau neraca.

2. ROI memiliki kemampuan analisis komparatif. Karena penggunaannya yang luas dan kemudahan perhitungannya lebih banyak, perbandingan dapat dibuat untuk pengembalian investasi antar organisasi.

3. Pengukuran profitabilitas. ROI berkaitan dengan laba bersih untuk investasi yang dilakukan pada unit bisnis tertentu. Hal ini memberikan ukuran profitabilitas yang lebih baik oleh perusahaan atau tim.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!