Polygon (MATIC)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

thumbnail IA glossary polygon indodax 01 e1631161941925

Polygon yang sebelumnya dikenal sebagai Matic Network adalah platform pertama yang terstruktur dengan baik dan mudah digunakan untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur. Perusahaan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kenyamanan ekosistem terdesentralisasi saat ini. Aset kripto yang digunakan dalam ekosistem ini disebut MATIC.

Matic Network didirikan bersama pada Oktober 2017 oleh tiga insinyur software dari India bernama Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, dan Anurag Arjun. Lalu, ada juga Mihailo Bjelic asal Serbia yang kemudian ditambahkan sebagai salah satu pendiri Matic Network. Kemudian, pada Februari 2021, perusahaan tersebut mengganti namanya menjadi Polygon dari Matic Network.

Polygon adalah solusi penskalaan Layer 2 yang berupaya untuk merangsang adopsi massal aset kripto dengan menyelesaikan masalah skalabilitas di banyak blockchain. Hal ini berarti bahwa proyek tersebut tidak berupaya untuk meningkatkan lapisan blockchain dasarnya saat ini dalam waktu dekat, namun, berfokus pada pengurangan kompleksitas skalabilitas dan transaksi blockchain instan.

Ethereum, yang merupakan lapisan dasar yang digunakan Polygon, mendapat banyak kritik karena memiliki struktur biaya tinggi untuk transaksi. Proyek penskalaan Layer 2 seperti Polygon membantu protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) melewati biaya transaksi Ethereum yang tinggi, yang dapat membuka platform untuk lebih banyak pengguna.

Polygon bertujuan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan blockchain seperti biaya gas yang tinggi dan kecepatan lambat, tanpa mengorbankan keamanan. Polygon menawarkan hingga 65.000 transaksi per detik pada satu side chain, bersama dengan waktu konfirmasi blok yang cukup kurang dari dua detik. Kerangka kerja ini juga memungkinkan pembuatan aplikasi keuangan terdesentralisasi yang tersedia secara global pada satu blockchain dasar.

Aset kripto yang digunakan dalam ekosistem ini disebut MATIC. MATIC membantu mengamankan sistem dan memungkinkan tata kelola. MATIC adalah token ERC-20 yang berjalan di atas blockchain Ethereum. Token ini digunakan untuk layanan pembayaran di Polygon dan sebagai mata uang penyelesaian antara pengguna yang beroperasi dalam ekosistem Polygon. Biaya transaksi pada side chains Polygon juga dibayarkan dalam token MATIC.

Sampai video ini dibuat, terdapat sekitar 6 miliar MATIC yang telah beredar di dunia dan dicanangkan akan mencapai sekitar 10 miliar MATIC. Untuk itu, Indodax hadir sebagai tempat bagi para trader atau developers yang ingin memiliki MATIC secara mudah dan cepat.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!