Ethereum (ETH)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Poster Glossary 1 ETH

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah nama sebuah jenis aset digital yang juga bergerak di atas teknologi peer-to-peer seperti halnya Bitcoin. Platform desentralisasi yang dimiliki Ethereum diciptakan khusus untuk digunakan sebagai tempat menyimpan, menyebarkan, dan menjelaskan smart contracts. Melalui platform Ethereum, para developer dapat menciptakan berbagai bentuk pasar baru, menyimpan data-data penting seperti perjanjian kerjasama, hutang, akta perusahaan, dll, serta mengirimkan uang kemanapun dan kapanpun yang mereka mau tanpa harus bergantung pada pihak ketiga.

Ethereum bermaksud untuk menyediakan protokol alternatif untuk membangun dApps dan memberikan serangkaian pengorbanan berbeda yang akan berguna untuk membangun sejumlah besar dAPP, dengan mempertimbangkan waktu pengembangan, keamanan, dan interoperabilitas. Ethereum mencapai ini dengan membangun blockchain dengan bahasa pemrograman built-in-Turing-complete, memungkinkan siapa saja untuk menulis kontrak pintar dan dApps dalam beberapa baris kode dan membuat aturan mereka sendiri untuk kepemilikan, format transaksi, dan fungsi transisi status.

Ethereum memiliki total delapan co-founder — jumlah yang luar biasa besar untuk proyek crypto. Mereka pertama kali bertemu pada 7 Juni 2014, di Zug, Swiss.

Vitalik Buterin Rusia-Kanada mungkin adalah yang paling terkenal dari kelompok itu. Dia menulis buku putih asli yang pertama kali menggambarkan Ethereum pada tahun 2013 dan masih bekerja untuk meningkatkan platform hingga hari ini. Sebelum ETH, Buterin ikut mendirikan dan menulis untuk situs web berita Majalah Bitcoin.

Programmer Inggris Gavin Wood bisa dibilang adalah salah satu pendiri ETH terpenting kedua, karena ia mengkodekan implementasi teknis pertama Ethereum dalam bahasa pemrograman C++, mengusulkan bahasa pemrograman asli Ethereum, Solidity, dan merupakan chief technology officer pertama dari Ethereum Foundation. Sebelum Ethereum, Wood adalah seorang ilmuwan riset di Microsoft. Setelah itu, ia melanjutkan untuk mendirikan Yayasan Web3.

Di antara pendiri Ethereum lainnya adalah: – Anthony Di Iorio, yang menanggung proyek ini selama tahap awal pengembangannya. – Charles Hoskinson, yang memainkan peran utama dalam mendirikan Yayasan Ethereum yang berbasis di Swiss dan kerangka hukumnya. – Mihai Alisie, yang memberikan bantuan dalam mendirikan Yayasan Ethereum. – Joseph Lubin, seorang pengusaha Kanada, yang, seperti Di Iorio, telah membantu mendanai Ethereum selama masa-masa awalnya, dan kemudian mendirikan inkubator untuk startup berbasis ETH yang disebut ConsenSys. – Amir Chetrit, yang membantu mendirikan Ethereum tetapi menjauh darinya sejak awal pengembangan.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!