Seputar DeFi dan Perkembangannya hingga Saat Ini
icon search
icon search

Top Performers

Seputar DeFi (Decentralized Finance) dan Perkembangannya hingga Saat Ini

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Seputar DeFi (Decentralized Finance) dan Perkembangannya hingga Saat Ini

defi img article indodax 03

Daftar Isi

Pada dasarnya, DeFi atau Decentralized Finance merupakan salah satu teknologi terbaru yang memudahkan kehidupan. Teknologi keuangan digital yang satu ini hadir setelah meledaknya tren investasi cryptocurrency pada dasawarsa sebelumnya.

Token Decentralized Finance (DeFi) sendiri menjadi aset digital yang mulai populer di kalangan peminat dan penggemar kripto. Hal itu disebabkan oleh banyaknya manfaat dan kegunaan token ini. Selain itu, token ini juga dapat dipakai di atas aplikasi Decentralized Finance.

Ingin tahu lebih banyak soal token ini dan aplikasi Decentralized Finance? Penjabaran selengkapnya ada di artikel berikut ini.

Apa Itu DeFi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, Decentralized Finance adalah ekosistem aplikasi keuangan berbasis blockchain yang bisa beroperasi tanpa otoritas pusat semacam bank/institusi dan lembaga keuangan lainnya dan di situlah perkembangan teknologi digital ini memegang peranan pentingnya.

Adapun cara kerja teknologi ini dimulai dari dibangunnya berbagai aplikasi Decentralized Finance yang pada dasarnya diawali oleh penemuan blockchain Ethereum dengan teknologi smart contract—sebuah sebutan untuk program komputer yang ditulis di atas blockchain Ethereum.

Saat sebuah kondisi tertentu yang tertera di dalam program terpenuhi, smart contract akan menjalankan perintah yang sudah terprogram secara otomatis, baik untuk transfer token antar alamat Ethereum  maupun untuk melakukan transaksi jenis lainnya.

Melalui teknologi smart contract ini, blockchain Ethereum melahirkan tingkat pemrograman yang lebih kompleks, memberi developer kebebasan untuk bereksperimen dengan kode mereka sendiri, dan membuat aplikasi yang disebut sebagai Decentralized Applications (DApps). Pada dasarnya, Decentralized Finance merupakan DApps yang berfokus untuk membuat layanan keuangan tradisional menjadi terdesentralisasi

Keuntungan Bertransaksi dengan DeFi

Transaksi melalui teknologi digital keuangan ini punya beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Transaksi yang dilakukan bisa lebih efisien, fleksibel, aman, dan berproses otomatis ketimbang sistem keuangan tradisional/pada umumnya.
  2. Decentralized Finance juga menghilangkan perbedaan antara pelanggan biasa dan individu atau institusi kaya yang punya akses ke lebih banyak produk keuangan.
  3. Siapa saja bisa bergabung dengan kumpulan pinjaman Decentralized Finance dan meminjamkan uang kepada orang lain.

Syarat Sebuah Token Bisa Berjalan di Aplikasi Decentralized Finance

Lantas, apa saja syarat yang mesti dipenuhi oleh sebuah token untuk dapat berjalan di aplikasi ini? Berikut ini ulasannya.

  1. Terprogram

Adapun token ini berjalan dalam protokol software yang terdiri dari smart contracts yang terprogram, dalam arti bahwa smart contracts ini akan menguraikan fitur dan fungsi token, termasuk aturannya, dalam bahasa komputer yang sudah diprogram sebelumnya.

  1. Tidak Perlu Izin

Sifat inklusif dimiliki oleh token ini sebagai bagian dari sistem yang terdesentralisasi. Dalam arti, siapa saja dapat memperolehnya tanpa memerlukan izin tertentu.

  1. Tidak Perlu Kepercayaan

Kehadiran fitur smart contract ini bukan hanya memungkinkan transaksi tanpa pihak ketiga, melainkan juga membuat transaksi antar pihak yang tidak saling kenal bisa terjadi. Maka dari itu, di sini tidak perlu saling percaya untuk mengeksekusi transaksi menggunakan token tersebut.

  1. Transparan

Berjalan dalam blockchain, setiap transaksi dari token ini akan tetap tercatat dalam buku besar yang terpublikasi. Hal itulah yang membuat token Decentralized Finance adalah sebuah aset yang transparan dalam menjalankan fungsinya.

Daftar Token Populer di Aplikasi Decentralized Finance

Inilah beberapa token populer yang dapat berjalan di aplikasi Decentralized Finance.

  1. AAVE

Dengan suplai mencapai 16 juta koin, token ini berfungsi untuk menjalankan protokol pinjam meminjam pada platform blockchain-nya.

  1. Synthetix

Ini adalah protokol derivatif yang didukung oleh token native SNX atau Synthetix Network Token. Artinya, platform tersebut menerbitkan aset sintetik yang bisa ditransaksikan.

Aset ini akan dijamin oleh SNX yang bisa dikunci dalam protokol smart contracts. Ketika terkunci, protokol tersebut bisa menerbitkan Synths, yatu aset sintetik yang dimaksud tadi.

Adapun skema itu dibuat untuk menyelesaikan persoalan likuiditas pada decentralized exchanges. Total suplai SNX tersebut kini mencapai 190 juta token.

  1. Uniswap

Dengan total suplai token mencapai 1 miliar, Uniswap merupakan salah satu leader dalam layanan decentralized exchange di Decentralized Finance.

Anda dapat memperoleh UNI, token milik Uniswap dengan menyediakan likuiditas pada pools tertentu.

  1. Sushiswap

Token SUSHI dari Sushiswap sekarang ini total sebanyak 250 jut. Anda yang suka bercocok tanam cuan bisa memperoleh SUSHI dengan menjadi penyedia likuiditas. Anda pun dapat melakukan staking di Omakase Bar supaya bisa fee protokol.

Adapun pemegang SUSHI memiliki hak suara untuk menentukan partner obsen selanjutnya dan proyek-proyek lainnya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Decentralized Finance

Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan aplikasi Decentralized Finance:

  1. Kemudahan akses layanan keuangan bagi siapa saja

Pada sistem keuangan tradisional, kehadiran lembaga penengah, semacam bank, penting untuk menghasilkan keuntungan. Hal itu membuat layanan keuangan tidak senantiasa bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi yang berpenghasilan rendah. 

Namun, dengan kehadiran Decentralized Finance, biaya menggunakan layanan keuangan akan berkurang secara drastis dan hal itu kemudian membuka akses bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan layanan keuangan.

  1. Terwujudnya inklusi keuangan

Pada dasarnya, inklusi keuangan adalah sebuah kondisi yang membuat siapa pun memiliki akses dalam memanfaatkan produk atau layanan jasa keuangan.

Pentingnya hal ini karena inklusi keuangan memang sudah terbukti bisa membantu masyarakat keluar dari kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Cara Menggunakan Aplikasi Decentralized Finance

Langkah-langkah menggunakan Decentralized Finance adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus punya dompet Ethereum yang bisa berinteraksi dengan dApps, misalnya MetaMask.
  2. Selanjutnya, Anda mesti punya ETH yang cukup pada dompet tadi supaya bisa bertransaksi pada protokol Decentralized Finance yang ingin digunakan
  3. Mengingat bahwa saat ini sebagian besar protokol DeFi dibangun di atas blockchain Ethereum, Anda mesti membeli ETH atau koin ERC20 untuk menggunakannya.
  4. Pelajari terlebih dahulu aplikasi yang ingin digunakan sebelum Anda membeli token dan melakukan transaksi di aplikasi itu.
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023