Spot Market
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web limit order spot market e1579594596887

Spot Market atau disebut juga Limit Order, adalah proses pembelian atau penjualan aset digital dengan harga yang ditentukan sendiri oleh pengguna, dalam arti tidak menggunakan harga jual/beli yang tercantum dalam Order Book tetapi menjadi Market Maker. Trader yang membeli dan menjual Bitcoin dengan menggunakan metode ini biasanya akan dikenakan biaya/biaya transaksi yang lebih rendah, dan dapat memperdagangkan Bitcoin pada harga yang mereka inginkan, namun terkadang harus menunggu beberapa saat hingga order dieksekusi.

Karakteristik Spot Market
  • Transaksi diselesaikan pada harga yang berlaku yang dikenal sebagai harga spot atau kurs spot.
  • Penyerahan aset dilakukan segera atau sebaliknya pada T+2.
  • Transfer dana seketika; jika tidak, penyelesaian bisa di T+2.
Jenis Market Spot

Ada dua jenis utama spot market

1. Over-the-Counter (OTC)

Over-the-counter (OTC) adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk berdagang secara bilateral melalui konsensus. Tidak ada pengawas pihak ketiga dari suatu transaksi atau lembaga pertukaran sentral untuk mengatur perdagangan. Aset yang diperdagangkan mungkin tidak distandarisasi dalam hal kuantitas, harga, atau istilah lain, seperti norma pada pertukaran terorganisir.

2. Market Exchanges

Dalam exchanges pasar yang terorganisir, pembeli dan penjual bertemu untuk menawar dan menawarkan instrumen keuangan dan komoditas yang tersedia. Perdagangan dapat dilakukan di platform perdagangan elektronik atau lantai perdagangan. Platform perdagangan elektronik telah membuat perdagangan lebih efisien, di mana harga ditentukan secara instan, mengingat banyaknya perdagangan di beberapa bursa.

Exchanges menangani beberapa instrumen keuangan dan komoditas, atau mereka mungkin mengukir ceruk pada jenis aset tertentu. Perdagangan biasanya diselesaikan melalui broker exchanges yang bertindak sebagai pembuat pasar. Aset yang diperdagangkan di exchanges distandarisasi, sesuai dengan standar exchanges.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!