Market Instant
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web market instant e1579594763237

Market Instant adalah proses beli/jual aset kripto secara kilat/instan menggunakan harga terbaik dari Order Book, dalam menjadi seorang Market Taker. Trader yang melakukan jual-beli Bitcoin menggunakan metode ini biasanya akan dikenakan biaya transaksi yang lebih tinggi, dan mendapatkan harga yang lebih buruk dibandingkan ketika mereka menjadi Market Taker. Namun keuntungan metode ini adalah kamu dapat memiliki/melepas Bitcoinnya tanpa perlu menunggu ordernya tereksekusi dan hal ini biasanya membantu ketika tingkat fluktuitas harga aset kripto sedang tinggi.

Eksekusi instan adalah order yang dieksekusi pada harga terakhir yang kamu lihat. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan eksekusi market yang menerapkan harga terakhir pada broker. Dengan memanfaatkan eksekusi instan ini, kamu memiliki kekuasaan penuh dimana posisi akan Anda letakkan.

Namun, dalam prosesnya, harga tentu saja terus berubah, apalagi saat pasar sedang Volatile. Oleh karena itu, broker yang menggunakan eksekusi instan biasanya menerapkan deviasi sebagai batas perubahan harga. Jika harga bergerak melebihi deviasi, maka broker memberitahukan kamu bahwa akan terjadi Requote.

Kelebihan utama dari eksekusi instan ini adalah kamu benar-benar bisa mendapatkan posisi harga yang tepat. Sebagai contoh, jika kamu melihat EUR/USD pada level 1.07447, maka pada level itupulalah harga akan dieksekusi instan.

Kekurangan utama eksekusi instan dalam forex adalah saat volatilitas market sedang tinggi. Kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan posisi sesuai dengan keinginan. Hal ini dapat terjadi karena saat volatilitas tinggi, maka harga akan bergerak sangat cepat, sehingga kemungkinan besar, semua eksekusi instan kamu akan mendapatkan pesan Requote dari broker.

Market Instant

1. Buy

Pasar instan adalah transaksi dengan harga terbaik di buku pesanan. Kamu dapat menggunakan metode ini untuk membuat kripto kamu berputar dengan cepat. Biasanya cara ini digunakan untuk para trader atau investor yang ingin segera memiliki kripto. Karena berbeda dengan metode limit yang membutuhkan waktu sampai harga kripto tepat atau sampai ada yang membelinya. Sedangkan pembelian instant market dilakukan secara langsung tanpa menunggu. Order Book akan menemukan harga terbaik bagi kamu yang menggunakan metode pasar instan. Hanya saja, pasar instan dikenakan biaya atau biaya transaksi sebesar 0,3%.

2. Penjualan

Begitu juga saat membeli menggunakan instant market, sales juga mencari harga terbaik dari order book. Biasanya cara ini digunakan bagi mereka yang ingin langsung mendapatkan profit atau yang ingin cut loss. Berbeda dengan metode limit yang harus menunggu lama, penjualan instan langsung menjual kripto kamu. Sama halnya dengan membeli, metode limit saat menjual kripto juga dikenakan biaya atau fee sebesar 0,3%.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!