Support
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

39 indodax indodax academy glossary poster Support e1591607295756

Support adalah batas bawah harga yang akan sulit ditembus para trader di pasar modal dalam jangka waktu tertentu. Bukan hanya kripto, konsep ini berlaku juga di pasar lain seperti pasar saham dan pasar derivatif. Support ditandai dengan garis horizontal atau agak miring yang berada pada batas bawah grafik.

Ketika harga sedang downtrend, indikator analisis teknikal tambahan seperti moving average bisa digunakan untuk menentukan support dengan akurat. Meski telah mendekati garis support secara historis, analisis diperlukan agar kita bisa mengukur apakah harga akan bergerak naik atau stagnan.

Support mengacu pada tingkat yang cenderung menahan harga suatu aset, mencegahnya turun. Terjadinya level support disebabkan oleh tekanan beli yang kuat di zona harga tersebut, tetapi mungkin juga terkait dengan dinding beli yang besar yang dapat mempersulit harga untuk turun lebih jauh.

Dengan demikian, tingkat dukungan diharapkan bertindak sebagai “floor”, dan biasanya disebabkan oleh pasokan pembeli yang besar di wilayah harga tertentu. Jadi kita dapat mempertimbangkan level support sebagai titik di mana harga hanya dapat ditembus dengan tekanan jual yang kuat.

Secara umum, trader dan chartist menggambar garis support berdasarkan posisi terendah sebelumnya. Pendekatan ini dapat berguna saat mencoba memprediksi titik potensial dari pembalikan harga, yang mungkin mengindikasikan peluang bagus untuk membeli. Meskipun sebagian besar digambarkan sebagai garis horizontal lurus, level dukungan juga dapat diwakili oleh diagonal. Namun, diagonal biasanya disebut sebagai garis tren.

Ketika level support ditembus, itu cenderung menjadi level resistance, yang kemudian akan memberikan efek sebaliknya. Jadi, alih-alih bertindak sebagai support, garis sekarang akan bertindak sebagai resistance, bertindak sebagai batas atas yang kemungkinan akan mencegah harga naik lebih jauh. Biasanya, peluang perdagangan yang baik muncul ketika level resistance atau support ditembus.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!