Tutorial Meminimalisir Kerugian Sebagai Trader
icon search
icon search

Top Performers

Tutorial Meminimalisir Kerugian Sebagai Trader

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Tutorial Meminimalisir Kerugian Sebagai Trader

photo 2021 10 07 17.26.02 1

Daftar Isi

Cara untuk meminimalisir kerugian sebagai trader. Penasaran bagaimana?

 

Cara menggunakan metode trailing stop loss dan stop loss: 

  • Trailing Stop Loss

Belakangan ini sering digunakan oleh para trader untuk meminimalisir kerugian. Trailing Stop Loss atau TSL merupakan suatu jenis order yang memungkinkan kalian untuk memilih nilai atau persentase kerugian maksimum dalam transaksi. TSL akan bergerak searah dengan trend market, dan hasil dari teknik ini adalah keuntungan tertinggi, bukan dari entry price. 

Metode TSL ini cocok banget lho buat day trading! Karena, TSL memungkinkan kalian untuk menetapkan nilai maksimum atau persentase kerugian yang dapat kalian timbulkan saat trading.

Jika harga market naik atau turun sesuai keinginan kalian, harga trailing stop loss bergerak bersamanya. Namun, jika harga market naik atau turun melawan ekspektasi kalian, trailing stop loss tetap akan tetap sama.

Misalnya, untuk setiap harga Bitcoin yang naik $1, maka trailing stop juga akan naik $1. Jika harga bergerak naik $10, maka trailing stop loss juga akan naik $10. Tetapi, jika harga mulai turun, trailing stop loss tidak bergerak. 

TSL bertujuan untuk membantu kalian dalam mengambil keuntungan sekaligus menghindari kerugian yang lebih besar. TSL membatasi risiko kerugian, tetapi tidak membatasi potensi profit yang dapat diperoleh jika pergerakan harga aset kripto terus naik sesuai ekspektasi. Namun, perlu diingat bahwa teknik ini tidak melindungi kalian dari pergerakan market yang lebih besar dari penempatan stop yang kalian pilih ya! 

TSL ini cocok untuk diterapkan saat aset kripto sedang bullish ya! Bukan saat aset kripto sedang bearish atau terkoreksi. Kalau kalian salah pasang, TSL berisiko mengakibatkan cut loss yang berkepanjangan dan terlalu dini. Namun, yang pasti, keuntungan jika kalian menggunakan metode TSL ini adalah TSL dapat membantu kalian mengunci keuntungan yang telah diperoleh secara otomatis. Jadi, kalian bisa menggunakan metode ini meskipun sebelumnya tidak melakukan take profit

Metode ini cukup efektif lho digunakan pada market yang sedang trend, karena pergerakannya akan seiring harga pasar dan secara otomatis berhenti saat trend berubah arah. Selain itu, trailing stop loss awalnya ditempatkan dengan cara yang sama seperti perintah stop loss biasa. 

  • Stop loss

Stop loss order merupakan fitur yang dibuat oleh platform untuk membeli atau menjual aset kripto saat harganya sudah mencapai batas tertentu. Fitur ini juga dirancang untuk meminimalisir kerugian para trader

Contohnya, seorang trader membeli Bitcoin dan menetapkan order stop-loss sebanyak 10% di bawah harga beli. Lalu, ketika harga Bitcoin turun, order ini akan diaktifkan, dan Bitcoin akan dijual sebagai market order.

Sudah banyak lho para trader yang menggunakan metode stop loss ini untuk trading jangka panjang atau long term. Namun, stop loss juga cocok untuk short term trading, di mana aset kripto yang kalian miliki akan dibeli jika harga pada market di atas harga yang sudah kalian tentukan.

Metode Stop Loss juga akan mempertahankan aset kripto yang kalian simpan. Strategi ini bisa mempertahankan nilai uang awal yang kalian gunakan untuk trading. Selain itu, stop loss juga mencegah situasi menjadi buruk, dan yang paling penting metode stop loss ini menghasilkan keuntungan, meskipun sedikit.

Nah, yang menjadi perbedaan utama dari stop loss dan trailing stop loss adalah bahwa metode trailing stop bergerak setiap kali harga bergerak mengikuti keinginan kalian, dan tidak untuk metode stop loss.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Indodax Market Signal 30 Januari 2023
30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023

Halo member Indodax! Memasuki minggu terakhir di bulan januari 2023, ada ALICE dan SNX di jajaran aset kripto bullish nih, baca selangkapnya!

30/01/2023
Mining
26/01/2023
Mining

Mining ini biasa dilakukan untuk menambang melalui aset kripto dengan proses pencatatan sistem transaksi dari satu aset kripto ke aset kripto lainnya.

26/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!
24/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!

Clash of Liliput (COL) berjalan bersama jaringan BEP20. Ini adalah game SLG yang berdasarkan pada skenario perlombaan, lho!

24/01/2023