Ulasan Lengkap Binance Coin
icon search
icon search

Top Performers

Ulasan Lengkap Binance Coin: Kelebihan, Fungsi, hingga Cara Mendapatkannya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Ulasan Lengkap Binance Coin: Kelebihan, Fungsi, hingga Cara Mendapatkannya

Stock Image Article Alt coin IA 1200x675 2 1

Daftar Isi

Binance Coin adalah salah satu aset kripto populer buatan platform pertukaran kripto terbesar di dunia, yakni Binance.

Jenis aset kripto ini punya banyak peminat, seperti halnya Bitcoin dan Altcoin.

Dilambangkan dengan BNB, koin Binance dipakai sebagai “utility token” untuk memperoleh potongan harga ketika membayar trading fees di platform tersebut.

Koin ini dirilis pada tahun 2017 silam di jaringan blockchain Ethereum, dengan pasokan maksimal tokennya sebanyak 200 juta.

Apa saja kelebihan dari token BNB dan bagaimana cara membelinya? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini.

Siapa Pendiri Binance Coin?

Seperti dijelaskan tadi, token ini diluncurkan pada tahun 2017 silam.

Pembuatnya adalah  Changpeng Zhao, dengan tujuan awal sebagai alat pembayaran di ekosistem Binance.

Merujuk pada white paper Binance exchange, sebanyak 10% atau sekitar 20 juta BNB pada pada awal peluncurannya dijual kepada investor yang membiayai Binance.

Berikutnya, ada sebanyak 80 juta BNB (sekitar 40%) yang dibagikan kepada tim yang membangun platform tersebut. Adapun sisanya, sebanyak 100 juta BNB atau kurang lebih 50% dari jumlah token ini kemudian dilepas ke publik lewat skema ICO atau Initial Coin Offering.

Apa Saja Kelebihan Binance Coin?

  1. Terhubung ke ekosistem Binance

Dalam hal ini, BNB terhubung ke seluruh platform Binance sebagai sebuah mata uang bawaan.

  1. Punya kebijakan Quarterly Burning

Kelebihan berikutnya adalah karena Binance punya kebijakan tersendiri, yaitu Quarterly Burning”. Melalui kebijakan itu, Binance secara berjangka akan memusnahkan alias membakar koin di platform-nya.

Seperti disinggung tadi, BNB punya suplai koin terbatas—sebanyak 200 juta token. Untuk pembakaran BNB sendiri dijadwalkan akan dilakukan setiap tiga bulan sekali hingga 100 juta BNB yang bakal dimusnahkan. Jumlah itu adalah sekitar 50% dari total BNB yang pernah diterbitkan.

  1. Kompatibel dengan Ethereum

Pada mulanya, koin ini dibuat dengan standar teknis ERC-20 dari Ethereum. Lantas, Binance pun meluncurkan BEP-2 (Bincance Chain) dan BEP-20 (Binance Smart Chain) sebagai standar teknisnya sendiri. Dengan demikian, kedua token itu bisa dipertukarkan dan kompatibel dengan standar ERC-20 milik Ethereum.

Fungsi BNB

  1. Memberikan kebebasan bagi developer

Fungsinya yang pertama adalah memberikan kebebasan bagi developer dalam ekosistem Binance. Pasalnya, Binance Smart Chain adalah blockchain yang dibuat untuk menjalankan aplikasi dengan smart contract dan kompatibel dengan EVM atau Mesin Virtual Ethereum.

Dengan demikian, developer akan punya kebebasan untuk membangun berbagai dApps atau Decentralized Applications, termasuk di dalamnya DeFi atau Decentralized Finance.

Dalam hal ini, koin Binance akan dipakai sebagai utility token pada semua aplikasi dalam ekosistem BSC, termasuk game dan sejumlah aplikasi DeFi.

  1. Bisa menggunakan platform Binance exchange

BNB juga bisa dimanfaatkan untuk menggunakan platform Binance exchange. Apabila Anda memakai platform pertukaran uang ini maka Anda bakal memperoleh diskon biaya layanan jika punya koin BNB.

  1. Menjadi alat pembayaran

Tentu saja, BNB juga bisa menjadi alat pembayaran. Misalnya di Crypto.com, HTC, atau juga Monetha. Bahkan, koin ini pun dapat dipakai untuk memesan akomodasi perjalanan (di situs, antara lain, Trip.io, Travala.com, dan TravelbyBit.

Di samping itu, token ini pun digunakan sebagai alat pembayaran pada layanan online, seperti Canva, BitTorrent, dan Storm.

BNB sebagai Investasi Masa Depan

Lantas, apakah BNB dapat menjadi aset investasi untuk masa depan? Tentu saja. Adapun saat ini, BNB masih menjadi salah satu aset kripto terbesar di dunia.

Koin ini juga punya potensi kenaikan yang besar. Indikasi itu terlihat dari langkah Binance memperluas dan mengembangkan layanan mereka. Bahkan, harganya sempat melonjak tajam usai peluncuran Binance Smart Chain (BSC).

Sebagai informasi tambahan, BNB pernah menyentuh harga tertingginya senilai $675,68, yang terjadi pada Mei 2021 lalu.

Cara Mendapatkan BNB di Indodax

Adapun cara membeli aset kripto BNB di Indodax adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Anda yang belum menjadi member, bisa klik link registrasi Indodax ini.
  2. Kemudian, lakukan deposit. Buat Anda yang bingung cara deposit Indodax di sini.
  3. Setelah deposit dan saldo Anda masuk, Anda bisa kembali ke market Indodax.
  4. Cari BNB di market Rupiah.
  5. Jika sudah masuk maka Anda tinggal membeli dengan mengisi saldo dan di harga berapa kamu ingin membeli BNB. Anda pun bisa membelinya secara instan atau langsung pada harga saat itu
  6. Selanjutnya, Anda perlu bersabar menunggu harganya meningkat selama beberapa waktu
  7. Setelah harganya meningkat, Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dengan metode instant
  8. Kalau Anda menjual dengan metode limit maka Anda bisa melakukan order setelah membeli. Pastikan Anda memasukkan angka yang lebih tinggi ketika menjualnya

Untuk memantau harga Binance Coin (BNB to IDR), Anda bisa masuk ke halaman tersebut.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023
30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023

Halo member Indodax! Memasuki minggu terakhir di bulan januari 2023, ada ALICE dan SNX di jajaran aset kripto bullish nih, baca selangkapnya!

30/01/2023
Mining
26/01/2023
Mining

Mining ini biasa dilakukan untuk menambang melalui aset kripto dengan proses pencatatan sistem transaksi dari satu aset kripto ke aset kripto lainnya.

26/01/2023