Vanity Address
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web vanity address e1579595913723

Alamat aset kripto adalah serangkaian karakter alfanumerik yang dapat dibagikan oleh seseorang kepada siapa saja yang ingin mengirim dana. Vanity Address adalah jenis alamat mata uang kripto yang berisi pesan yang dapat dibaca manusia yang dipersonalisasi.

Alamat bitcoin tradisional dapat ditampilkan sebagai berikut: ‘3P4glGKlpKJrgvj4n7GBgnLNqBdjVgf3jx’. Vanity Address bitcoin di sisi lain, yang seharusnya bersifat pribadi, dapat dibuat sebagai: ‘3LoveBPzzD72PUXLzCkYAtGFYmK5Vynr33’.

Memproduksi pola Vanity mengharuskan pengguna untuk membuat dan menguji jutaan kunci pribadi kandidat hingga alamat bitcoin dengan pola pribadi yang diinginkan ditemukan. Alamat di jaringan seperti Bitcoin secara efektif merupakan representasi dari kunci publik. Alamat diturunkan dari kunci publik dengan menggunakan fungsi hash kriptografik satu arah.

Dalam kasus Bitcoin, fungsi hashing yang digunakan untuk membuat alamat bitcoin dari kunci publik adalah: Secure Hash Algorithm 256 (SHA-256) dan RACE Integrity Primitives Evaluation Message Digest 160 (RIPEMD-160). Dimulai dengan kunci publik, ini pertama kali digunakan sebagai input untuk fungsi hash SHA-256 untuk menghasilkan output hash. Hash ini kemudian dijalankan melalui fungsi hash RIPEMD-160 untuk menghasilkan alamat bitcoin.

Sebagai informasi, dengan Bitcoin, kunci publik diturunkan dari kunci privat menggunakan Kriptografi Kurva Elliptik. Jenis kriptografi ini memungkinkan pembuatan fungsi satu arah, yaitu fungsi yang mudah dihitung dalam satu arah, tetapi sulit untuk melakukannya dalam arah yang berlawanan. Dalam jaringan kripto seperti Bitcoin, fungsi satu arah ini mengambil kunci privat sebagai input untuk menghasilkan kunci publik, yang membentuk output. Individu dapat mendistribusikan kunci publik mereka mengetahui bahwa tidak ada yang dapat membalikkan fungsi satu arah dan menghitung kunci pribadi dari kunci publik.

Proses menghasilkan pola Vanity pada dasarnya melibatkan pemilihan kunci pribadi secara acak, menurunkan kunci publik, menurunkan alamat bitcoin, dan kemudian memeriksa untuk melihat apakah alamat bitcoin cocok dengan pola Vanity yang diinginkan. Jika tidak, proses ini diulangi jutaan kali hingga pola yang diinginkan ditemukan. Kunci pribadi yang mengontrol Vanity Address dapat digunakan oleh pemilik dengan cara yang persis sama seperti alamat lainnya. Kamu tidak dapat lebih mudah menemukan kunci pribadi dari Vanity Address daripada dengan alamat lain mana pun.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!