Worldcoin: Transformasi Dunia Kripto Ai ke Masa Depan
icon search
icon search

Top Performers

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Worldcoin 1

Daftar Isi

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia maya berkat inovasi teknologi kecerdasan buatan mereka, terutama produknya yang bernama ChatGPT

 

Keberhasilan itu membawa perhatian kembali pada pendiri dan CEO OpenAI, Sam Altman, karena proyek kripto yang ia gagas, Worldcoin, baru-baru ini berhasil mengamankan pendanaan sebesar $115.000.000 melalui Seri C, yang setara dengan sekitar Rp1.700.000.000.000.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Worldcoin, mulai dari pendiri dan visinya, sejarah, hingga prospek masa depannya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Worldcoin?

 

Pada prinsipnya, Worldcoin mewakili sebuah proyek kripto yang mengusung konsep protokol open source dengan pemanfaatan teknologi biometrik yang terhubung dengan sebuah perangkat khusus yang disebut Worldcoin Orb. 

 

Perangkat tersebut didesain untuk melakukan pemindaian iris, tubuh, dan wajah pengguna untuk menghasilkan gambaran yang sangat detail. Tujuan utama dari teknologi ini adalah untuk memverifikasi identitas pengguna dalam kerangka proyek World ID. 

 

Selain itu, pendekatan ini juga dapat digunakan sebagai mekanisme verifikasi untuk mendapatkan airdrop. Dalam proyek kripto ini, terdapat token bawaan bernama WLD yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan nilai dan melakukan transaksi pembayaran.

 

Bagi mereka yang berminat untuk terlibat dalam proyek kripto ini, diperlukan kunjungan ke operator Orb untuk melakukan pemindaian iris melalui Chrome Orb. Data yang terkumpul akan disimpan secara anonim untuk menjaga keamanan identitas pengguna. 

 

Menurut informasi dari perusahaan, produk World ID telah berhasil mengumpulkan 1.700.000 data biometrik yang dapat dipercaya. Selain itu, perusahaan juga telah merilis World App sebagai bagian dari strategi proof of personhood

 

Diketahui, perilisan tersebut telah berhasil menarik partisipasi dari 1.500.000 orang sebelum perilisannya dan memiliki lebih dari setengah juta pengguna aktif setiap bulannya.

 

Pendiri dan Visi Worldcoin

 

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Worldcoin merupakan proyek kripto yang dimiliki oleh Sam Altman, yang juga menjabat sebagai CEO OpenAI. 

 

Altman dikenal karena visi inovatifnya dan komitmennya terhadap pengembangan teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Worldcoin sendiri memiliki tiga misi utama.

 

Pertama, menciptakan identitas global; kedua, menjadi mata uang global; dan ketiga, mengembangkan aplikasi yang memungkinkan layanan pembayaran, pembelian, dan transfer menggunakan token. 

 

Selain itu, proyek kripto ini lahir dengan tujuan memberikan akses yang sama kepada aset kripto bagi semua orang, tanpa memandang lokasi atau kekayaan. 

 

Altman meyakini bahwa dengan memberikan akses yang setara terhadap kekayaan global, setiap individu dapat berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih adil dan merata. Karena itu, pendanaan proyek ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi tersebut.

 

Sejarah Worldcoin dan Kambing Viral

 

Worldcoin 2

 

Worldcoin berkomitmen untuk menciptakan mata uang dasar universal. Pengguna dapat mendaftarkan identitas mereka melalui aplikasi Worldcoin dengan cara melakukan pemindaian mata langsung menggunakan perangkat yang disebut “Orbs”.

 

Setelah identitas terverifikasi, pengguna akan diberikan sejumlah aset kripto Worldcoin sebagai insentif. Satu cerita menarik yang bermula dari Worldcoin adalah kisah seorang pengguna di Kenya yang menggunakan aset kripto yang diterimanya untuk membeli seekor kambing. 

 

Kisah ini menyebar secara viral di media sosial dan menarik perhatian dari komunitas kripto. Sebagai bentuk dukungan, komunitas kripto mengirimkan sejumlah aset kripto kepada pengguna tersebut, yang kemudian digunakan untuk membeli lebih banyak kambing. 

 

Saat ini, pengguna tersebut telah mengumpulkan total 13 ekor kambing berkat bantuan dari komunitas kripto.

 

Kritik terhadap Perangkat Orb

 

Meskipun potensi ini menjanjikan, perangkat Orb telah menjadi subjek kritik yang signifikan. Kritik tersebut tidak hanya datang dari komunitas kripto, tetapi juga dari para ahli privasi dan keamanan. 

 

Hal itu disebabkan oleh fakta bahwa mata sering digunakan sebagai kunci keamanan pada perangkat elektronik sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang privasi dan keamanan.

 

Kendati demikian, pihak Worldcoin menegaskan bahwa privasi dan keamanan menjadi prioritas utama, dan tidak ada data pemindaian mata yang disimpan. 

 

Menurut Altman, perangkat ini hanya digunakan untuk memverifikasi apakah pengguna telah menerima koin Worldcoin sebelumnya.

 

Setidaknya, ada sekitar 130.000 orang di seluruh dunia yang telah mengalami pemindaian menggunakan perangkat ini, dengan janji dari Worldcoin untuk memberikan imbalan antara $10 hingga $200 berdasarkan jumlah awal pemindaian bola mata. 

 

Eksplorasi Ekspansi dan Adopsi Worldcoin

 

Proyek ini menargetkan untuk mencapai 1.000.000.000 pengguna tahun ini dan hal itu menunjukkan ambisi yang besar. Worldcoin berharap agar metode ini dapat diadopsi oleh pengguna di seluruh dunia.

 

Hingga saat ini, Worldcoin telah mengirimkan perangkat Orb ke 12 negara di dunia dan telah diuji coba di 5 negara, termasuk Chili, Kenya, Sudan, Prancis, dan Indonesia. 

 

Perangkat Orb sendiri dirancang oleh Thomas Meyerhoffer, seorang desainer industri asal Swedia yang sebelumnya terlibat dalam proyek-proyek Apple dan Porsche.

 

Dalam bulan November mendatang, Worldcoin berencana untuk meningkatkan produksi hingga 4.000 perangkat Orb per bulan, yang akan didistribusikan kepada Operator Orb di seluruh dunia.

 

Prospek Masa Depan dan Harapan

 

Worldcoin 3

 

Dengan proyek yang sedang dikembangkan oleh Worldcoin, tampaknya masa depannya menjanjikan. Jumlah pendanaan yang berhasil dikumpulkan cukup besar sehingga memberikan kesempatan bagi Worldcoin untuk mempercepat pertumbuhan dan ekspansi.

 

Worldcoin berencana untuk mengalokasikan dana ini untuk pengembangan infrastruktur teknologi dan inovasi produk baru, serta untuk ekspansi ke pasar-pasar baru. 

 

Hal itu diharapkan akan menjadi momentum bagi Worldcoin untuk memperkuat kehadiran aset kripto yang diadopsi secara global, sambil memberikan kontribusi pada pertumbuhan seluruh ekosistem kripto.

 

Dengan dukungan finansial yang kuat, investasi dari para pemodal, dan dukungan komunitas kripto, Worldcoin diproyeksikan mampu mencapai visi dan misinya di masa mendatang. 

 

Selain itu, Worldcoin siap mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan kekayaan dan membuka peluang baru bagi ekonomi global.

 

Secara keseluruhan, Worldcoin menonjol sebagai proyek kripto baru dan inovatif yang berpotensi mengubah paradigma tentang adopsi aset kripto saat ini. 

 

Perangkat yang telah dikembangkan untuk mendukung teknologi ini merupakan bukti kuat bahwa proyek ini memiliki prospek cerah di masa depan.

 

Kesimpulan

 

Sebagai kesimpulan, Worldcoin adalah proyek kripto yang menarik perhatian dengan inovasi teknologi biometriknya, terutama penggunaan perangkat Orb untuk memverifikasi identitas pengguna.

 

Proyek ini memiliki visi untuk menciptakan mata uang dasar universal, dengan tujuan meningkatkan akses dan penggunaan aset kripto secara global. 

 

Meskipun mendapat kritik terkait privasi dan keamanan, Worldcoin bertekad untuk menjaga privasi pengguna dan hanya menggunakan data pemindaian mata untuk tujuan verifikasi, bukan untuk penyimpanan data.

 

Worldcoin telah berhasil mengumpulkan dana pendanaan yang substansial dan hal itu memungkinkan untuk mempercepat pertumbuhan dan ekspansi proyek ke depannya.

 

Lebih jauh, penting untuk memiliki pemahaman yang baik terhadap proyek kripto yang menjanjikan seperti Worldcoin karena hal ini memungkinkan untuk memanfaatkan peluang investasi yang menguntungkan dan memahami peran serta dampaknya dalam ekosistem kripto global.

 

Pada akhirnya, dengan visi yang ambisius dan inovasi yang menonjol, Worldcoin pun menjadi salah satu proyek kripto yang menarik untuk dipertimbangkan.

 

Yuk Investasi Kripto di Worldcoin di INDODAX

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu Worldcoin, mulai dari pendiri dan visinya, sejarah, hingga prospek masa depannya.

 

Selanjutnya, jika kamu berminat untuk investasi kripto dengan aset ini maka kamu dapat membeli Worldcoin (Wld to IDR) di market crypto di INDODAX.

 

Penting untuk diingat bahwa investasi aset kripto memiliki tingkat volatilitas yang tinggi dan melibatkan risiko kerugian modal. 

 

Maka dari itu, sebelum berinvestasi, disarankan untuk melakukan riset sendiri atau Do Your Own Research  (DYOR) dan mempertimbangkan toleransi risiko serta tujuan investasi kamu dengan cermat.

 

Sebagai tambahan informasi, kamu pun dapat membeli aset kripto lainnya, seperti beli bitcoin dan beli eth di INDODAX.

 

Perlu diketahui, INDODAX telah menjadi pilihan utama bagi mereka yang tertarik untuk melakukan transaksi jual beli aset kripto di Indonesia hingga saat ini.

 

Sebagai pelopor dalam perdagangan kripto di Indonesia, INDODAX telah berhasil membangun reputasi sebagai platform yang dapat diandalkan dan terpercaya.

 

Menghadirkan layanan yang unggul, INDODAX telah memberikan akses yang mudah bagi investor untuk terlibat dalam pasar aset kripto.

 

Ayo, mulai investasi aset kripto kamu sekarang juga bersama INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian
23/05/2024
Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian

Saat memasuki dunia trading dan investasi, kita akan menemui banyak

23/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse
22/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse

Pada era digital saat ini, teknologi blockchain telah menjadi pusat

22/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!
21/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!

Kini, aset kripto World Trade Exhibition Center (WTEC) telah tersedia

21/05/2024