Wyckoff pattern
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Image Glossary IA Wyckoff Pattern 936x530 Image Glossary

Wyckoff pattern adalah teori yang menguraikan elemen kunci dalam perkembangan tren harga yang ditandai dengan periode akumulasi dan distribusi. Empat fase yang berbeda terdiri dari siklus: akumulasi, markup, distribusi, dan penurunan harga. Wykoff juga mendefinisikan aturan untuk digunakan dalam hubungannya dengan fase-fase ini. Aturan-aturan ini selanjutnya dapat membantu mengidentifikasi lokasi dan signifikansi harga dalam spektrum yang luas dari pasar uptrend, downtrend, dan sideways.

Aturan Wyckoff

  • Pasar dan sekuritas individu tidak pernah berperilaku dengan cara yang sama dua kali.
    Sebaliknya, tren terungkap melalui beragam pola harga serupa yang menunjukkan variasi tak terbatas dalam ukuran, detail, dan ekstensi. Setiap inkarnasi berubah cukup dari pola sebelumnya untuk mengejutkan dan membingungkan pelaku pasar. Banyak trader modern mungkin menyebut ini sebagai fenomena perubahan bentuk yang selalu selangkah lebih maju dari pencarian keuntungan.
  • Signifikansi pergerakan harga mengungkapkan dirinya hanya jika dibandingkan dengan perilaku harga masa lalu.
    Dengan kata lain, konteks adalah segalanya di pasar keuangan. Cara terbaik untuk mengevaluasi tindakan harga hari ini adalah membandingkannya dengan apa yang terjadi kemarin, minggu lalu, bulan lalu, dan tahun lalu. Akibat dari aturan ini menyatakan bahwa menganalisis aksi harga satu hari dalam ruang hampa akan menghasilkan kesimpulan yang salah.

Aturan tambahan

Wyckoff menetapkan aturan pengamatan yang sederhana namun kuat untuk pengenalan tren. Dia menentukan bahwa hanya ada tiga jenis tren: naik, turun, dan datar. Selain itu, ada tiga kerangka waktu: jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Teori siklus pasar Wyckoff mendukung metode Wyckoff. Ini mendefinisikan bagaimana dan mengapa saham dan sekuritas lainnya bergerak. Ini didasarkan pada pengamatan Wyckoff tentang penawaran dan permintaan, dan bahwa harga sekuritas bergerak dalam pola siklus empat fase yang berbeda. Investor dan trader menggunakan siklus pasar Wyckoff untuk mengidentifikasi arah pasar, kemungkinan pembalikan, dan kapan investor besar mengumpulkan dan menjual posisi.

Fase siklus pasar Wyckoff adalah akumulasi, markup, distribusi, dan penurunan harga. Pada dasarnya, fase mewakili perilaku trader dan dapat mengungkapkan arah pergerakan harga saham di masa depan.

Secara umum, fase akumulasi terbentuk ketika investor institusional meningkatkan pembelian mereka dan mendorong permintaan. Seiring berkembangnya minat, rentang trading menampilkan posisi terendah yang lebih tinggi karena harga memposisikan diri untuk bergerak lebih tinggi. Dengan pembeli mendapatkan kekuatan, harga mendorong melalui tingkat atas rentang trading. Pada fase Markup ini, grafik akan menunjukkan tren naik yang konsisten.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!