Crypto Whale
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Image Glossary IA Crypto Whale 936x530 Image Glossary 1

Crypto Whale atau Whale Crypto adalah istilah komunitas kripto yang mengacu pada individu atau entitas yang memiliki kripto dalam jumlah besar. Whale memiliki cukup kripto sehingga mereka memiliki potensi untuk memanipulasi penilaian mata uang.

Mencapai status Whale di ruang kripto adalah subjektif. Dalam kebanyakan kasus, komunitas tampaknya setuju bahwa persentase besar dari koin yang tersedia membuat akun menjadi Whale. Secara umum, Whale tampaknya menyumbang lebih dari 10% dari total jumlah kripto tertentu.

Pemegang kripto besar disebut Whale (paus) karena Whale sangat besar dibandingkan dengan ikan yang lebih kecil di lautan kripto. Menurut BitInfoCharts, empat dompet bitcoin memiliki 3,49% dari semua bitcoin yang beredar pada Mei 2022, dan 100 dompet teratas memiliki sekitar 15,36% dari semua bitcoin.

Dogecoin, koin meme yang menjadi populer, bahkan lebih terpusat. Pada Mei 2022, 15 alamat menyumbang hampir 52% dari Dogecoin, lebih dari 29,5 miliar koin.

Akun besar ini dipantau secara ketat oleh komunitas kripto dan investor. Jika salah satu dari 100 dompet teratas melakukan transaksi, mereka diumumkan secara publik melalui situs web Whale Alert dan akun Twitter saat terjadi.

Efek Whale pada Likuiditas

Karena mereka adalah dompet profil tinggi, whale bisa menjadi masalah bagi kripto karena konsentrasi kekayaan, terutama jika tidak bergerak di akun. Ketika koin disimpan di akun daripada digunakan, itu menurunkan likuiditas kripto tertentu karena ada lebih sedikit koin yang tersedia.

Efek Whale pada Harga

Whale juga dapat membuat volatilitas harga meningkat, terutama ketika mereka memindahkan sejumlah besar kripto dalam satu transaksi. Misalnya, jika pemilik mencoba menjual bitcoin mereka untuk mata uang fiat, kurangnya likuiditas dan ukuran transaksi yang besar menciptakan tekanan ke bawah pada harga Bitcoin karena pelaku pasar lain melihat transaksi tersebut. Ketika ikan paus menjual, investor lain menjadi sangat waspada, memperhatikan indikator bahwa ikan paus “membuang” kepemilikan mereka.

Tanda umum yang diperhatikan oleh investor kripto adalah rata-rata aliran masuk pertukaran, atau jumlah rata-rata mata uang kripto tertentu yang disimpan ke bursa. Jika jumlah rata-rata koin per transaksi naik di atas 2,0, itu berarti Whale kemungkinan akan mulai melakukan dumping jika berkorelasi dengan sejumlah besar Whale yang menggunakan pertukaran.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!