Yearn Finance (YFI)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Thumbnail IA Glossary YFI 1080x1080 Feed.jpg

Yearn Finance adalah sebuah platform aggregator keuangan yang berbasis pada jaringan blockchain Ethereum. Protokol yang mulai beroperasi pada tahun 2020 ini dibangun oleh Andre Cronje dengan tujuan untuk menjadi solusi dalam mengoptimalkan  return atau imbal hasil dari aset kripto yang dimiliki oleh penggunanya.

Yearn Finance sendiri masuk ke dalam protokol platform DeFi, di mana para penggunanya dapat menyimpan dan mengagunkan token ERC20 atau yang bisa disebut dengan token YFI milik mereka. Lalu, sebagai imbalannya, pengguna akan menerima bunga harian. 

Proyek ini memungkinkan penggunanya untuk tidak perlu lagi membuka beberapa situs DeFi untuk mendapatkan keuntungan, karena Yearn Finance dapat memecahkan masalah ini dengan mengintegrasikan banyak protokol blockchain yang berbeda. Jadi, penggunanya hanya perlu mempertaruhkan token-nya sekali dengan Yearn Finance untuk mendapatkan akses ke banyak protokol blockchain yang menghasilkan bunga. 

Lalu, mengapa YFI dapat membuat hal ini memungkinkan? Hal ini dikarenakan YFI mempunyai yToken yang dirancang sebagai token yang menghubungkan antara satu protokol blockchain dengan protokol lainnya. Hal ini juga bertujuan untuk membandingkan token mana yang menghasilkan keuntungan yang paling tinggi dengan mengintegrasikan imbal hasil dari berbagai token DeFi yang tersedia secara otomatis. 

Sebagai contoh, ketika ada pengguna yang menyimpan token melalui Yearn Finance, token tersebut kemudian akan dikonversikan menjadi yToken, seperti yUSDC, yUSDT, dan yDAI. Dari yToken ini, pengguna akan mendapatkan hasil dari biaya pinjaman dan juga biaya trading pada protokol yang dipilih. Sistem ini membuat Yearn Finance dapat  menghasilkan return tahunan dengan imbal hasil yang cenderung lebih besar kepada penggunanya.

Token YFI merupakan token ERC-20 yang mengatur ekosistem yearn.finance ini. Tujuan token ini bukan digunakan sebagai alat tukar di dalam protokol, tetapi sebagai hak suara ketika protokol melakukan konsensus. Harga token YFI ini juga berhasil melampaui nilai Bitcoin sebagai aset kripto yang memiliki harga tertinggi saat ini loh!

Adapun 5 layanan utama di dalam protokol yearn.finance sejak awal dibangun, yaitu Earn, Zap, Vaults, Yinsure.Finance, dan stableCredit. Pendirinya, Andre Cronje, tidak berfokus pada nilai token YFI saja. Justru, ia memiliki cita-cita agar Yearn Finance dapat diadopsi lebih luas lagi dan dapat mempermudah penggunaannya dalam mengelola aset kripto mereka.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!