Akhirnya Datang Juga! Terra (LUNA/IDR) Hadir di Indodax!
icon search
icon search

Top Performers

Akhirnya Datang Juga! Terra (LUNA/IDR) Hadir di Indodax!

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Akhirnya Datang Juga! Terra (LUNA/IDR) Hadir di Indodax!

Akhirnya Datang Juga! Terra Luna Kini Hadir di Indodax!

Daftar Isi

Aset kripto Terra (LUNA) akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 30 Maret 2022 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 31 Maret 2022 juga pada pukul 14:00 WIB.

Salah satu aset kripto terbaik jenis Mainnet, LUNA kini telah hadir di Indodax. LUNA adalah token staking asli protokol Terra yang menyerap volatilitas harga Terra. Luna digunakan untuk governance dan mining, lho! Penasaran? Yuk, baca selengkapnya di sini!

Apa itu Terra?

Protokol Terra adalah protokol blockchain publik terdesentralisasi dan open-source terkemuka untuk stablecoin algoritmik. 

Menggunakan kombinasi insentif arbitrase pasar terbuka dan pemungutan suara Oracle yang terdesentralisasi, protokol Terra menciptakan stablecoin yang secara konsisten melacak harga mata uang fiat apa pun. 

Pengguna dapat membelanjakan, menyimpan, memperdagangkan, atau menukar stablecoin Terra secara instan, semuanya di blockchain Terra. 

TERA dan LUNA

Terra: Stablecoin yang melacak harga mata uang fiat. Pengguna mencetak Terra baru dengan membakar Luna. Stablecoin diberi nama untuk rekanan fiat mereka. Misalnya, stablecoin Terra dasar melacak harga SDR IMF, bernama TerraSDR, atau SDT. Denominasi stablecoin lainnya termasuk TerraUSD atau UST, dan TerraKRW atau KRT. Semua denominasi Terra ada di pool yang sama.

Luna: Token staking asli protokol Terra yang menyerap volatilitas harga Terra. Luna digunakan untuk governance dan mining. Pengguna mempertaruhkan Luna ke validator yang mencatat dan memverifikasi transaksi di blockchain dengan imbalan imbalan dari biaya transaksi. Semakin banyak Terra digunakan, semakin banyak nilai Luna.

Kegunaan LUNA 

Luna memberi pemegangnya hadiah dan kekuatan pemerintahan. Ekosistem Terra adalah jaringan aplikasi terdesentralisasi yang berkembang pesat, menciptakan permintaan yang stabil untuk Terra dan meningkatkan harga Luna.

Singkatnya, LUNA bertanggung jawab atas stabilitas stablecoin Terra, dan sebaliknya. Nama protokol dimaksudkan untuk dianalogikan dengan hubungan simbiosis antara bumi dan bulan, dan cara kedua benda langit memberikan stabilitas gravitasi satu sama lain.

Cara kerja protokol Terra

  • Stablecoin

Fitur utama dari protokol Terra: aset kripto yang melacak harga mata uang yang mendasarinya. Sebagai bentuk mata uang digital, Terra stablecoin dapat digunakan seperti mata uang fiat dengan manfaat tambahan blockchain: buku besar umum yang tidak dapat diubah, transaksi instan, waktu penyelesaian yang lebih cepat, dan biaya yang lebih sedikit.

  • Ekspansi dan kontraksi

Ekspansi: Ketika harga Terra tinggi dibandingkan dengan pasaknya, penawaran terlalu kecil dan permintaan terlalu tinggi. Protokol memberi insentif kepada pengguna untuk membakar Luna dan membuat Terra. Pasokan Terra yang baru membuat kolamnya lebih besar, menyeimbangkan pasokan dengan permintaan. Pengguna mencetak lebih banyak Terra dari Luna yang dibakar hingga Terra mencapai harga targetnya. Kolam Luna semakin kecil dalam proses ini, meningkatkan harga Luna.

Kontraksi: Ketika harga Terra terlalu rendah dibandingkan dengan pasaknya, penawaran terlalu besar dan permintaan terlalu rendah. Protokol ini mendorong pengguna untuk membakar Terra dan mencetak Luna. Penurunan pasokan Terra menyebabkan kelangkaan, dan harga Terra meningkat. Lebih banyak Luna dicetak dari Terra yang dibakar hingga Terra mencapai harga targetnya. Kolam Luna naik dan turun harganya.

  • Modul pasar dan arbitrase

Stabilitas harga Terra dicapai oleh modul pasar algoritmik protokol, yang mendorong pencetakan atau pembakaran Terra melalui peluang arbitrase. Arbitrase terjadi ketika pengguna mendapat untung dari perbedaan harga antar pasar.

Modul pasar protokol Terra memungkinkan pengguna untuk selalu menukar Luna senilai 1 USD untuk 1 UST, dan sebaliknya, memberi insentif kepada pengguna untuk mempertahankan harga Terra. Prinsip yang sama ini berlaku untuk semua denominasi stablecoin Terra.

  • Seigniorage dan deflasi

Seigniorage adalah nilai koin dikurangi biaya produksinya. Dalam versi awal protokol Terra, seigniorage dialihkan untuk mendanai berbagai proyek komunitas. Sementara seigniorage dapat menciptakan nilai yang sangat besar, itu juga menciptakan inflasi dalam sistem. Semua seigniorage dalam protokol Terra dibakar, membuat Luna mengalami deflasi.

Aset Kripto LUNA

Peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #7, dengan kapitalisasi pasar langsung $32.662.609.891 USD. Ini memiliki persediaan yang beredar 369.936.171 koin LUNA dan maks. pasokan tidak tersedia.

Cara Beli Aset Kripto LUNA di Indodax

Bagi kamu yang ingin membeli aset kripto LUNA, kamu bisa membelinya di Indodax mulai 30 Maret 2022 pukul 14:00 WIB. Berikut cara membelinya:

  1. Untuk kamu yang belum menjadi member, bisa klik link di sini
  2. Setelah itu, lakukan deposit. Bagi kamu yang bingung cara deposit, buka klik link ini
  3. Setelah deposit dan saldo mu masuk, kamu bisa kembali ke market
  4. Cari LUNA di market Rupiah lalu klik
  5. Setelah masuk, kamu tinggal membeli dengan mengisi saldo dan di harga berapa kamu ingin membeli LUNA. Kamu juga bisa membelinya secara instan atau langsung di harga saat itu
  6. Setelah itu, kamu perlu sabar menunggu harganya meningkat selama beberapa waktu
  7. Setelah harganya meningkat, kamu bisa jual dengan harga yang lebih tinggi dengan metode instant
  8. Jika kamu menjual dengan metode limit, kamu bisa melakukan order setelah membeli. Pastikan kamu memasukkan angka yang lebih tinggi saat menjual. 
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal