Block Explorer
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster block explorer e1579752151101

Block Explorer adalah layanan blockchain online real-time yang menyediakan informasi tentang transaksi dari alamat aset digital dan kapan transaksi tersebut terjadi. Selain transaksi yang telah dilakukan oleh alamat tersebut, Ini juga dapat digunakan untuk melihat saldo di alamat tersebut. Hal ini dimungkinkan karena aset digital bersifat pseudonim dimana alamat aset digital dapat dilihat tetapi tidak ada nama pemiliknya.

Block Explorer terhubung langsung ke blockchain tertentu, seperti Bitcoin atau Ethereum. Mereka memungkinkan pengguna untuk melihat dan menanyakan blok individu — memberikan visibilitas kepada siapa pun dari transaksi atau tindakan lain yang dilakukan oleh pemegang aset kripto individu. Ini adalah bagian penting dari misi transparansi dan desentralisasi aset kripto, dan visibilitas universal dari semua data transaksi adalah salah satu pembeda utama antara aset kripto dan mata uang konvensional.

Ada berbagai macam Block Explorer yang tersedia secara online, dengan yang paling populer termasuk Mempool, Bitaps, Blockstream, Multihash, Blockchain Info, dan Bitupper Explorer.

Sebagian besar mencakup informasi yang sama atau serupa sekilas, dengan fokus pada blok terakhir yang telah ditambahkan ke blockchain, dan blok yang akan ditambahkan berikutnya.

Dalam setiap blok, informasi diberikan tentang tinggi blok, usia blok, hadiah blok, identitas pengguna atau kumpulan pengguna yang menambang blok, TX (atau daftar transaksi) yang menunjukkan jumlah transaksi di blok , dan status transaksi — yaitu, apakah transaksi tertunda atau dikonfirmasi. Untuk menjelajahi blok atau transaksi tertentu, pengguna Block Explorer harus memasukkan kueri tertentu.

Paling umum ini adalah TXID, atau hash transaksi — urutan hex yang digunakan untuk secara unik mengidentifikasi transaksi tertentu. Meskipun ada banyak Block Explorer adalah layanan blockchain online real-time yang menyediakan semua jenis informasi tentang transaksi aset digital. yang ditawarkan, relatif sedikit dari mereka yang mendukung SegWit, peningkatan ke blockchain Bitcoin yang diaktifkan pada tahun 2017. Block Explorer SegWit yang diaktifkan termasuk Bitaps, Apirone, Blockchair, Bitupper, Cryptoid Chainz, dan Poolin Explorer.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!