Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Legal untuk Pemula
icon search
icon search

Top Performers

Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Legal untuk Pemula

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Legal untuk Pemula

Stock Image Article Bitcoin New 1200x675 Image Article Indodax Academy 06

Daftar Isi

Cara investasi bitcoin yang aman, legal, dan pasti bikin cuan penting diketahui, apalagi untuk pemula yang baru terjun ke dunia investasi aset kripto.

Adapun pada saat ini, investasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara investasi yang tren saat ini adalah investasi dengan cara bermain aset kripto, khususnya Bitcoin (BTC).

Untuk mengetahui caranya, berikut ini panduan selengkapnya.

Apa Itu Aset Kripto?

Adapun aset kripto merupakan aset digital yang dibuat sebagai media transaksi yang memakai cryptography untuk mengamankan transaksi keuangan. Selain di luar negeri, aset kripto ini juga mulai digandrungi di Indonesia sebagai aset investasi (komoditas).

Aset kripto ini pun berbeda dari mata uang konvensional, sebab ia bersifat desentralisasi, yang artinya tanpa perantara—pihak ketiga—dalam transaksi. Dalam hal ini, transaksi dilakukan secara langsung oleh dua pihak tersebut, yaitu sang pengirim dan penerima.

Nah, salah satu jenis aset kripto pertama dan sangat populer adalah Bitcoin (BTC). Sebagai informasi, selayaknya aset kripto yang lain, aset kripto ini pun berfluktuasi.

Namun, perbedaannya adalah kalau mata uang konvensional fluktuasinya tidak dalam maka aset kripto akan mengalami gejolak yang sangat ekstrem.

Daya Tarik Kripto

Di bawah ini adalah sejumlah daya tarik kripto sebagai aset investasi yang perlu diketahui.

Aset yang beragam

Pertama, aset kripto yang beragam dan hingga kini setidaknya terdapat belasan ribu aset di pasaran. Namun, tidak seluruhnya dapat diperoleh di pasar Indonesia.

Meski demikian, ada banyak kok pilihan aset kripto yang tersedia. Di samping itu nilai satuan dan harga yang ditawarkan pun beragam.

Mudah didapat

Kedua, aset digital ini pun mudah didapat. Hal itu karena saat ini terdapat sejumlah platform digital yang bisa digunakan untuk membeli aset kripto .

Bisa naik cepat

Ketiga, aset ini bisa naik dengan cepat alias harganya dapat meningkat dengan sangat drastis. Di sini, trader/investor bisa meraih keuntungan dalam tempo yang singkat apabila harga aset digital ini meroket.

Mudah diperjualbelikan

Keempat, aset kripto ini juga mudah untuk diperjualbelikan. Nah, dari penjualan tersebut, kamu akan memperoleh uang Rupiah kembali.

Cara Berinvestasi Bitcoin Aman untuk Pemula

Berikut ini cara investasi Bitcoin yang aman dan legal untuk pemula.

Hanya pakai uang dingin

Pastikan bahwa kamu hanya memakai uang dingin untuk jenis investasi yang satu ini. Pasalnya, investasi aset kripto memiliki risiko yang tinggi.

Uang dingin sendiri merupakan uang yang belum akan dipakai dalam waktu dekat alias belum dialokasikan untuk suatu kebutuhan. Artinya, itu adalah harta berlebih yang dimiliki.

Adapun menggunakan uang dingin ini bertujuan supaya kamu tidak menambah risiko dari investasi. Hal itu karena kalau uang dingin berisiko hilang maka kamu tidak perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lainnya.

Pilih media platform yang resmi dan terdaftar

Selanjutnya, kamu harus memilih media platform yang resmi dan terdaftar. Dalam hal ini, PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX) adalah platform digital yang telah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Buka Akun

Berikutnya adalah buka akun dan registrasi di platform INDODAX. Di sini, kamu harus memasukkan data diri dan email pribadi. Nantinya, kamu pun akan diminta untuk memverifikasi data.

Lakukan Deposit

Jika kamu mau membeli aset kripto maka kamu terlebih dahulu perlu melakukan deposit ke rekening yang sudah ditentukan. Di sini, sesuaikan nilai deposit dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Hati-hati dalam mengambil keputusan

Penting juga digarisbawahi, kamu harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Maksudnya, saat harga aset ini turun, misalnya, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya. Pasalnya, masih tetap ada peluang untuk aset kripto itu untuk naik. Jadi, bersabarlah dan jangan tergesa-gesa menentukan sikap.

Cara membeli Bitcoin di Indodax

Adapun cara beli bitcoin di INDODAX bisa dengan mudah kamu ikuti dengan panduan sebagai berikut.

Masuk ke Menu Marketplace

Pertama, silakan masuk ke menu “Marketplace”, kemudian lihat daftar aset kripto yang dijual.

Pilih Bitcoin

Selanjutnya, silakan temukan dan pilih BTC dari menu drop-down untuk menyelesaikan proses pembelian kamu.

Pilih Metode Pembelian

Pada bagian “Jenis Pesanan”, kamu bisa memilih “Salinan Pasar” atau “Batas”. Kalau memilih “Market Instance” maka artinya kamu akan membeli BTC dengan harga terendah saat itu dan membayar biaya 0,3%. Apabila memilih “Batas”maka berarti kamu bisa memasukkan harga BTC yang diinginkan.

Konfirmasi Pembelian

Adapun pembelian diproses saat harga BTC sesuai dengan harga yang dimasukkan. Dalam hal ini, pembelian dengan pendekatan “Batas” lazimnya akan memakan waktu lebih lama ketimbang Instans Pasar. Nah, setelah memilih “Market Instance” atau “Limit”, lanjutkan dengan mengklik “Beli Bitcoin”.

Pilih Tempatkan Pesanan

Terakhir, silakan klik tombol “Pesan tempat” untuk mengkonfirmasi pembelian BTC di INDODAX.

Modal Investasi Bitcoin

Modal yang harus dikeluarkan untuk investasi BTC bagi pemula, kisaran berapa ya? Barangkali ada yang menyangka bahwa modalnya harus besar.

Padahal, Bitcoin dapat dibeli dalam satoshi alias pecahan receh, yang memiliki nilai 1 satoshi setara dengan pecahan desimal dengan 8 angka di belakang koma terhadap 1 keping BTC.

Dalam hal ini, 1 satoshi adalah 0.00000001 BTC. Bahkan, di INDODAX, bagi pemula yang ingin terjun ke dunia Bitcoin dapat dimulai dengan modal Rp10.000 saja. Hal itu karena BTC di INDODAX dapat dijual dengan pecahan desimal hingga pecahan terkecil dari Rp10.000.

Demikianlah ulasan tentang cara main bitcoin yang penting diketahui. Simak juga yuk artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal