Cara Beli Bitcoin dengan 6 Langkah Mudah
icon search
icon search

Top Performers

Cara Beli Bitcoin dengan 6 Langkah Mudah

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Cara Beli Bitcoin dengan 6 Langkah Mudah

5 Cara Beli Bitcoin

Daftar Isi

Bagaimana cara membeli Bitcoin dan di mana saja bisa membeli Bitcoin dengan aman? Hal itu nyatanya masih menjadi pertanyaan banyak orang.

Sebagaimana diketahui juga, belakangan ini aset kripto pun menjadi salah satu pilihan investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan, jumlah investor dan trader aset digital ini dilaporkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kenapa Bitcoin Banyak Dicari?

Dari sekian banyak aset kripto, Bitcoin menjadi pilihan teratas orang untuk melakukan investasi. Kenapa ya? Nah, inilah beberapa alasannya.

Persediaan Terbatas

Adapun maksimum jumlah Bitcoin adalah sebanyak 21 juta.

Sementara itu, hingga sekarang sudah ada lebih dari 18 juta koin yang sudah ditambang. Artinya, persediaannya akan segera mencapai batas.

Bitcoin menjadi bagian dari identitas si pembeli

Alasan lainnya adalah sebuah fakta bahwa para peminat Bitcoin memang punya jargonnya sendiri yang penuh dengan akronim dan frasa, misalnya saja “While” dan yang lainnya.

Dalam hal ini, diketahui bahwa Bitcoin telah menjadi bagian dari identitas si pembeli, dalam arti mereka adalah para pengguna Bitcoin.

Diterima Luas

Jika dikomparasikan dengan kripto lain, Bitcoin memang masih menjadi koin yang paling banyak diterima dan sangat populer secara global.

Sudah banyak dijadikan sebagai alat pembayaran

Hingga saat ini, Bitcoin memang sudah banyak dijadikan sebagai alat pembayaran, terutama dalam hal transaksi jual beli online di sejumlah e-commerce, misalnya di Amazon dan eBay.

Bahkan, di sejumlah negara, BTC sudah menjadi alat pembayaran yang sah.

Likuiditas Tinggi

Alasan lainnya adalah tingginya likuiditas di dunia perdagangan aset kripto, khususnya Bitcoin. Ringkasnya, jual beli crypto sebetulnya sangatlah mudah.

Potensi Pengembalian Besar

Adapun potensi pengembalian pasar atau kemungkinan menghasilkan keuntungan juga menjadi alasan di balik minat banyak orang berinvestasi Bitcoin.

Meski trading dengan aset ini bisa disebut baru, tetapi potensi pengembaliannya jauh lebih tinggi ketimbang return pada investasi tradisional, misalnya saham.

Tidak Ada Mediator

Tidak ada mediator dalam transaksi Bitcoin dan ini juga alasan lainnya. Pasalnya, tingkat kemandirian dimungkinkan dengan BTC.

Dalam arti, saat kamu menyimpan dana di bank, misalnya, kamu akan bergantung pada organisasi itu sendiri. Hal itu berbeda dengan Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Masa Depan Crypto yang Cerah

Masa depan crypto, termasuk Bitcoin, dinilai akan cerah. Pasalnya, crypto merupakan alternatif yang lebih aman dan lebih menjanjikan untuk jenis investasi lain, bahkan sekalipun aset ini dipandang sangat tidak stabil dari waktu ke waktu.

Hal itu karena jika memilih aset Bitcoin, misalnya, dana milikmu tidak akan ke mana-mana dan punya kamu seutuhnya, lain dari jenis investasi lainnya.

Jual Beli Bitcoin di Indodax

Selain dengan mining, kamu juga bisa membeli bitcoin di Indodax. Adapun Indodax adalah Indonesia crypto exchange pertama asli Indonesia. Di Indodax, kamu bisa membeli BTC dengan aman.

Indodax merupakan platform jual beli dengan harga terjangkau. Di sini, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari jual beli Bitcoin tanpa harus takut memulai.

Di samping itu, transaksi di Indodax berlangsung 24/7 atau 24 jam nonstop seminggu penuh serta bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Indodax pun sangat mudah untuk digunakan sehingga transaksi bisa berlangsung lebih gampang dan aman lewat website atau aplikasi dalam satu genggaman.

Selain itu, jual beli Bitcoin di Indodax juga aman terlindungi sebab platform ini telah terdaftar dan diawasi langsung oleh BAPPEBTI dan Kemkominfo.

Cara Membeli Bitcoin di Indodax

Di bawah ini adalah cara membeli bitcoin di Indodax yang penting untuk diketahui.

1. Pelajari Bitcoin Terlebih Dahulu

Pertama, kamu tentu harus mempelajari seluk-beluk Bitcoin terlebih dahulu, mulai dari definisi hingga cara kerjanya sebelum membeli aset kripto tertua ini.

Pasalnya, penting untuk mengetahui lebih dalam tentang sebuah aset sebelum mulai berinvestasi.

2. Pilih Broker Kripto

Selanjutnya, silakan pilih broker kripto tempat kamu membeli aset digital ini, yakni Bitcoin.

3. Verifikasi Akun

Nah, jika ingin trading Bitcoin maka akun kamu mesti diverifikasi terlebih dahulu sebagai bagian dari Know Your Customer (KYC).

Di sini, kamu akan mengisi data diri, mengunggah foto KTP/paspor, mengambil foto selfie, dan juga memverifikasi alamat.

4. Tentukan Metode Pembayaran

Berikutnya adalah silakan kamu tentukan metode pembayaran yang kamu inginkan, misalnya via transfer bank atau melalui kartu kredit. 

5. Beli Bitcoin

Tahapan berikutnya adalah membeli Bitcoin. Sebagai informasi saja, saat ini memang menjadi waktu yang tepat untuk membeli BTC sebagai aset investasi.

6. Kirim ke Dompet Bitcoin Pribadi

Kalau kamu sudah melakukan pembelian maka selanjutnya kamu harus punya tempat untuk menyimpannya, yaitu wallet alias dompet.

Nantinya, kamu bisa mengirim aset tersebut ke dompet Bitcoin pribadi yang sudah kamu miliki.

Berapa Minimal Membeli Bitcoin?

Berapa ya minimal bisa membeli Bitcoin? dalam pembelian bitcoin umumnya, bisa dilakukan hingga delapan angka di depan koma, atau bisa dikatakan, 0,00000001 BTC adalah angka terkecil bagi kamu yang berminat membeli bitcoin.

Namun pada dasarnya, harga beli Bitcoin di setiap exchange akan beragam. Pasalnya, terdapat biaya-biaya, mulai dari komisi exchange, spread, biaya pertukaran, hingga biaya transfer satu kali.

Namun, lazimnya, harga Bitcoin antara 0,5 dan 4% dari jumlah yang diperdagangkan.

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Bitcoin?

Terkait waktu yang tepat untuk beli Bitcoin, berikut ini ada beberapa teori yang perlu kamu ketahui.

  1. Pantau Indeks Harga Bitcoin

Dalam hal ini, kamu dapat mengecek harga terendah dalam seminggu, sebulan, dan setahun untuk membimbingmu menetapkan harga terendah.

  1. Harga Cenderung Turun di Hari Senin

Selama akhir pekan, permintaan Bitcoin biasanya akan melambat.  Kemudian, ia cenderung turun saat tiba hari Senin.

Meski demikian, harganya pun akan kembali meroket pada hari Jumat dan Sabtu. Nah, kamu bisa membeli Bitcoin ini ketika harganya sedang rendah dan diakumulasikan.

  1. Hindari Membeli selama Hari Gajian

Selama hari gajian, lazimnya terjadi di akhir atau awal bulan, sebaiknya dihindari ya untuk membeli Bitcoin.

Pasalnya, ketika orang punya lebih banyak uang untuk membeli BTC, permintaan akan aset ini pun meningkat sejalan dengan harganya.

  1. Manfaatkan Fitur Kalkulator Bitcoin

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur kalkulator Bitcoin untuk menghitung keuntungan dan kerugian asetmu.

Fitur yang satu ini akan membantu kamu untuk memantau kinerja investasi Bitcoin dari waktu ke waktu.

  1. Beli Kapan Saja ketika Ada Uang

Sebaiknya juga, kamu membeli Bitcoin kapan saja ketika ada uang. Hal itu karena kebanyakan investor percaya bahwa harga aset ini akan terus naik untuk jangka waktu panjang.

Demikianlah ulasan tentang cara membeli bitcoin yang penting diketahui.

Yuk, simak artikel seputar aset kripto, blockchain, dan lainnya hanya di Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal