Difficulty Rate
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster web difficulty rate e1573616666132

Dalam blockchain berbasis proof-of-Work (seperti Bitcoin), blok baru ditambahkan ke rantai melalui penambangan, yang melibatkan pemecahan teka-teki kriptografi.

Blockchain Bitcoin dirancang untuk memiliki blok baru yang ditambahkan kira-kira setiap 10 menit. Namun, seperti yang diprediksi oleh Whitepaper Bitcoin, kecepatan pemecahan teka-teki kriptografi akan menurun seiring waktu karena kemajuan perangkat keras yang digunakan.

Untuk mengimbangi peningkatan kecepatan perangkat keras, teka-teki kriptografi dibuat lebih sulit. Kesulitan ini terus direvisi, dengan tujuan menargetkan jumlah blok tertentu yang ditambang per jam.

Tingkat Kesulitan atau Difficulty Rate adalah angka yang menentukan seberapa sulit untuk melakukan hash pada sebuah blok. Tingkat kesulitan bervariasi berdasarkan jumlah daya komputasi yang digunakan oleh penambang di jaringan Bitcoin. Jika sejumlah besar penambang meninggalkan jaringan, kesulitannya akan berkurang. Namun dengan semakin populernya Bitcoin dan semakin banyaknya penambang maka tingkat kesulitannya (Difficulty) juga semakin meningkat dan semakin sulitnya para penambang harus hash sehingga persaingan dalam menambang Bitcoin semakin ketat.

Peningkatan kesulitan (Difficulty) pada blockchain Bitcoin sangat mengejutkan. Ketika pencipta BTC, Satoshi Nakamoto, menambang blok genesis, mereka mungkin melakukannya di komputer desktop biasa. Pada titik ini, kesulitan (Difficulty) atau Difficulty Rate diukur senilai 1. Pada saat ini, kesulitan Bitcoin sekarang sekitar 20 triliun.

Penambang Bitcoin yang sukses dihargai dengan koin baru. Namun, Bitcoin dirancang dengan batasan atas jumlah blok yang ditambang. Ketika level ini tercapai, tidak ada koin baru yang akan dibuat — tetapi kekuatan penambangan (atau kekuatan hash) akan tetap diperlukan untuk melanjutkan operasi jaringan. Untuk mendorong ini, hadiah untuk penambangan akan berubah; alih-alih diberikan koin, penambang yang berhasil akan menerima bagian dari biaya yang terkait dengan bertransaksi di jaringan.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!