Koleksi Kartu Pokemon Termahal di Masa Depan
icon search
icon search

Top Performers

Kartu Pokemon Termahal: Perkembangan dan Masa Depan NFT Kartu Koleksi Ini

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Kartu Pokemon Termahal: Perkembangan dan Masa Depan NFT Kartu Koleksi Ini

Koleksi Kartu Pokemon Termahal di Masa Depan

Daftar Isi

Koleksi kartu Pokemon—termasuk juga kartu Pokemon termahal yang pernah terjual—pada mulanya dilakukan secara konvensional. Dalam arti, kegiatan mengumpulkan kartu seri video game yang dipublikasikan oleh Nintendo ini awalnya memang benar-benar sebuah hobi menyimpan kartu fisik Pokemon.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi yang melesat maju, kini kartu Pokemon tidak lagi hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga mulai beralih menjadi koleksi digital. Tentu saja, hal itu tidak terlepas dari pengadopsian NFT alias Non-Fungible Token yang ikut merambah ke sektor game dan sejenisnya.

Sebelumnya, hype NFT diketahui juga mulai menyasar bidang seni, teknologi, dan budaya pop. Misalnya saja pengadopsian NFT pada karya seni lukisan, mural, dan lain-lain.

Adapun kali ini, kita akan membahas perkembangan NFT di kartu koleksi ini hingga kartu termahal yang pernah terjual.

Kartu Pokemon Termahal: Perkembangan NFT di Kartu Koleksi Pokemon

Lantas, bagaimana perkembangan NFT di kartu koleksi Pokemon ini terjadi?

Hal itu tentu saja tidak begitu saja terjadi sebab terdapat transformasi di dalam perkembangannya hingga saat ini. Seperti diuraikan di atas, sebelum menjadi aset digital seperti sekarang, kartu koleksi Pokemon pada mulanya adalah koleksi kartu fisik semata.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, transformasi pun terjadi: kini, kartu Pokemon telah dikoleksi sebagai aset digital berbentuk NFT. Hal ini pun terjadi seiring dengan tingginya minat untuk mengoleksi kartu Pokemon.

Kartu koleksi Pokemon yang kemudian menjadi Trading Card Game (TGC) ini juga mengalami peningkatan transaksi di eBay—sebuah platform jual beli. Menurut data yang ada, pada tahun 2020 lalu, tingkat jual beli alias trading kartu ini melonjak hingga 142%, yang berarti bahwa ada 4 juta lebih kartu koleksi yang terjual di situ.

Di samping itu, kartu Pokemon ini juga merupakan TGC yang paling laku. Peningkatannya berada selangkah di depan kartu koleksi basket dan bisbol, dengan persentase kenaikan mencapai 574%.

Di lain sisi, dengan kian ramainya industri sekaligus ekosistem blockchain saat ini, koleksi kartu Pokemon sebagai NFT juga semakin diminati. Pasalnya, keamanan yang ditawarkan oleh teknologi blockchain dan keotentikan NFT dianggap sebagai kombinasi yang pas bagi para kolektor untuk mulai mengoleksi aset digital mereka ini, termasuk dengan adanya sertifikat dan nomor seri unik pada masing-masing NFT.

Hingga saat ini, setidaknya ada tiga kartu Pokemon paling mahal yang pernah terjual. Pada posisi pertama ada kartu Blastoise yang langka. Seorang kolektor diketahui membayar kartu itu seharga $360.000. Adapun pada saat yang hampir bersamaan, sekotak kartu edisi pertama yang disegel dijual seharga $408.000.

Di posisi kedua adalah First-Edition Shadowless Charizard Holo yang dibeli oleh seorang kolektor seharga $311.800. Harga yang tinggi diberikan kepada kartu ini karena koleksi yang satu ini punya hologram yang bisa bersinar dan berkilau. Hanya tersedia dalam jumlah yang lebih sedikit ketimbang kartu lainnya, First-Edition Shadowless Charizard Holo ini juga dipandang istimewa sebab ia adalah cetakan pertama yang tidak memiliki bayangan.

Ketiga, ada kartu No. 2 Trainer Promo Card yang dihargai sangat tinggi. Kartu koleksi Pokemon ini menjadi salah satu kartu pokemon yang lumayan langka. Di sisi lain, harga yang dipatok untuk seri Gold Card-nya dapat mencapai $200.000.

Terakhir, ada kartu #4 Kangaskhan – Parent/Child Promo Card dengan harga $133.000. Ini adalah satu di antara sekian kartu paling bergengsi di dunia dan diperebutkan oleh banyak orang.

Di sisi lain, juga ada kartu pokemon lainnya datang juga dari koleksi yang sudah diubah ke bentuk NFT. Misalnya, koleksi dari Logan Paul. Adapun bintang Youtube itu diketahui sukses meraup uang mencapai $504.990 dari total penjualan koleksi bergambar dirinya tersebut.

Masa Depan Kartu Perdagangan NFT—Kartu Pokemon Termahal

Di luar segala minta yang hadir terhadapnya, bagaimana masa depan kartu NFT itu sendiri?

Kini, komunitas kartu perdagangan telah melihat lonjakan pertumbuhan yang nyata di depan mata. Setidaknya, hal itu terjadi sejak pembuatan kartu koleksi Pokemon—yang langsung memicu hype baru dalam ekosistem NFT saat ini.

Para kolektor baru pun saat ini mulai berusaha keras untuk memperoleh kartu langka dan bernilai tinggi. Harapannya, jelas saja, adalah untuk bisa menguangkan hobi mereka itu sebagai investasi. Pada dasarnya, tren ini memang telah menyeret dua jenis pelaku di dalamnya, yakni penghobi dan investor.

Di lain sisi, keunikan NFT sebagai aset digital juga membuat para investor dan penghobi beramai-ramai memburu kartu koleksi yang dianggap langka tersebut. Dengan kepemilikan yang jelas—memiliki sertifikat dan nomor seri unik—, tidak mengherankan kemudian jika koleksi kartu Pokemon termahal maupun langka ini bakal terus dicari dan diperjualbelikan dalam komunitasnya yang juga terus tumbuh.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal