Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?
icon search
icon search

Top Performers

Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?

Thumbnail IA OCP Kenapa TERRA meluncurkan LUNA CLASSIC 936x530 Image Article Indodax Academy

Daftar Isi

Kamu masih bingung dengan apa yang terjadi pada token LUNA waktu itu? Atau bahkan kamu masih belum tahu apa itu LUNA?

LUNA merupakan token asli dari blockchain Terra , mirip dengan bagaimana Ether digunakan pada jaringan Ethereum. TerraUSD atau yang juga dikenal sebagai ust dan luna adalah dua token yang ada di jaringan yang sama.

Terra adalah jaringan blockchain  yang menghasilkan token LUNA, mirip dengan Ethereum atau Bitcoin. Jaringan ini dibuat di tahun 2018, oleh Do Kwon dan Daniel Shin dari Terraform Labs.

Terraform Labs membuat token UST menjadi stablecoin algoritmik di jaringan Terra. Jika stablecoin lainnya seperti USDT atau Tether didukung oleh mata uang fiat. Uniknya, UST ini gak didukung oleh mata uang ril, nilai UST ini didukung oleh token yang berada di satu jaringan dengannya yaitu LUNA.

Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dengan LUNA kemarin?

Peristiwa yang terjadi pada LUNA disebabkan karena terkoneksi dengan UST, stablecoin algoritmik dari jaringan Terra.

Pada 7 mei tahun ini, UST memiliki nilai lebih dari $2 miliar yang tidak dilepas dari anchor protocol, dan ratusan juta di antaranya dengan cepat terlikuidasi. Hal ini menimbulkan perdebatan, apakah hal ini terjadi akibat respon terhadap kenaikan suku bunga, atau apakah ini serangan berbahaya terhadap blockchain Terra.

Kemudian, aksi jual besar-besaran yang terjadi menurunkan harga UST dari $1 menjadi $0,91. Akibatnya, trader dan investor mulai mengubah UST yang senilai 90 sen menjadi $1 LUNA.

Setelah sejumlah UST diturunkan, stablecoin juga mulai turun. Dalam situasi panik, orang-orang menjual UST yang menyebabkan pencetakan LUNA lebih banyak dan peningkatan pasokan LUNA yang beredar secara masif. Semenjak crash ini, banyak bursa kripto yang mulai menghapus pair Luna dan UST. kemudian, Luna pun ditinggalkan karena menjadi tidak berharga, dan di sini lah kehancuran Luna.

Peristiwa itu pun berimbas ke seluruh pasar kripto yang sudah sangat fluktuatif dan mengalami kesulitan. Bitcoin menjadi salah satu yang terkena imbas dari peristiwa LUNA, harganya menjadi turun dan mengalami kerugian hingga $300 miliar di pasar kripto .

Lalu, gimana dengan pendiri kripto LUNA?

Pasca peristiwa LUNA, Do Kwon, membuat rencana untuk memulihkan LUNA, dan hal-hal yang terlihat menjanjikan untuk waktu yang singkat di bulan mei. Terra akhirnya meluncurkan token baru, yaitu LUNA 2.0.

Beberapa hari setelah UST dan LUNA crash, Do Kwon berbagi rencana untuk menghidupkan kembali ekosistem Terra. Sebuah fork proposal yang dibuka untuk komunitas Terra.

Dalam proposal yang bernama “kelahiran kembali”, menjelaskan beberapa perubahan, seperti blockchain layer-one Terra baru tanpa stablecoin algoritmik UST, nama LUNA lama berubah menjadi LUNA Classic , dan UST lama menjadi UST Classic, proposal ini pun pada akhirnya disahkan.

Setelah 4 bulan peristiwa itu, tepatnya di 15 september 2022, pengadilan Korea Selatan mengeluarkan surat perintah untuk menangkap Do Kwon, karena kerugian besar yang dialami investor.

Terlepas dari upaya pemulihannya yang sudah berjalan baik , LUNA Classic tetap menjadi cangkang dari dirinya yang dulu.

Nah, gimana? Kamu sudah mengerti kan dengan apa yang terjadi dengan LUNA dan bagaimana LUNA Classic bisa ada? Ikuti terus Indodax Academy untuk informasi menarik lainnya ya!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal