Koin
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Koin adalah jenis aset kripto yang langsung berjalan di atas sistem blockchain-nya itu. Misalnya, BTC yang beroperasi dan berfungsi pada blockchain Bitcoin atau ETH yang beroperasi dan berfungsi pada blockchain ethereum

Transaksi koin dapat dilakukan dari satu orang ke orang lain. Namun, seperti karakteristik crypto pada umumnya, tidak ada koin fisik yang bergerak saat kita mengirim dan menerimanya. Semua “koin” ada sebagai data pada database global. Basis data ini terdapat di blockchain yang dapat melacak semua transaksi dan diperiksa serta diverifikasi oleh komputer di seluruh dunia.

Lalu, apa bedanya dengan token? Token adalah jenis aset kripto yang menggunakan jaringan yang sudah ada pada sistem blockchain. Dengan kata lain, token itu menumpang pada jaringan yang sudah ada dan terpercaya di sistem blockchain.

Adapun contoh standar token yang paling terkenal dari jaringan ethereum adalah ERC-twenty. ERC merupakan singkatan dari ethereum request for comment, dan angka dua puluh pada ERC-twenty berperan sebagai identitas dari proposal tersebut.

Ada banyak token yang menumpang pada jaringan ethereum dan menggunakan standar ERC-twenty, beberapa diantaranya adalah LINK, MANA, dan SAND.

Tidak hanya itu, seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, Binance Smart Chain juga mengeluarkan jaringan BEP-twenty yang juga sering digunakan sebagai standar token. Jaringan BEP-twenty ini juga digunakan oleh banyak token. Contohnya SHIB, CAKE, BAKE.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!