Konfirmasi
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax acdemy glossary poster web konfirmasi e1579596071462

Konfirmasi pada dasarnya adalah verifikasi atau bukti akhir dari sesuatu. Ini adalah sesuatu yang pada dasarnya memberikan bukti bahwa sesuatu itu memang benar. Anggap ini seperti ketika kamu menerima konfirmasi bahwa perjalanan paket kamu akan tiba tepat waktu, atau bahwa kamu mengetahui bahwa sesuatu yang kamu pikir mungkin telah terjadi, ternyata benar-benar terjadi.

Dalam dunia kripto seperti bitcoin, transaksi Bitcoin dikonfirmasi ketika digabungkan dalam satu blok dengan transaksi lain dan ditambahkan ke blockchain. biasanya terjadi dalam beberapa detik dan dikonfirmasi dalam 10 menit berikutnya. dan setiap blok baru ditambahkan setelahnya berarti jaminan yang lebih besar dari transaksi yang tidak dapat diubah. Untuk transaksi bernilai sangat besar, biasanya dibutuhkan enam konfirmasi, yang dapat memakan waktu satu jam. Untuk transaksi jutaan dolar, lusinan konfirmasi mungkin diperlukan. Namun, untuk membeli barang murah atau mengirim sejumlah kecil koin kepada seseorang, seringkali tidak diperlukan.

Selama transaksi belum dikonfirmasi, sebuah transaksi yang dianggap otentik tetap dapat dibatalkan. Pengguna yang tidak jujur bisa berusaha curang di saat-saat ini. Proses ini dapat dipercepat dengan cara menambah miner fee ketika mengirimkan Bitcoin. Semakin banyak konfirmasi yang didapatkan oleh suatu transaksi, maka semakin kecil pula risiko pembatalan transaksi. Proses ini dilakukan oleh parah miners yang tersebar di seluruh dunia.

Setiap trader, serta exchange, harus memutuskan berapa banyak konfirmasi yang mereka butuhkan untuk setiap koin. Tidak ada jumlah yang ditentukan dalam hal ini, dan jumlah ini yang harus 100% aman meningkat seiring waktu.

Ingatlah bahwa transaksi yang belum dikonfirmasi adalah transaksi yang menunggu untuk ditambahkan ke blockchain oleh para miners. Setiap blok kemudian ditambahkan setelah blok awal itu dan menghasilkan satu konfirmasi. Artinya jika satu konfirmasi membutuhkan waktu 10 menit, enam bisa memakan waktu satu jam, dan seterusnya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!