Proof-of-Work (PoW)
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Proof-of-Work (PoW)

indodax indodax acdemy glossary poster web proof of work e1579510244738

Proof-of-Work (PoW) adalah metode yang digunakan untuk mining Bitcoin. Seperti namanya, metode ini membutuhkan upaya seperti pemrosesan data dan decoding untuk menambang sebuah Blok. PoW meminta pengguna untuk berulang kali menjalankan algoritma hashing untuk memvalidasi transaksi Bitcoin yang terjadi. Agar suatu Blok dapat diterima oleh semua peserta yang tergabung dalam jaringan, para mining harus berhasil memecahkan kode data yang muncul dari semua data yang terdapat di dalam Blok tersebut.

Bagaimana cara kerja PoW?

Proof of Work mengharuskan mining (pengguna yang membuat blok) menggunakan beberapa sumber daya mereka sendiri untuk hak istimewa. Sumber daya itu adalah daya komputasi, yang digunakan untuk meng-hash data blok sampai solusi teka-teki ditemukan.

Hashing data blok berarti kita meneruskannya melalui fungsi hashing untuk menghasilkan hash blok. Hash blok berfungsi seperti “sidik jari” ini adalah identitas untuk data input Anda dan unik untuk setiap blok.

Hampir tidak mungkin untuk membalikkan hash blok untuk mendapatkan data input. Kita hanya perlu mengirimkan input melalui fungsi dan memeriksa apakah outputnya sama.

Dalam Proof of Work, kita harus memberikan data yang hashnya sesuai dengan kondisi tertentu. Tapi kita tidak tahu bagaimana menuju ke sana. Satu-satunya pilihan kita adalah meneruskan data melalui fungsi hash dan memeriksa apakah itu cocok dengan kondisi. Jika tidak, kita harus sedikit mengubah data untuk mendapatkan hash yang berbeda. Mengubah bahkan satu karakter dalam data akan menghasilkan hasil yang sama sekali berbeda, jadi tidak ada cara untuk memprediksi seperti apa keluarannya.

Akibatnya, jika ingin membuat blok, kita memainkan permainan tebak-tebakan. Kita biasanya mengambil informasi tentang semua transaksi yang ingin di tambahkan dan beberapa data penting lainnya, lalu menggabungkan semuanya. Tetapi karena kumpulan data tidak akan berubah, kita perlu menambahkan informasi yang bersifat variabel. Jika tidak, kita akan selalu mendapatkan hash yang sama dengan output. Data variabel inilah yang kita sebut nonce. Ini adalah angka yang akan di ubah setiap kali mencoba, jadi kita akan mendapatkan hash yang berbeda setiap saat. Dan inilah yang di sebut mining.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!