Magic Eden Vs OpenSea: Persaingan untuk Pasar NFT
icon search
icon search

Top Performers

Magic Eden: Platform NFT Baru & Perbedaannya Vs OpenSea

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Magic Eden: Platform NFT Baru & Perbedaannya Vs OpenSea

Magic Eden: Platform NFT Baru & Perbedaannya Vs OpenSea

Daftar Isi

Volume transaksi NFT mencapai Rp375 triliun di tahun 2021. Pada tahun tersebut, jagad dunia maya juga sempat dihebohkan dengan kemunculan NFT “Ghozali Everyday” dan berbagai NFT yang terjual dengan harga fantastis. Di dunia investasi digital yang berkembang pesat, pertumbuhan pasar Non-Fungible Token membawa perubahan signifikan dalam industri seni digital dan barang koleksi. 

 

Meningkatnya permintaan di seluruh dunia menunjukkan perubahan dalam preferensi konsumen terhadap media seni inovatif yang menggabungkan teknologi dan kreativitas. NFT menjadi aset digital unik yang disimpan pada blockchain. Teknologi blockchain ini telah membuka kemungkinan baru bagi seniman untuk memamerkan dan menjual karyanya langsung ke khalayak global tanpa memerlukan perantara.

 

Berdasarkan data dari Research and Market, pasar token non-fungible global diperkirakan akan mencapai 211,72 miliar USD pada tahun 2030, dengan Compounded Annual Growth Rate sebesar 34,2% dari tahun 2023. Meningkatnya permintaan akan seni digital dan penggunaan kripto secara global menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar. Salah satu platform terkemuka di bidang ini adalah Magic Eden marketplace, pasar NFT yang telah mendapatkan daya tarik di kalangan seniman dan kolektor. 

 

Apa Itu Magic Eden?

Dengan latar belakang konsultasi manajemen crypto, internet konsumen, dan DeFi, pada bulan September 2021, Sidney Zhang (Uber Eats), bersama dengan Jack Lu (FTX) , Zhuoxun Yindan (Coinbase), dan Zhuojie Zhou (Facebook), bersatu dalam visi untuk mendirikan Magic Eden, sebuah marketplace NFT.

 

Didirikan oleh tim wirausaha visioner di atas teknologi blockchain Solana, Magic Eden bertujuan untuk merevolusi pengguna dalam menikmati lingkungan digital menjadi metaverse yang imersif, tempat pengguna dapat menjelajahi dan berinteraksi dengan berbagai lanskap, karakter, dan pengalaman virtual. Platform ini menawarkan berbagai aktivitas, seperti bermain game, bersosialisasi, berbelanja, dan bahkan membuat konten yang dipersonalisasi. Hal tersebut menjadi daya tarik yang membedakan Magic Eden dari dunia virtual lainnya, tidak seperti platform tradisional di mana pengguna memiliki kendali terbatas atas aset digital mereka.

 

Magic Eden memanfaatkan teknologi blockchain untuk memastikan kepemilikan sebenarnya dan kelangkaan barang virtual. Pengguna dapat membeli, menjual, atau bahkan membuat aset digital unik di dalam platform. Magic Eden bukan sekadar dunia virtual, melainkan sebuah platform inovatif yang memberdayakan pengguna dengan kepemilikan sejati dan ekspresi kreatif. Para pendirinya telah membuka jalan bagi perpaduan inovatif antara teknologi dan imajinasi yang menjanjikan kemungkinan-kemungkinan menarik untuk masa depan dengan pengalaman yang mendalam.

 

Marketplace Magic Eden berintegrasi dengan platform populer lainnya, seperti OpenSea, sehingga semakin memperluas jangkauan kreasi seniman menjadikan dampak positif pasar NFT lebih dari sekadar seni digital. Barang koleksi dari berbagai industri, seperti memorabilia olahraga, real estate virtual, album musik, dan bahkan fashion virtual telah menemukan tempatnya di pasar yang sedang popular ini. Digitalisasi aset dikombinasikan dengan diversifikasi teknologi blockchain untuk membuka peluang tanpa batas bagi para pencipta ini sekaligus memberikan cara baru kepada kolektor untuk terlibat dengan seni dan barang koleksi.

 

Apa Kegunaan Magic Eden? 

 

Magic Eden: Platform NFT Baru & Perbedaannya Vs OpenSea

 

Karena dibangun di atas blockchain Solana, kegunaan Magic Eden berperan sebagai tempat bagi para kolektor dan pencipta NFT untuk berinteraksi, menukar, dan menjelajahi karya-karya digital yang unik di ekosistem blockchain Solana.

 

Magic Eden menyediakan tempat bagi pengguna untuk memperdagangkan, membeli, dan menjual NFT secara bebas setelah NFT mereka disetujui dan terdaftar di marketplace. Pengguna yang ingin menjual NFT di Magic Eden harus mendaftarkan NFT tersebut terlebih dahulu. Setelah disetujui, NFT tersebut dapat dijual di pasar.

 

Magic Eden memiliki halaman koleksi populer yang memungkinkan pengguna melihat desain mana yang sedang populer dan diminati oleh komunitas, membantu mereka menemukan NFT yang sedang tren. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan filter atribut untuk menyaring NFT berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga mempermudah pencarian desain yang diinginkan. Platform ini menyediakan halaman statistik komprehensif yang mencakup informasi, seperti total tawaran NFT, persentase volume, harga, dan nilai minimum. Hal ini membantu pengguna melakukan penelitian yang lebih baik dan membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi.

 

Apa Saja Fitur Magic Eden? 

Magic Eden menyediakan fitur untuk melampirkan banyak gambar atau GIF ke satu NFT. Hal ini meningkatkan nilai keseluruhan dan presentasi koleksi NFT dari para kolektor. Salah satu fitur penting dari Magic Eden adalah dukungannya untuk koleksi NFT yang diterbitkan di berbagai blockchain, termasuk Solana, Ethereum, dan Polygon. Pengguna dapat menjelajahi dan terlibat dengan beragam proyek dan koleksi NFT dari ekosistem blockchain yang berbeda. Magic Eden NFT menampilkan beragam koleksi unik, seperti DeGods, Solana Monkey Business, Crypto Kitties, dan masih banyak lagi. Koleksi-koleksi ini menawarkan aset digital dengan ciri dan atribut khas yang membuatnya diminati para kolektor. 

 

Platform Magic Eden berkomitmen untuk menyederhanakan proses pembelian dan penciptaan NFT. Keberadaan fitur seperti Launchpad, dukungan komunitas, dan biaya yang terjangkau berperan dalam mendorong kemajuan platform ini. Dengan fitur yang ada, pengguna dimudahkan untuk melakukan penawaran atau penjualan dengan mencantumkan NFT dan membuat penawaran di Magic Eden tanpa dipungut biaya. Magic Eden hanya mengenakan biaya 2% pada setiap transaksi, yang lebih rendah dibandingkan dengan platform sejenis.

 

Platform ini menyediakan fitur Launchpad, yang berguna untuk memberikan dukungan kepada pencipta aset digital dalam proses penciptaan NFT. Hal ini dikarenakan Magic Eden secara aktif memperhatikan kritik dan saran dari pengguna, menunjukkan bahwa platform ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya dengan mempertimbangkan kebutuhan komunitas. Platform ini juga menawarkan penyimpanan aman untuk NFT yang diperoleh dalam dompet digital pengguna. Selain jual beli NFT, Magic Eden juga memfasilitasi keterlibatan komunitas dengan mengadakan acara, seperti galeri virtual atau pameran, di mana seniman dapat memamerkan karyanya. Hal ini menciptakan peluang bagi kreator untuk mendapatkan pengakuan dan terhubung dengan calon pembeli atau pendukung. 

 

Bagaimana Cara Kerja Magic Eden? 

Sebelum membuat keputusan untuk menjadi pengguna marketplace Magic Eden, ada baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana platform ini bekerja.

 

Produk utama dari Magic Eden adalah platform pasar sekundernya. Untuk memasukkan NFT ke dalam Magic Eden marketplace, proyek atau pengguna perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah mendapatkan persetujuan, NFT tersebut dapat diperdagangkan atau dibeli, dan dijual secara bebas.

 

Pasar ini dilengkapi dengan sejumlah fitur dan manfaat khusus yang memberikan nilai tambah kepada pengguna. Halaman koleksi populer yang menampilkan desain yang sedang tren, memungkinkan pengguna menemukan NFT yang tren. Filter atribut yang memungkinkan pengguna dengan cepat menyaring NFT berdasarkan karakteristik tertentu dan menemukan desain yang diinginkan. Halaman statistik komprehensif yang menampilkan informasi mengenai setiap tawaran total NFT, persentase volume, harga, dan nilai minimum. Hal ini memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan penelitian yang lebih baik dan membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Magic Eden 

Tidak lengkap rasanya jika bicara kabar blockchain terkini, tapi tidak membahas secara singkat kelebihan dan kekurangan dari teknologi tersebut. Berikut adalah kelebihan Magic Eden:

 

  • Biaya transaksi yang rendah: Magic Eden mengenakan biaya transaksi sebesar 2% untuk setiap penjualan, lebih rendah daripada biaya transaksi yang dikenakan OpenSea (2,5%).
  • Platform yang cepat: Solana adalah blockchain yang lebih cepat dan lebih andal daripada Ethereum, sehingga Magic Eden menawarkan pengalaman pengguna yang lebih efisien.
  • Fitur-fitur yang inovatif: Magic Eden menawarkan berbagai fitur yang inovatif, seperti fitur “trending” dan fitur “hot sales”.

 

Sementara itu, berikut adalah kekurangan Magic Eden:

 

  • Koleksi yang masih terbatas: Magic Eden masih memiliki koleksi NFT yang lebih terbatas daripada pasar NFT lainnya, seperti OpenSea.
  • Kurangnya kuantitas kurator: Magic Eden masih memiliki kurator yang kurang daripada pasar NFT lainnya, seperti OpenSea.

 

Bagaimana Cara Mendaftar Magic Eden untuk Kreator?

 

Magic Eden: Platform NFT Baru & Perbedaannya Vs OpenSea

 

Saat kamu sudah mengetahui arti dan manfaat Magic Eden, tentu timbul rasa ketertarikan, bukan? Mungkin, ini adalah pertanda untuk kamu mencoba menunjukkan hasil karyamu di pasar NFT. Yuk, simak cara lengkap untuk mendaftar sebagai kreator di Magic Eden berikut!

 

1. Buat akun Magic Eden

Seperti pembuatan media sosial pada umumnya, tentu yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat akun. Untuk membuat akun Magic Eden, kunjungi situs magiceden.io, lalu klik “Daftar”. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email, kata sandi hingga nama pengguna, hingga menerima email konfirmasi. Kemudian, klik tautan dalam email untuk verifikasi.

 

2. Lengkapi Profil

Jika sudah membuat akun, selanjutnya lengkapi profil akun Magic Eden yang baru dibuat, seperti foto profil, biografi, dan tautan ke situs web atau media sosial.

 

3. Hubungkan Dompet Digital Solana

Selanjutnya, kamu harus menghubungkan dompet Solana dengan akun Magic Eden yang dimiliki agar dapat melakukan penjualan NFT. Kamu bisa klik tombol “Wallet” atau dompet di header situs, lalu pilih dompet yang dimiliki dari daftar.

 

4. Buat karya NFT

Untuk membuat NFT pada Magic Eden, klik tombol “Buat” pada header situs web.  Lalu, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi, seperti nama NFT, deskripsi, hingga gambar dengan kualitas HD. Kamu juga wajib memilih apakah NFT ini bersifat publik atau pribadi.

 

5. Minting NFT

Jika semua proses registrasi sudah selesai, selanjutnya kamu dapat melakukan minting, yakni proses menciptakan NFT pada blockchain Solana, untuk selanjutnya ditransaksikan di platform Magic Eden.

 

6. Promosi di media sosial lainnya

Setelah menyelesaikan langkah registrasi dari awal hingga akhir, artinya kamu telah terdaftar sebagai pembuat konten (kreator) di platform Magic Eden dan kamu bisa mulai menjual karya NFT. Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi akun Magic Eden yang dimiliki pada platform media sosial yang dimiliki lainnya, agar khalayak umum mengetahui minat, dan tujuanmu ya!

 

Perbedaan Magic Eden vs OpenSea

Ibarat kegiatan transaksi di dunia nyata, Magic Eden dan Open Sea ini semacam pasar sebagai tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dalam satu tempat. Bicara pasar terbesar NFT, saat ini kedudukan teratas masih ditempati oleh Magic Eden & OpenSea, di mana kedua platform ini memberikan berbagai fitur dan layanan yang serupa, tapi tak sama. Mulai dari koleksi, biaya, koleksi sampai dengan fitur, berikut adalah beberapa perbedaan antara platform Magic Eden vs OpenSea:

 

  • Platform

Magic Eden adalah pasar NFT yang berbasis pada blockchain Solana, sementara OpenSea adalah pasar NFT yang berbasis pada blockchain Ethereum.

 

  • Biaya

Salah satu faktor yang cukup menarik untuk dibahas adalah hal yang berkaitan dengan uang yang dikeluarkan, yakni soal biaya. Magic Eden mengenakan biaya transaksi sebesar 2% untuk setiap penjualan, sedangkan OpenSea mengenakan biaya transaksi sebesar 2,5%. Hal ini dikarenakan Solana adalah blockchain yang lebih cepat & lebih terjangkau daripada Ethereum, sehingga Magic Eden dapat menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah.

 

  • Koleksi

OpenSea menawarkan berbagai macam koleksi NFT, termasuk koleksi yang populer di kalangan komunitas Ethereum, seperti NFT seni, collectibles, dan domain. Sementara, Magic Eden berfokus pada koleksi NFT yang populer di kalangan komunitas Solana, seperti NFT gaming, avatar, dan seni. 

 

  • Fitur

Bicara soal tampilan, Magic Eden menawarkan fitur-fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna untuk menemukan dan membeli NFT, seperti fitur “trending” dan fitur “hot sales”. Sementara, OpenSea juga menawarkan berbagai fitur yang tak kalah menarik, seperti fitur “drops” dan fitur “royalties”.

 

Peluncuran Marketplace NFT Terbaru oleh Magic Eden dan Yugas Labs

Yuga Labs, perusahaan di balik proyek-proyek NFT terkenal semacam Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunks, baru saja mengumumkan sinergi dengan Magic Eden, pasar NFT yang berbasis di Solana, untuk berkolaborasi menciptakan marketplace NFT terbaru.

 

Baik Yuga Labs maupun Magic Eden, akan meluncurkan marketplace NFT terbaru yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan regulasi soal royalti yang lebih ketat. Bicara soal royalti, tentu regulasi ini akan membawa dampak baik bagi keberlangsungan dunia NFT ini sendiri. Marketplace NFT baru ini akan dibangun di atas Solana, blockchain yang lebih cepat dan lebih terjangkau daripada Ethereum. Selain itu, marketplace ini akan menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna untuk menemukan dan membeli NFT, seperti fitur “trending” dan fitur “hot sales”.

 

Kesimpulan

Magic Eden adalah pasar NFT yang berbasis pada blockchain Solana yang menawarkan biaya transaksi yang rendah, platform yang cepat dan andal, koleksi yang beragam, dan fitur-fitur yang inovatif. Adanya wadah atau fasilitas seperti Magic Eden ini bisa menjadi referensi sekaligus alternatif bagi kreator dan juga kolektor untuk bisa melakukan transaksi NFT, selain menggunakan OpenSea. Pasar NFT ini layak untuk dipertimbangkan oleh kreator dan kolektor NFT yang mencari pasar yang terjangkau dan mudah digunakan.

 

Sebagai kolektor atau kreator, kamu harus menyadari beberapa kelebihan dari Magic Eden seperti, biaya transaksi yang lebih murah, platform yang cepat, dan tentunya fitur yang menarik. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui kekurangan Magic Eden, yakni masih terbatasnya jumlah koleksi yang dimiliki (apabila dibandingkan dengan OpenSea), serta kuantitas kurator yang masih belum terlalu banyak.

 

Dengan semakin banyaknya pilihan tempat untuk menjual karya NFT, akan sangat berguna untuk kreator dan kolektor NFT sebagai platform jual-beli aset karya digital. Namun, sebelum memilih pasar NFT tersebut, pastikan kamu sudah melakukan DYOR (Do Your Own Research) agar kelebihan ataupun kekurangan yang ditawarkan masing-masing platform dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

Sebagai pengingat kembali, untuk memperluas wawasan kamu tentang teknologi blockchain dan dunia aset kripto, kamu bisa membaca artikel-artikel terbaru di INDODAX Academy. Dengan informasi dan pengetahuan yang memadai, kamu pun bisa mulai berinvestasi aset kripto di INDODAX, crypto exchange yang sudah teregulasi sehingga terjamin keamanannya.

 

Yuk, tingkatkan literasi investasi aset kripto hanya di INDODAX Academy!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya
01/03/2024
RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya

Salah satu game berbasis blockchain yang menjadi perbincangan hangat belakangan

01/03/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia
29/02/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia

Era digital yang terus berkembang dengan pesat memicu lahirnya inovasi-inovasi

29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX
29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX

Di zaman yang serba digital, aset kripto yang terdapat pada

29/02/2024