Mengenal London Hard Fork Momen yang Bikin Biayanya Makin Murah
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal London Hard Fork Ethereum, Momen yang Bikin Biayanya Makin Murah

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal London Hard Fork Ethereum, Momen yang Bikin Biayanya Makin Murah

Cara Mudah Trading Bitcoin dan Ethereum indodax 01

Daftar Isi

London hard fork menjadi serangkaian proposal Ethereum yang juga bertujuan untuk efisiensi. London Hard Fork akan diadakan pada bulan ini, Juli 2021. 

Ethereum merupakan salah satu proyek blockchain yang menyediakan jaringan untuk melahirkan aset kripto baru. Meskipun Ethereum adalah yang paling populer mengenai hal ini dibandingkan proyek blockchain lain, namun Ethereum masih memiliki kelemahan. 

Salah satunya adalah biaya yang tidak efisien atau mahal. Nah, London Hard Fork akan membuat biaya efisien sehingga nantinya akan menjadi murah. 

Ini adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para developer, khususnya yang sering menggunakan jaringan Ethereum. Seperti para komunitas decentralized finance (DeFi) dan non-fungible token (NFT). 

Penjelasan London Hard Fork

London Hard Fork  merupakan salah satu dari proposal EIP-1559. Ethereum akan membatasi tingkat kenaikan biaya gas dan membantu memoderasi volatilitas biaya transaksi yang akan membantu membawa lebih banyak pengguna ke ekosistem.

London Hard Fork adalah langkah besar dalam mengatasi masalah ini. Hingga saat ini, Ethereum masih memiliki kecepatan transaksi 30 per detik. Sebelumnya, ini tidak masalah. Namun, era DeFi membuat jaringan Ethereum membludak. 

Tahun lalu, Ethereum telah menghadapi masalah dalam membawa ruang DeFi ke apa pun, akibatnya biaya transaksi yang tinggi (harga gas). Pada saat tertentu harga gas dapat berfluktuasi tergantung pada permintaan jaringan. 

London hard fork memperkenalkan beberapa perubahan pada Ethereum. Tetapi salah satu yang mungkin akan memiliki dampak paling terlihat bagi pengguna akhir adalah bagaimana ia mengubah struktur biaya Ethereum.

Biaya yang dipungut dari pengguna sebenarnya terdiri dari dua komponen. Ada biaya dasar dan tip, setelah pembaruan London, biaya dasar benar-benar akan dibakar (burn). 

Kesimpulan: London Hardfork Membuat Efisien dan Mungkin Juga Meningkatkan Harga

London Hard Fork Ethereum akan membuat struktur Ethereum akan semakin lebih cepat dan efisien. Tentu biayanya juga lebih murah. 

Dalam struktur tersebut, akan banyak aset kripto ETH yang dimusnahkan atau dibakar (burn). Ini akan membuat supply maksimal ETH di masa mendatang akan berkurang. Ini akan membuat harganya meningkat. Karena semakin sulit untuk mendapatkan ETH, maka semakin meningkat pula harganya. 

Untungnya, pengurangan supply itu hanya terjadi di tingkat mining atau staking Ethereum. JADI, kamu tetap bisa mendapatkan aset kripto ETH dengan trading di Indodax

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023