Multi-Signature Address
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Multi-Signature Address

indodax indodax acdemy glossary poster web multi signature address e1579597265709
 

Multi-Signature Address adalah dompet Bitcoin yang membutuhkan tanda tangan dari beberapa pihak untuk membuat alamat dengan kunci publik. Ketika seseorang ingin mengirim saldo Bitcoin ke dompet lain, dia memerlukan tanda tangan beberapa orang, termasuk miliknya sendiri, untuk melakukannya.

Jumlah tanda tangan yang diperlukan tergantung pada jumlah yang disepakati saat alamat Bitcoin dibuat. Inilah alasan mengapa Multi Signature Address jauh lebih aman.

Multi-signature (multisig) atau Multi-Signature Address mengacu pada membutuhkan beberapa kunci untuk mengotorisasi transaksi Bitcoin, daripada satu tanda tangan dari satu kunci. Ini memiliki sejumlah aplikasi. Membagi tanggung jawab untuk kepemilikan bitcoin di antara banyak orang. Mulitsig, juga disebut multisignature, adalah persyaratan agar suatu transaksi memiliki dua atau lebih tanda tangan sebelum dapat dieksekusi. Multisig memberikan lebih banyak keamanan daripada transaksi dengan tanda tangan tunggal.

Di Bitcoin sejauh ini ada dua jenis alamat:

  • Alamat standar, misalnya “15Cytz9sHqeqtKCw2vnpEyNQ8teKtrTPjp”. Ini secara teknis disebut sebagai P2PKH (Pay To Public Key Hash) dan dimulai dengan “1”.
  • Alamat multisig, misalnya ini “347N1Thc213QqfYCz3PZkjoJpNv5b14kBd”.
Membuat alamat multisig

Untuk membuat alamat multisig, kamu memerlukan dua atau lebih kunci publik untuk membuatnya. Alamat multisig dimulai dengan angka 3. Semakin banyak pemegang kunci atau penandatangan yang kamu inginkan, semakin banyak kunci publik yang kamu perlukan.

Misalnya, jika kamu ingin 3-dari-5 orang diminta menandatangani transaksi untuk mengirim, kamu akan memerlukan 5 kunci publik dan 3 akan diminta untuk mengirim dana darinya.

Bagaimana cara kerja alamat multisig?

Multi-signature (multisig) mengacu pada membutuhkan beberapa kunci untuk mengotorisasi transaksi Bitcoin, daripada satu tanda tangan dari satu kunci. Multi-signature (multisig) ini memiliki sejumlah aplikasi. Membagi tanggung jawab untuk kepemilikan bitcoin di antara banyak orang.

 
Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!