Serba-serbi NFT Generator, Cara Mudah Membuat NFT Sendiri
icon search
icon search

Top Performers

Serba-serbi NFT Generator, Cara Mudah Membuat NFT Sendiri

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Serba-serbi NFT Generator, Cara Mudah Membuat NFT Sendiri

Serba-serbi NFT Generator, Cara Mudah Membuat NFT Sendiri

Daftar Isi

NFT generator, apa itu?

Sejalan dengan namanya, tentu saja generator NFT ini berhubungan langsung dengan NFT atau Non-Fungible Token (NFT)—sebuah token cryptocurrency yang memang sedang menemukan hype-nya dalam beberapa waktu belakangan.

Pada dasarnya, generator NFT tersebut akan membantu Anda untuk menjual NFT di marketplace nantinya. Caranya adalah dengan membuat NFT art, yang juga berkaitan erat dengan karya yang bersifat seni. Jenis karya ini dapat dikoleksi sehingga membuatnya menjadi buruan para kolektor NFT. 

Akan tetapi, mendesain sebuah karya seni, utamanya gambar, memang bukan perkara gampang, apalagi jika ia harus punya nilai seni tersendiri. Terlebih lagi kalau Anda memang tidak punya dasar atau rekam jejak sebagai seorang seniman, baik itu ilustrator, desainer, maupun pelukis.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, dengan generator NFT, saat ini Anda pun dapat menghasilkan gambar NFT yang punya nilai seni. Berikut ini ulasannya untuk Anda.

NFT Generator—Sekilas tentang NFT: Fungsi dan Cara Kerjanya

NFT atau Non Fungible Token adalah sebuah aset cryptocurrency yang dapat dijadikan sebagai alat investasi. Aset digital ini dapat dipakai sebagai bukti kepemilikan barang. Untuk membeli NFT, Anda bisa menggunakan mata uang kripto.

Selain NFT art yang sudah disinggung di atas, NFT lainnya juga bisa berupa potongan video klip, game, musik, dan hal-hal lainnya yang dinilai punya keunikan tersendiri. Adapun sejarah NFT setidaknya dimulai pada tahun 2017 silam. Hal itu terjadi saat “Crypto Kitties”—sebuah game berbasis NFT—dirilis ke publik.

Transaksi investasi NFT ini pun kerap kali menggunakan ether (ETH), yakni sebuah koin dari Ethereum. Sementara itu, fungsi NFT sendiri, sebagaimana sudah disinggung di awal, adalah sebagai alat investasi. Di samping itu, NFT pun bisa berfungsi sebagai tempat untuk memonetisasi karya, utamanya yang dihasilkan oleh para seniman.

Terkait cara kerja NFT, aset digital ini memang berhubungan erat dengan teknologi blockchain—sebab ia adalah bagian di dalamnya. Blockchain sendiri adalah suatu sistem penyimpanan data digital yang membuat penggunanya dimungkinkan untuk bisa saling mentransfer data secara rahasia lewat kerangka enkripsi pada kriptografi.

Adapun skema enkripsi ini dapat mengubah data informasi ke dalam bentuk kode rahasia yang akan dikirimkan nantinya. Dengan demikian, data itu tidak akan dapat dilacak dan dimiliki oleh pengguna lainnya, yang tidak memiliki data tersebut.

Salah satu bentuk data dalam sistem blockchain yang kini semakin berkembang adalah sertifikat digital NFT. Biasanya, sertifikat itu dibubuhkan dalam gambar, foto, video, atau karya-karya seni digital lain. Ringkasnya lagi, NFT juga dapat dikatakan sebagai sertifikat fisik hak cipta yang bisa menjamin keaslian suatu karya.

NFT Generator dan Cara Membuat NFT Unik untuk Menarik Investor

Sebuah NFT yang unik tentunya bakal menarik minat investor untuk membelinya. Keunikan itu pula, misalnya, yang dihadirkan oleh seorang pemuda bernama Ghozali yang menjadi miliuner dan mendapatkan popularitasnya usai menjual foto selfie dirinya di marketplace NFT bernama OpenSea.

Sejatinya, untuk membuat sebuah NFT yang unik, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang kian dan terus berkembang saat ini. Tanpa perlu keahlian khusus di bidang seni, saat ini siapa saja bisa membuat NFT art alih-alih karya seni digitalnya sendiri.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Generator NFT untuk membuat sebuah aset NFT yang unik dan dengan demikian akan menarik minat investor untuk membeli karya itu.

Sebelum masuk ke daftar generator NFT yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan NFT art calon incaran investor, mari mengenal apa itu generator terlebih dahulu. Ulasannya ada di bawah ini.

Generator NFT Art Adalah

NFT generator art pada dasarnya adalah sebuah alat atau juga perangkat yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan atau menciptakan karya NFT yang unik dengan instan dan mudah.

Namun, penting untuk Anda ketahui bahwa perangkat ini berlainan dengan aplikasi khusus ilustrasi atau edit foto semacam Photoshop atau Adobe Ilustrator. Hal itu karena aplikasi generator ini akan membuat Anda menghasilkan karya ilustrasi dari awal.

Alat ini akan menyediakan template/ filter/artificial intelligence (AI) untuk membuat sebuah karya secara instan dan dengan sendirinya. Di sini, Anda hanya perlu memilih template/filter yang telah disediakan, kemudian dikreasikan atau dikombinasikan dengan template/filter lainnya.

Oleh sebab itu, penting dipahami bahwa Anda pun sebenarnya tidak betul-betul mendesain sebuah karya NFT art dari awal, yang tentu saja memerlukan proses yang panjang. Lalu, apa saja perangkat generator NFT yang dapat Anda gunakan untuk membuat NFT yang unik?

Rekomendasi selengkapnya ada pada ulasan di bawah ini.

Daftar NFT Generator untuk Membuat NFT Art

Bagi Anda yang tertarik untuk menciptakan NFT art sendiri, Anda bisa melihat rekomendasi perangkat/alat/aplikasi sebagai berikut.

  • NightCafe

Generator NFT pertama di daftar ini adalah NightCafe. Tentunya, generator yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda karena perangkatnya sudah mengadopsi teknologi artificial intelligence dan machine learning. Dengan dua teknologi anyar dan mumpuni itu, Anda nantinya akan mampu menciptakan karya dengan otomatis dan tentunya unik.

Untuk cara menggunakan generator ini adalah pertama, masuk ke situs NightCafe, lalu klik “Create” di kanan atas dan pilih metode kreasi sesuai preferensi Anda. Selanjutnya, masukkan gambar dan isi kolom detail. Langkah berikutnya, tinggal klik “Create”, lalu NightCafe bakal memproses gambar Anda selama beberapa menit.

Diketahui, ada banyak pilihan template pada generator ini. Saat Anda memilih gambar di sini, perangkat generator ini bakal memproses dan memadukannya dengan template/filter yang Anda pilih sesuai keinginan.

Uniknya lagi, perangkat yang satu ini memiliki mode yang dapat membuat gambar dari awal. Dengan begitu, Anda hanya perlu menentukan gambar yang Anda mau dan selanjutnya NightCafe yang akan membantu Anda merancang suatu karya terbaru yang unik dan punya nilai jual.

Menariknya lagi, NightCafe bisa Anda coba terlebih dahulu tanpa perlu membayar alias gratis. Meski begitu, versi tanpa berbayar ini hanya akan memberi Anda sebanyak lima credit yang dapat dipakai sesuai dengan preferensi hasil karya Anda nantinya.

Kalau Anda berminat untuk menggunakan NightCafe sebagai generator, sangat disarankan untuk berlangganan. Dengan begitu, Anda bisa merancang karya Anda semaunya dan hasilnya pun dipastikan tanpa watermark.

  • Fotor

Di halaman depan situs Fotor—saat Anda masuk ke dalamnya—Anda bakal langsung menemukan sebuah kutipan di situ. Tulisan bernada “motivasi” itu berbunyi “Everyone can be an NFT artist” atau jika diartikan akan menjadi “Semua orang dapat menjadi artis NFT”.

Bukan asal kutipan, kalimat itu pun diwujudkan oleh Fotor dengan membantu semua orang yang memang tidak punya dasar di bidang seni untuk menjadi seniman NFT. Hal itu terjadi karena Fotor dilengkapi dengan teknologi AI.

Terkait cara kerja generator Fotor, pertama-tama Anda hanya perlu masuk ke situs Fotor, lalu klik “Create NFT Now” dan pilihlah gambar yang bakal dijadikan sebuah NFT. Berikutnya, Anda tinggal pilih template untuk layer baru dan klik “Download” usai pemrosesan gambar itu rampung.

Sebagaimana generator NightCafe tadi, AI ini bakal langsung memproses gambar yang dipilih itu untuk menjadi sebuah karya seni terbaru. Di samping itu, perangkat ini pun dapat Anda akses tanpa berbayar, tetapi untuk versi ini akan ada watermark di hasil karya NFT nantinya. Oleh sebab itu, disarankan untuk berlangganan supaya generate foto/gambar bisa murni tanpa ada watermark.

  • NinjaFT

Lain dengan dua generator sebelumnya, perangkat yang satu ini hanya bisa diakses melalui aplikasi yang tersedia di Android/iOS. Bagi penggemar NFT berbentuk kartu, ini merupakan perangkat yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, di ini terdapat ratusan template kartu, misalnya kartu Pokemon, Yu-Gi-Oh, atau juga kartu koleksi NBA.

Penggunaan aplikasi ini pun gampang sebab Anda hanya perlu memilih foto/gambar yang hendak dijadikan sebuah NFT. Kemudian, tinggal pilih template sesuai preferensi Anda.

Generator NFT yang satu ini bisa dioperasikan dengan terlebih dahulu masuk ke aplikasinya, lalu tap “Trading Cards”, tap “Create” untuk membuat kartu NFT baru, dan tinggal pilih opsi dan template sesuai preferensi Anda. Di samping itu, Anda pun bisa memilih “Gallery” untuk generate kartu template.

Dibandingkan NFT generator art lainnya, NinjaFT diketahui akan terkoneksi langsung ke jaringan blockchain. Dengan demikian, Anda bisa langsung minting NFT yang sudah dibikin di NinjaFT ini ke Binance dan Anda pun bisa langsung menjualnya.

Tertarik untuk mencoba NinjaFT? Anda bisa mengunduhnya di tautan ini (untuk pengguna Android) dan di link ini (untuk pengguna iOS).

  • 8bit Painter

Format 8bit berupa gambar pikselasi, yang akan banyak ditemukan di marketplace NFT. Terdapat dua mode yang dapat dipilih untuk generate NFT di 8bit. Mode pertama adalah Import Images dan yang kedua bernama Canvas.

Dengan Import Images, Anda akan terbantu untuk dapat mengubah gambar biasa ke bentuk pikselasi, sedangkan dengan Canvas, Anda akan betul-betul membuat gambar pikselasi dari awal.

Bagi pengguna Android, bisa mengunduh aplikasi di tautan ini dan pada link ini untuk pengguna iOS.

Adapun cara generate NFT di sini adalah pertama-tama Anda harus masuk ke aplikasi 8bit, kemudian tap lingkaran “+” di bawah tengah layar, dan pilih ukuran canvas. Lalu, buat gambar sesuai selera. Di sisi lain, Anda pun dapat mengimpor gambar dari ponsel.

  • NFT Art Generator

Pilihan lainnya adalah NFT Art Generator. Perangkat ini agak berlainan dengan Fotor dan NightCafe yang hanya memproses gambar dengan template/filter. Pasalnya, generator ini dapat memproses potongan-potongan gambar PNG atau GIF dan memadukannya menjadi sebuah karya NFT baru.

Untuk cara generate-nya, Anda hanya perlu masuk ke situs NFT Art Generator terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih gambar yang Anda inginkan sesuai layer (background, layer 1, layer 2, dan seterusnya.).

Namun, sebelum memasukkan gambar, sortirlah dan kelompokkan foto sesuai layer untuk memudahkan pemrosesan. Lalu, klik “Preview” untuk melihat karya NFT Anda. Selain itu, Anda pun bisa mengeklik “Generate Collection” untuk langsung mengunduh NFT yang baru Anda buat.

Sebagai informasi, alat ini sangat pas bagi Anda yang ingin minting dan menjual NFT dengan jumlah besar.

  • SuperMe

Meski sejatinya bukanlah aplikasi generator NFT khusus, tetapi dengan menggunakan SuperMe, hasil karya yang Anda buat bisa menjadi sangat otentik dan unik.

Aplikasi generator yang sebenarnya adalah video game ini akan membantu Anda untuk membuat avatar wajah sesuai keinginan. Anda juga dapat mengubah rambut, wajah, mata, mulut, dan seterusnya.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda bisa masuk ke link ini (Android) dan mengunjungi tautan ini (iOs).

Terkait cara generate NFT di sini, Anda perlu masuk ke aplikasi SuperMe, lalu daftarkan akun atau link email. Selanjutnya, tap avatar kosong di tengah layar dan buatlah avatar sesuai kehendak Anda. Berikutnya, tap ikon “Save” di pojok kanan bawah layar dan kini gambar NFT Anda telah tersimpan di HP, lalu siap di-minting.

Seperti halnya 8bit, perangkat ini dapat menjadi generator art yang mumpuni. Pasalnya, di sini Anda bisa membuat avatar dengan gaya karakter anime atau juga animasi kartun.

  • GoArt

Terakhir di daftar ini, ada NFT generator art berbasis pengeditan foto yang praktis untuk diaplikasikan. Sebagai informasi, aplikasi ini bisa diunduh untuk pengguna Android maupun iOS. Di perangkat ini, Anda dapat mengubah sebuah foto menjadi NFT

Adapun foto-foto yang Anda pilih itu bakal dipercantik dengan filter khusus yang otentik, misalnya pop art, lukisan Picasso, Van Gogh, dan sebagainya.

Cara generate NFT-nya adalah Anda masuk terlebih dahulu ke aplikasi GoArt, lalu pilih foto yang ingin Anda ubah. Kemudian, pilihlah filter yang sesuai dengan selera Anda dan simpan gambar itu di ponsel.

Itulah beberapa NFT Generator yang bisa digunakan untuk membuat NFT art yang unik dan bisa dijual di NFT Marketplace. Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai NFT dan dunia kripto secara lebih mendalam? Yuk belajar kripto gratis di Indodax Academy. Di Indodax Academy Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi maupun update terbaru serta tips yang bisa Anda lakukan untuk trading aset kripto.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal