Gambar Animasi Keren 3D dari Artis NFT Indonesia
icon search
icon search

Top Performers

Gambar Animasi Keren NFT 3D dari Artis Indonesia

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Gambar Animasi Keren NFT 3D dari Artis Indonesia

Gambar Animasi Keren 3D dan NFT-nya dari Artis Indonesia

Daftar Isi

Gambar animasi keren 3D atau 3 dimensi sering dijumpai di internet. Saat ini, memang ada banyak sekali pilihan gambar 3D yang berseliweran di jagat maya, yang juga bisa diunduh bahkan secara gratis.

Adapun gambar-gambar yang kian tampak nyata dan menarik ini juga lahir tidak terlepas dari berkembangnya teknologi. Bahkan, kini juga mulai marak gambar animasi 3D yang mulai diadopsi atau dialihwahanakan ke bentuk NFT alias Non-Fungible Token.

Lantas, apa sebenarnya gambar 3D ini dan bagaimana perkembangannya? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu Gambar Animasi Keren 3D?

Sejalan dengan namanya, gambar animasi keren 3D merupakan gambar yang bergerak pada ruang digital 3 dimensi. Adapun langkah penciptaannya melalui pembuatan frame yang nantinya akan membuat simulasi atas setiap gambar.

Kemudian, gambar tersebut difilmkan dengan kamera virtual, lalu hasilnya bakal berbentuk video yang telah di-rendering. Secara sederhana, konsep 3D ini merupakan model atau objek yang punya bentuk, volume, dan ruang. Objek tersebut memiliki tiga titik koordinat yang disebut koordinat X, Y, dan Z. 

Nah, ketiga koordinat itulah yang nanti membuat objek bisa digerakkan ke tiga arah, yakni kanan-kiri (X), atas-bawah (Y), dan depan-belakang (Z). 

Perkembangan Gambar Animasi Keren 3D

Saat ini, animasi 3D hampir dapat Anda temui di mana pun. Misalnya di efek visual pada sebuah film dan video atau secara khusus di film. Anda pun sekarang ini dapat menemukan sejumlah film yang menggunakan animasi 3D. Sebagai contoh, Pixar, perusahaan animasi dunia yang sangat populer, yang menuai kesuksesan melalui film “Toy Story”.

Bukan itu saja, animasi 3D pun punya peranan penting di dunia game dan virtual reality (VR). Peranan ini meliputi karakter, item-item di game, sampai dengan efek visual di game, yang seluruhnya berupa animasi.

Beriringan dengan hal itu, kehadiran NFT pun kini ikut meramaikan perkembangan animasi 3D. Sebagaimana diketahui, NFT adalah token digital unik yang dibuat dengan menggunakan teknologi blockchain, yang mulai menjadi tren setelah munculnya animo terhadap sebuah game blockchain bernama “CryptoKitties” pada Oktober 2017 lalu.

Meskipun kala itu game blockchain dan pengadopsian NFT tersebut masih belum ramai diperbincangkan, tetapi dalam 2 tahun terakhir ini pesona NFT mulai dilirik oleh banyak orang, terutama dari kalangan pekerja seni atau seniman.

Kini, para motion designer, 2D animator,  musisi, mural artist, sampai dengan tattoo artist beramai-ramai menjadikan karya mereka sebagai NFT. Tentu saja hal itu juga ikut mempengaruhi perkembangan NFT animasi 3D, terutama 3D artist, yang juga didukung oleh tingginya minat para kolektor terhadap pencarian NFT 3D.

Apa Saja Gambar Animasi 3D dari Indonesia?

Di Indonesia saat ini juga ada beberapa gambar animasi keren 3D yang telah diadopsi sebagai NFT. Berikut ini daftarnya.

  1. Rimbawan Gerilya: GMO Utility Trike

Karya “GMO Utility Trike” dari Rimbawan Gerilya menjadi animasi 3D pertama yang telah di-NFT-kan. Adapun video animasi tersebut adalah proyek kolaborasi antara Gabber Modus Operandi—duo musisi musik elektronik—bersama visual artist Rimbawan Gerilya.

Uniknya, kolaborasi ini terjadi karena Gabber Modus Operandi yang seharusnya tampil live pada tahun 2020, tetapi akhirnya batal naik panggung.

Lebih jauh, karya yang dilelang pada Maret 2021 terjual seharga $678.80 (sekitar Rp9,9 juta) melalui platform Foundation.

  1. Rubah Hitam: No Internet Today

Karya yang satu ini besutan Rifqi Ardiansyah—dikenal sebagai Rubah Hitam. Sebagai informasi, karya-karya Rubah Hitam punya inspirasi yang sangat lekat dengan keseharian, misalnya soal teknologi, gadget, ataupun makanan. 

Adapun karya bertajuk “No Internet Today” itu memvisualkan seorang laki-laki yang sedang duduk di depan komputernya, tetapi ia hanya memainkan “game dino”—sebuah permainan dinosaurus yang muncul saat komputer tidak terhubung ke jaringan internet. 

Untuk harga karya ini sendiri adalah 1.5 ETH (sekitar Rp87 juta/harga fluktuatif), yang laku pada Desember 2020 lalu.

  1. Venzha Christ: HumanRadio_NASAproject#01

Seorang seniman yang dekat dengan space art, Venzha Christ, juga melahirkan karya animasi 3D NFT. Karya berjudul “HumanRadio_NASAproject#01” ini merupakan animasi 3D yang memvisualkan sebuah antena besar yang terhubung dengan tubuh manusia sebagai medium sensornya.

Fakta menariknya adalah animasi 3D yang di-NFT-kan tersebut sebelumnya telah dipamerkan dengan nama “Listening for The Dark”. Karya itu pun berawal dari kerja sama Venzha Christ dengan NASA— lembaga antariksa Amerika Serikat—di Art Museum pada tahun 2016. Kemudian, NFT ini dirilis pada tanggal 13 Agustus 2021.

Itulah beberapa gambar animasi keren 3D dari artis NFT Indonesia. Masih banyak lagi artis artis berkualitas di Indonesia yang bisa digali lebih dalam lagi seputar karya gambar animasi keren 3D yang mereka buat. Anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai animasi keren atau gambar NFT? Yuk belajar teknologi NFT selengkapnya di Indodax Academy!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023