Trader Gen-Z: Kelola Mental Healthmu
icon search
icon search

Top Performers

Trader Gen-Z: Kelola Mental Healthmu

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Trader Gen-Z: Kelola Mental Healthmu

Thumbnail IA VO Trader Gen Z Kelola Mental Health mu 936x530 Image Article Indodax Academy

Daftar Isi

Yuk, kelola mental health mu!

Kecanduan trading aset kripto sering terjadi pada trader pemula terutama Gen Z. Tapi, kok bisa kecanduan? Gimana ya cara mengatasinya? Kamu gak perlu khawatir, karena ada kok cara untuk mengurangi kecanduan ini. Simak penjelasan dibawah ini!

Saat ini, trading aset kripto jadi pilihan utama dalam investasi, untuk mempersiapkan keuangan di masa depan dan mencapai kebebasan finansial. Namun, gak sedikit juga yang berpendapat kalau aktivitas ini bisa jadi kurang bagus ketika dilakukan secara berlebihan, hingga bisa merugikan trader atau investor.

Volatilitas sangat dikenal di dunia kripto, karena, kenaikan atau penurunan harga bisa terjadi satu hingga dua kali lipat dalam satu hari di pasar kripto. Terkadang, perubahan harga tersebut juga dapat menimbulkan efek emosional dan mengganggu kesehatan mental para investor.

Nah, seperti yang kita tahu, kesehatan mental jadi aspek penting dalam hidup. Untuk para Gen Z yang mungkin kestabilan emosinya belum sematang orang dewasa, keuangan juga memainkan peran penting yang bisa mempengaruhi emosional kamu.

Para Gen Z yang lagi rencanain keuangan buat masa depan dengan berinvestasi aset kripto, bisa banget lho punya kemungkinan untuk memiliki adiksi sama kripto. Namun, itu terjadi kalo kamu gak mengelola waktu dengan baik, sampai jadi berdampak ke kesehatan mental kamu.

Gejala utama kecanduan kripto adalah otot tegang, kecemasan, selalu ingin melihat harga aset kripto sepanjang waktu, dan kepikiran terus sama kondisi aset kripto. Bahkan, kamu bisa kepikiran ketika kamu lagi lakuin hal yang gak ada hubungannya sama kripto. Semua hal tadi akan berujung pada depresi dan insomnia.

Sebagai generasi penerus bangsa, tentunya kita harus selalu berpikir dengan kepala dingin saat mengambil keputusan, memikirkan segala hal dengan matang tanpa terburu-buru, atur emosi, dan yang paling penting menghindari FOMO atau fear of missing out.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax
31/01/2023
Kenalan dengan T-Mac DAO! Kini Telah Hadir di Indodax

Pekan ini, aset kripto T-Mac DAO akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 01 Februari 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 02 Februari 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan
31/01/2023
Shanum Hadir di Indodax! Yuk, Kenalan

Pekan ini, aset kripto Shanum akan listing di Indodax. Open deposit akan dimulai pada 1 February 2023 pukul 14:00 WIB dan open trading akan dimulai pada 2 February 2023 pada pukul 14:00 WIB.

31/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading
30/01/2023
Mengenal Lebih Dalam Engulfing Candle Dalam Trading

Dalam analisis teknikal, ada beberapa pola yang sering digunakan, salah satunya engulfing candle. Yuk pelajari apa itu engulfing candle selengkapnya di sini!

30/01/2023