Volume
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

36 indodax indodax academy glossary poster Volume e1591606121556

Volume, atau trading volume, adalah jumlah unit yang diperdagangkan di pasar selama waktu tertentu. Ini adalah pengukuran jumlah unit individu dari aset yang berpindah tangan selama periode tersebut. Setiap transaksi melibatkan pembeli dan penjual. Ketika mereka mencapai kesepakatan dengan harga tertentu, transaksi dicatat oleh pertukaran yang memfasilitasi. Data ini kemudian digunakan untuk menghitung trading volume.

Trading volume dapat didenominasi dalam aset perdagangan apa pun, seperti saham, obligasi, mata uang fiat, atau aset kripto. Misalnya, jika Alice menjual Bob 5 BNB masing-masing seharga 20 USD, volume transaksi tersebut dapat berupa 100 USD, atau 5 BNB, tergantung pada trading volume yang didenominasi.

Ini juga berarti bahwa untuk saham, misalnya, volume perdagangan mengacu pada jumlah saham individual yang diperdagangkan selama periode yang diukur. Jadi jika 100 saham diperdagangkan dalam satu hari perdagangan, volume harian saham adalah 100 saham.

Trader cenderung menggunakan indikator volume sebagai upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan tren tertentu. Jika volatilitas harga disertai dengan volume yang tinggi, dapat dikatakan bahwa pergerakan harga lebih valid. Sebaliknya, jika pergerakan harga disertai dengan volume perdagangan yang rendah, ini mungkin mengindikasikan kelemahan tren yang mendasarinya.

Tingkat harga dengan volume historis tinggi juga dapat memberikan indikasi kepada pedagang mengenai di mana titik masuk dan keluar terbaik dapat ditemukan untuk pengaturan perdagangan tertentu.

Biasanya, pasar yang meningkat akan melihat peningkatan volume, menunjukkan minat pembeli yang berkelanjutan untuk terus mendorong harga lebih tinggi. Peningkatan volume dalam tren turun dapat mengindikasikan peningkatan tekanan jual. Pembalikan, pergerakan kelelahan, dan perubahan tajam dalam arah harga sering disertai dengan lonjakan volume yang tinggi, karena ini cenderung menjadi saat-saat ketika jumlah pembeli dan penjual tertinggi aktif di pasar.

Indikator volume sering juga menggabungkan rata-rata bergerak, mengukur volume candle dalam periode tertentu dan menghasilkan rata-rata. Ini memberi pedagang alat tambahan untuk mengukur kekuatan tren pasar saat ini.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!