Cara Mudah Mining Lewat Aplikasi Mining Bitcoin
icon search
icon search

Top Performers

Cara Mudah Mining Lewat Aplikasi Mining Bitcoin

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Cara Mudah Mining Lewat Aplikasi Mining Bitcoin

aplikasi mining bitcoin terbaik

Daftar Isi

Cara mining bitcoin dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan mining tentunya sangat penting diketahui oleh para peminat bitcoin (BTC).

Nah, dalam ulasan kali ini, kamu akan mengetahui mulai dari apa itu mining bitcoin, cara kerja, hingga cara menjadi bitcoin miner.

Top Aset Kripto dengan Pasar Terbesar

Bitcoin hingga saat ini masih menjadi aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Dari hari ke hari, aset digital ini pun semakin banyak peminatnya dan terus mengalami peningkatan secara grafik, termasuk di Indonesia.

Terkait keseluruhan aset kripto di Indonesia, data Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa hingga Mei 2021 lalu, transaksi aset kripto mencapai Rp370 triliun.

Saat ini, tren jual beli aset kripto pun diprediksi akan terus berkembang.

Adapun pada tahun 2020 lalu, masyarakat  Indonesia yang bertransaksi aset kripto mencapai 4 juta orang, dengan nilai transaksi mencapai Rp65 triliun.

Apa Itu Mining?

Pada dasarnya, mining Bitcoin merupakan proses ketika bitcoin baru dimasukkan ke dalam sirkulasi.

Di samping itu, proses ini juga menjadi cara jaringan untuk mengkonfirmasi transaksi baru dan menjadi komponen penting dalam pemeliharaan dan pengembangan ledger blockchain bitcoin.

Nantinya, di aset bitcoin, penambang atau miners yang sukses menambahkan blok baru ke dalam jaringan akan memperoleh hadiah sebagai imbalan.

Meski demikian, di sejumlah kasus, sekalipun miners memverifikasi sebuah blok transaksi, mereka barangkali tidak mendapatkan hadiah.

Penyebabnya adalah kamu harus menjadi penambang pertama yang melakukan hal itu agar dapat meraih imbalan—ini merupakan implementasi dari proof-of-work.

Sebagai informasi pula, proses mining Bitcoin ini dikenal semakin sulit dan kompleks selama bertahun-tahun.

Cara Kerja Mining Bitcoin

Adapun cara kerja mining bitcoin, yakni dengan memanfaatkan blockchain.

Dalam hal ini, banyak transaksi bitcoin yang terjadi bersamaan, yang kemudian akan dikelompokkan ke dalam grup yang sama, yang diistilahkan sebagai blockchain.

Kelompok itu kemudian diverifikasi oleh para penambang bitcoin. Nantinya, blockchain memverifikasi transaksi dalam kelompok, bukan individu.

Usai diverifikasi, mereka akan ditambahkan ke rantai blok yang telah terverifikasi. Ini merupakan cara kerja blockchain pada bitcoin mining.

Bagaimana Cara Menjadi Bitcoin Miner?

Bagi kamu yang ingin menjadi bitcoin miner, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Siapkan hardware untuk mining bitcoin

  • CPU (Central Processing Unit)

Jika komputer hendak melakukan bitcoin miner maka ia harus punya CPU yang mumpuni supaya saat terdapat permasalahan matematika ketika melakukan penambangan, hal itu dapat diatasi dengan cepat.

  • GPU (Graphics Processing Unit)

Ini merupakan unit pemrosesan komputer yang bisa bekerja lebih cepat ketimbang CPU tadi.

Saat bisa lebih lekas mengatasi masalah matematika yang dihadapi, itu berarti kamu dapat lebih cepat memenangkan perlombaan dalam penambangan dan akan meraih hadiah berupa bitcoin.

  • FPGA (Field Programmable Gate Array)

Sistem unit pemrosesan komputer ini bisa digunakan untuk menambang bitcoin. Selayaknya CPU dan GPU, FPGA ini bekerja untuk mengatasi masalah perhitungan matematika supaya bisa memperoleh bitcoin.

  • ASIC (Application Specific Integrated Circuit)

ASIC merupakan hardware khusus untuk penambangan bitcoin. Alat itu menjadi best bitcoin miner dan mining bitcoin terpercaya saat ini.

Bagi kamu yang saat ini ingin memenangkan perlombaan dan menambang bitcoin secara banyak, hardware yang dipakai adalah ASIC.

2. Download software bitcoin miner

Sekalipun kamu punya hardware penambangan terbaik untuk mendapatkan bitcoin, tetapi sebetulnya tanpa software yang mumpuni, hardware yang mumpuni tadi tidak ada artinya.

Nah, kamu bisa mendapatkan software dengan cara mengunduhnya. Adapun best bitcoin miner software & application yang bisa kamu unduh, tersedia di sejumlah situs website mining bitcoin berbayar atau juga gratis.

Pada dasarnya, software mining bitcoin ini diperlukan untuk bisa mengakses jaringan bitcoin dan database transaksi. Software ini pun perlu untuk bergabung di bitcoin farming.

Jenis software bitcoin diketahui beragam, yang dibedakan berdasarkan sistem operasi, di antaranya Mac OS, Windows OS, dan Linux OS.

Aplikasi Miner Bitcoin

Apakah bisa mining bitcoin menggunakan HP? Jika kamu beranggapan bahwa menambang aset kripto selalu memerlukan mesin khusus dengan chipset yang kuat maka hal itu memang tidak sepenuhnya salah.

Pasalnya, tujuannya sendiri supaya proses penambangan menjadi lebih cepat dan efisien nantinya.

Namun, di smartphone Android pun siapa saja kini bisa melakukan mining Bitcoin. Hal itu karena smartphone telah berevolusi menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

Nah, di HP Android dengan spesifikasi mumpuni, menambang Bitcoin atau kripto bukan lagi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, misalnya saja di aplikasi berikut ini.

1. MinerGate

Aplikasi MinerGate ini sangat akrab di telinga para bitcoin miner Indonesia sebab kepopulerannya di PC.

Saat ini, MinerGate pun telah hadir dalam bentuk bitcoin miner apk, yang diluncurkan sejak tahun 2014 silam.

Ini adalah bitcoin miner Android yang membuat penggunanya bisa menambang bitcoin tanpa menurunkan hash level koin utama.

Adapun penggunaan aplikasinya pun sangatlah mudah. Pasalnnya, tinggal unduh aplikasinya dan membuat akun, kamu selanjutnya akan mendapatkan 2 pilihan, yakni melakukan mining seluler atau membeli cloud mining.

2. Crypto Miner

Para bitcoin miner Indonesia juga sangat familiar dengan aplikasi yang satu ini.

Akan tetapi, jika kamu maun menggunakan aplikasi ini maka kamu mesti mengeluarkan uang sekitar $2.28 sebab tidak semua algoritma bitcoin di aplikasi ini dapat dipakai dengan gratis.

Crypto Miner sendiri punya tampilan dan sistem pengoperasian yang sederhana, bahkan bagi para pemula.

Aplikasi ini pun memberikan keleluasaan dalam menentukan jumlah chain yang ingin disertakan pada proses mining bitcoin.

Aplikasi Mining Bitcoin di Android

Aktivitas menambang bitcoin saat ini tidak hanya terbatas menggunakan PC ataupun komputer dengan daya yang besar.

Saat ini kita bisa menambang bitcoin hanya dengan menggunakan smartphone menggunakan aplikasi aplikasi mining bitcoin banik di Android maupun iOS.

Adapun beberapa aplikasi mining bitcoin diantaranya sebagai berikut :

1. CryptoTab

Selain versi browser untuk PC, CryptoTab juga menyediakan platform penambangan Bitcoin untuk sistem operasi Android.

Sama halnya dengan versi untuk PC, CryptoTab versi Android pun berbentuk browser yang bisa digunakan untuk menambang Bitcoin.

Untuk meningkatkan kecepatan penambangan, pengguna bisa menggunakan layanan Cloud Boost secara berbayar. 

2. AA Miner

Salah satu kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah tidak adanya iklan didalam aplikasi.

Di platform ini, pengguna bisa menambang lebih dari 50 jenis aset kripto, termasuk Bitcoin. 

3. Blockchain Game

Proses penambangan hanya dengan bermain arcade game yang ada dalam aplikasi ini, pengguna bisa memperoleh hadiah berupa Bitcoin dalam satuan Satoshi.

Permainan yang harus dilakukan oleh pengguna adalah menyusun blok-blok. Semakin tinggi blok yang disusun, semakin besar juga hadiah yang diberikan.

Keuntungan Mining Bitcoin

Jika kamu ingin tahu keuntungan yang didapat dari bitcoin mining maka kamu bisa menghitungnya dengan kalkulator online yang kini banyak tersedia.

Namun, ada beberapa hal yang mesti dimasukkan untuk menghitung keuntungan pendapatan mining bitcoin menggunakan bitcoin mining calculator, di antaranya

  • Hashing power: kekuatan hardware yang digunakan
  • Konsumsi daya: besaran daya listrik yang digunakan hardware untuk melakukan penambangan
  • Biaya per kWh: banyaknya listrik yang habis digunakan
  • Biaya kolam: biaya untuk menggunakan mining pool yang diikuti

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi mining bitcoin yang perlu Anda ketahui.

Simak juga yuk artikel lain seputar aset kripto, blockchain, dan juga update harga bitcoin hari ini hanya di Indodax Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

LYFE dan LYFE LAND (LLAND) Merger, Kenalan Dengan LYFE (NEW)

Sesuai dengan visi dan rencana bisnis dari LYFE, mereka akan melakukan integrasi ekosistem dengan menggabungkan LYFE dan LYFE LAND (LLAND).

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal