Apa Itu Scam? Kenali Tipe Bahaya Kejahatannya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Scam? Kenali Ciri-ciri Penipuan Online

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Scam? Kenali Ciri-ciri Penipuan Online

Apa itu scam

Daftar Isi

Salah satu bentuk kejahatan digital (cyber crime) yang marak belakangan ini dan wajib untuk dikenali adalah scam.

Seperti diketahui, scam yang dilakukan secara online semakin sering terjadi dan dapat mengancam keamanan finansial serta mengeruk data pribadi dan mencuri informasi. 

Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk mengenali jenis-jenis scam dan cara menghindarinya agar tetap terlindungi dalam bertransaksi di internet.

Nah, untuk lebih memahami apa itu Scam dan cara mengenali ciri-ciri penipuan online, simak yuk ulasannya berikut ini.

Apa Itu Scam?

Scam adalah sebuah upaya penipuan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan finansial secara curang atau tidak sah. 

Biasanya, scam melibatkan penggunaan trik, tipu muslihat, atau pemalsuan identitas untuk memanipulasi atau menipu orang lain.

Scam dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk melalui telepon, surat, email, pesan teks, media sosial, atau situs web palsu. 

Beberapa contoh scam yang umum terjadi yakni penipuan lotere, skema piramida, penipuan cinta online, penawaran investasi palsu, dan phising.

Pada dasarnya, sangat penting untuk mengenali ciri-ciri penipuan online agar dapat melindungi diri Kamu dari potensi penipuan. 

Meski mengenali ciri-cirinya ini tidak menjamin dengan sempurna bahwa suatu tawaran atau komunikasi adalah penipuan, tetapi hal itu bisa membantu untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan penelitian lebih lanjut sebelum terlibat lebih jauh. 

Maka dari itu, sangat penting untuk berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan adanya scam. 

Jika ada kecurigaan bahwa suatu penawaran atau permintaan adalah scam maka sebaiknya Kamu tidak memberikan informasi pribadi atau keuangan dan langsung melaporkan kegiatan tersebut kepada pihak yang berwenang.

Ciri-ciri Scam

Ciri ciri Scam

Tentunya, akan sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri scam untuk melindungi diri Kamu dari penipuan. 

Selain itu, sangat penting untuk tetap waspada dan mengandalkan naluri serta penilaian secara pribadi.

Jika kamu merasa ada kecurigaan terkait suatu tawaran atau permintaan, disarankan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu, berkonsultasi dengan orang lain, atau menghubungi pihak berwenang sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Berikut ini beberapa ciri ciri penting yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Janji keuntungan yang terlalu besar 

Adapun ciri-ciri scam yang sering terkait dengan janji keuntungan yang terlalu besar adalah imbal hasil yang tidak masuk akal, skema penggembosan uang, serta investasi tanpa risiko.

Ciri lainnya adalah sistem atau program rahasia, janji pengembalian yang tinggi, kurangnya transparansi atau dokumentasi, serta penekanan untuk merekrut orang lain.

2. Meminta uang atau informasi pribadi

Ciri-ciri scam yang melibatkan permintaan uang atau informasi pribadi adalah  permintaan pembayaran di muka, permintaan transfer uang langsung, permintaan informasi pribadi sensitif, serta ancaman atau intimidasi.

Ciri lainnya adalah penawaran hadiah palsu, permintaan informasi melalui saluran yang tidak aman, serta kurangnya bukti atau dokumentasi yang jelas.

3. Menekan waktu dan menggunakan teknik scare tactics

Ciri-ciri scam yang menggunakan teknik tekanan waktu (pressure tactics) dan scare tactics (teknik menakut-nakuti) adalah batas waktu yang sangat ketat, ancaman hukum atau konsekuensi negatif, serta penggunaan teknik manipulatif emosional.

Ciri berikutnya, yaitu klaim mendesak tentang kerugian atau kehilangan yang akan terjadi, teknik pemasaran tekanan tinggi, serta pengabaian permintaan penjelasan atau informasi tambahan.

4. Tidak adanya informasi atau sulit dihubungi

Ciri-ciri scam yang melibatkan tidak adanya informasi atau kesulitan dalam menghubungi mereka adalah tidak ada informasi kontak yang jelas, alamat fisik yang tidak valid atau tidak dapat diverifikasi, serta kurangnya informasi tentang perusahaan atau individu.

Selain itu, ciri-ciri selanjutnya, yakni website atau media sosial yang kurang profesional atau tidak lengkap, respons lambat atau tidak adanya tanggapan, serta ketidakmampuan untuk memberikan bukti atau referensi yang valid.

5. Penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan

Ciri-ciri scam yang melibatkan penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan adalah janji keuntungan yang tidak realistis, harga yang tidak masuk akal, hadiah atau insentif yang berlebihan, serta skema penggembosan uang yang tidak masuk akal.

Ciri lainnya, yaitu tawaran pekerjaan atau bisnis dengan imbalan yang tidak wajar, diskon atau penjualan yang terlalu besar, serta tawaran investasi tanpa risiko.

6. Iming-iming pekerjaan yang tidak realistis 

Ciri-ciri scam yang melibatkan iming-iming pekerjaan yang tidak realistis adalah gaji yang tidak proporsional, tuntutan waktu yang tidak masuk akal, kualifikasi atau pengalaman yang tidak diperlukan, tawaran pekerjaan jarak jauh yang tidak masuk akal, permintaan pembayaran untuk peluang pekerjaan, komunikasi melalui kanal yang tidak resmi, serta tidak ada informasi yang jelas tentang perusahaan.

7. Scammer berusaha membangun kepercayaan dengan korban

Ciri-ciri scam ketika scammer berusaha membangun kepercayaan dengan korban adalah pemanfaatan teknik manipulasi psikologis, penampilan yang meyakinkan, testimoni palsu atau ulasan positif palsu, serta mengaku sebagai anggota otoritas atau profesional.

Di samping itu, ciri lainnya adalah berbagi informasi pribadi yang tampaknya valid, berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dan ramah, serta memberikan sedikit informasi yang valid.

8. Tidak memiliki situs web atau informasi yang valid

Adapun ciri-ciri scam yang tidak memiliki situs web atau informasi yang valid adalah tidak adanya situs web resmi, situs web yang buruk atau tidak profesional, serta informasi yang tidak konsisten atau tidak akurat.

Ciri berikutnya, yaitu tautan atau alamat email yang mencurigakan, tidak ada informasi yang dapat diverifikasi, tidak ada kontak yang dapat dihubungi, serta tidak ada jejak online atau kehadiran sosial media yang terverifikasi.

9.Kesalahan Gramatikal atau Ejaan

Ciri ciri terakhir, adanya kesalahan dari gramatikal atau ejaan yang seringkali menjadi tanda khas dalam pesan atau email penipuan. 

Penipu ini mungkin tidak memiliki keterampilan bahasa yang baik atau tidak mempedulikan aspek gramatikal yang benar dalam pesan mereka. Hal ini bisa mencakup penggunaan dari kata-kata yang tidak sesuai, struktur kalimat yang sangat aneh, atau ejaan yang salah. 

Kesalahan-kesalahan semacam ini dapat menunjukkan bahwa pesan tersebut tidak disusun dengan baik atau berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Meskipun tidak semua kesalahan gramatikal adalah indikator penipuan, namun tetap untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika kamu menerima suatu pesan yang mencurigakan.

Jenis-jenis Scam

Memahami jenis-jenis scam sangat penting untuk melindungi diri Kamu dan menghindari menjadi korban penipuan.

Dengan mengetahui jenis-jenis scam yang umum terjadi, Kamu dapat lebih waspada dan mengenali taktik penipuan yang digunakan oleh para penipu.

Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk menjaga kewaspadaan dan tidak lengah terhadap ancaman penipuan.

Berikut ini beberapa jenis scam yang perlu diketahui, antara lain:

1. Penipuan investasi

Scam penipuan investasi adalah praktik penipuan yang bertujuan untuk menipu orang dengan membuat tawaran investasi palsu yang menjanjikan keuntungan tinggi atau pengembalian investasi yang tidak realistis. 

Penipu ini berusaha memanfaatkan keinginan orang untuk mendapatkan keuntungan finansial yang cepat dan mudah. 

Beberapa contoh scam penipuan investasi yang umum terjadi adalah skema ponzi, skema piramida, penipuan forex, penawaran investasi online yang palsu, penipuan properti, serta penawaran ICO (Initial Coin Offering ) palsu.

2. Penipuan pekerjaan

Scam penipuan pekerjaan adalah praktik penipuan yang bertujuan untuk menipu orang dengan membuat tawaran pekerjaan palsu atau tidak nyata dengan iming-iming penghasilan atau keuntungan yang tinggi.

Penipu ini memanfaatkan keinginan orang untuk mendapatkan pekerjaan atau penghasilan yang stabil dan memanfaatkan situasi tersebut. 

Beberapa contoh scam penipuan pekerjaan yang umum terjadi adalah penipuan pekerjaan berbayar di muka, penipuan penggandaan uang, penipuan penghasilan cepat, penipuan pekerjaan data entry, penipuan MLM (Multi-Level Marketing) ilegal, serta penipuan identitas pekerjaan.

3. Penipuan cinta online

Penipuan cinta online, juga dikenal sebagai scam penipuan cinta online, adalah praktik penipuan di mana penipu mencari korbannya melalui platform online, seperti situs web kencan, media sosial, atau aplikasi pesan. Mereka berpura-pura jatuh cinta atau mengembangkan hubungan romantis dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan finansial atau informasi pribadi.

Beberapa contoh scam penipuan cinta online yang umum terjadi adalah romance scam, di mana penipu mencoba memanipulasi perasaan korban untuk mendapatkan uang atau barang berharga. Selain itu, ada juga scam penipuan investasi cinta, di mana penipu berpura-pura memiliki kesempatan investasi yang menguntungkan dan meminta uang dari korban. 

Terdapat juga penipuan kartu kredit cinta, yang melibatkan penggunaan kartu kredit korban untuk tujuan penipuan. Selanjutnya, terdapat scam penipuan pernikahan, di mana penipu berjanji akan menikahi korban untuk mendapatkan uang atau izin tinggal, dan ada pula scam penipuan pengiriman hadiah, yang melibatkan janji hadiah palsu untuk memancing informasi pribadi atau uang dari korban. Penipuan cinta online seperti catfishing adalah berbagai bentuk penipuan yang menggunakan unsur-unsur hubungan romantis palsu sebagai alat untuk menipu korban.

4. Penipuan phishing

Phishing adalah jenis penipuan online di mana penipu mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi keuangan, dengan menyamar sebagai entitas terpercaya atau lembaga yang sah. 

Biasanya, penipu ini menggunakan metode manipulasi dan teknik sosial untuk memancing korban agar memberikan informasi sensitif secara sukarela. 

Beberapa contoh scam phishing yang umum terjadi adalah email phishing, phishing melalui pesan teks, phising melalui telepon, phising melalui jaringan sosial (social media phishing), serta phising melalui wi-fi palsu (evil twin) dan juga phising crypto.

5. Penipuan lotere

Penipuan lotere adalah jenis penipuan di mana penipu menghubungi korban dan mengklaim bahwa mereka telah memenangkan hadiah atau jackpot dalam sebuah lotere meskipun korban sebenarnya tidak pernah membeli tiket lotere. 

Penipu ini biasanya meminta korban untuk membayar biaya pengolahan, biaya administrasi, atau pajak yang diklaim diperlukan untuk menerima hadiah tersebut. 

Beberapa contoh scam penipuan lotere yang umum terjadi adalah penipuan lotere internasional, penipuan lotere email, penipuan lotere telepon, serta penipuan lotere online.

6. Penipuan teknologi

Penipuan teknologi adalah jenis penipuan yang melibatkan penggunaan teknologi, seperti internet, telepon, atau perangkat digital lainnya untuk menipu korban dengan tujuan memperoleh keuntungan finansial atau informasi pribadi. 

Penipuan teknologi mencakup berbagai skema penipuan yang mengambil keuntungan dari ketidaktahuan atau kecerobohan korban dalam hal teknologi. 

Beberapa contoh scam penipuan teknologi yang umum terjadi, yaitu penipuan email, penipuan telepon (phone scam), penipuan teknik sosial (social engineering scam), penipuan pembayaran online, penipuan aplikasi atau perangkat lunak palsu, serta penipuan ransomware.

7. Penipuan jasa

Penipuan jasa adalah jenis penipuan di mana penipu menawarkan jasa atau layanan palsu dengan maksud untuk menipu korban dan memperoleh keuntungan finansial secara tidak sah. 

Penipuan ini seringkali melibatkan pembayaran di muka atau pengumpulan informasi pribadi dari korban. 

Beberapa contoh scam penipuan jasa yang umum terjadi adalah penipuan perbaikan rumah, penipuan layanan teknis, penipuan jasa keuangan, penipuan pemindahan barang, serta penipuan layanan kesehatan.

Cara Menghindari Scam

Cara Menghindari Scam

Cara Menghindari Scam

Memahami cara atau tips menghindari scam atau penipuan sangat penting untuk melindungi diri dari potensi kerugian finansial dan kehilangan informasi pribadi. 

Beberapa alasan mengapa penting untuk memahami cara menghindari scam adalah untuk melindungi keuangan, mengamankan informasi pribadi, mencegah identitas pribadi dicuri, menghindari emosional dan psikologis yang tidak sehat, meningkatkan kesadaran dan kehati-hatian.

Untuk meningkatkan pemahaman kamu tentang cara menghindari scam, disarankan untuk melakukan riset, membaca sumber terpercaya, dan tetap up-to-date dengan taktik dan strategi penipuan terbaru.

Kemudian, selalu berbagi informasi dan pengalaman dengan orang lain, dan jangan ragu untuk melaporkan kegiatan penipuan ke pihak berwenang atau lembaga yang relevan.

Berikut ini beberapa cara untuk menghindari scam yang perlu diketahui, yaitu:

1. Mengenali ciri-ciri scam

Untuk menghindari scam, penting untuk mengenali ciri-ciri yang umum terdapat pada penipuan. 

Beberapa ciri-ciri scam yang perlu diwaspadai adalah penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, meminta uang atau informasi pribadi, tekanan waktu dan scare tactics, tidak adanya informasi atau sulit dihubungi, penawaran yang tidak realistis, kurangnya situs web atau informasi valid, serta iming-iming cinta online.

Selalu penting untuk menggandakan akal sehat, melakukan riset, dan mempercayai insting saat berhadapan dengan situasi yang mencurigakan. 

Jika ragu atau tidak yakin maka lebih baik untuk melakukan pengecekan tambahan atau berkonsultasi dengan sumber yang terpercaya sebelum membuat keputusan atau memberikan informasi pribadi atau finansial.

2. Menjaga informasi pribadi dengan baik

Menjaga informasi pribadi dengan baik adalah langkah penting dalam menghindari scam. 

Beberapa cara untuk menjaga informasi pribadi adalah jaga kerahasiaan informasi, berhati-hatilah dalam berbagi informasi online, gunakan password dan username semua jenis akun yang kuat, hati-hati dengan panggilan telepon atau email yang mencurigakan, periksa keamanan situs web, serta gunakan keamanan perangkat.

Dengan menjaga informasi pribadi dengan baik, hal itu dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan atau pencurian identitas.

3. Memverifikasi situs web dan informasi bisnis

Untuk menghindari scam, penting untuk memverifikasi situs web dan informasi bisnis sebelum melakukan transaksi atau memberikan informasi pribadi. 

Beberapa cara untuk melakukan verifikasi adalah periksa URL situs web, periksa sertifikat keamanan, cari informasi tentang perusahaan atau bisnis, periksa kontak dan alamat, teliti email atau pesan yang diterima, gunakan sumber informasi yang terpercaya, serta waspadai penipuan yang menggunakan nama perusahaan terkenal.

Dengan memverifikasi situs web dan informasi bisnis sebelum melakukan transaksi, hal itu dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan. 

4. Tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan

Salah satu cara yang efektif untuk menghindari scam adalah dengan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah beri waktu untuk berpikir, lakukan riset dan perbandingan, cek sumber informasi, diskusikan dengan orang terpercaya, waspadai tekanan dan urgensi, serta jangan memberikan informasi pribadi tanpa verifikasi.

Dengan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, hal itu akan memberi waktu untuk mempertimbangkan dengan cermat dan mengurangi risiko jatuh ke dalam jebakan scam. 

5. Tidak membuka pesan atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal

Salah satu cara yang efektif untuk menghindari scam adalah dengan tidak membuka pesan atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal. 

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah hati-hati dengan email yang mencurigakan, verifikasi pengirim, jangan mengklik tautan, hati-hati dengan lampiran, gunakan software keamanan yang terbaru, pertimbangkan spam filter, serta tingkatkan keamanan email.

Dengan tidak membuka pesan atau lampiran dari sumber yang tidak dikenal, hal itu bisa mengurangi risiko terkena scam yang melibatkan malware, phising, atau pencurian informasi pribadi.

6. Menjaga perangkat komputer dan gadget tetap aman dengan software keamanan

Menjaga perangkat komputer dan gadget kamu tetap aman dengan software keamanan adalah langkah penting dalam menghindari scam.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu instal software keamanan yang terpercaya, aktifkan pembaruan otomatis, hindari mengunduh dari sumber yang tidak dipercaya, hati-hati dengan lampiran dan tautan, gunakan kata sandi yang kuat, gunakan autentikasi dua faktor, hati-hati dengan Wifi publik, serta jaga perangkat tetap terkini.

Dengan menjaga perangkat komputer dan gadget Kamu tetap aman dengan software keamanan yang terpercaya, hal itu bisa mengurangi risiko terkena serangan malware, virus, atau pencurian data.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, scam atau praktik penipuan adalah tindakan yang merugikan dan harus dihindari. 

Scam dilakukan oleh pihak yang tidak jujur dengan tujuan mengambil keuntungan dari orang lain secara tidak sah. 

Bentuknya bisa berupa penipuan finansial, pencurian identitas, atau manipulasi lainnya yang bertujuan untuk mengelabui dan merugikan korban.

Menghindari scam sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan keuangan seseorang. 

Dalam era digital yang semakin maju, perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap praktik penipuan online yang semakin canggih dan lebih sulit untuk dideteksi.

Di samping itu, penting untuk mengenali ciri-ciri scam, seperti iming-iming keuntungan yang terlalu besar, permintaan uang atau informasi pribadi, tekanan waktu yang tinggi, taktik scare tactics, sulit dihubungi, penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan  iming-iming pekerjaan yang tidak realistis.

Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, hal itu akan membantu untuk mengidentifikasi situasi atau penawaran yang mencurigakan.

Sekarang, kamu sudah paham apa itu scam, jenis-jenis, ciri-ciri, serta cara untuk menghindarinya.

Nah, selanjutnya, kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya PI Network dan juga rug pull.

Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel menarik lainnya terkait dunia investasi aset digital hanya di INDODAX Academy.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Siapa Sangka? Tether Kini Kuasai 75 Ribu Keping Bitcoin!
14/04/2024
Siapa Sangka? Tether Kini Kuasai 75 Ribu Keping Bitcoin!

Tether, perusahaan penerbit stablecoin USDT yang populer, baru saja membuat

14/04/2024
Raboo: Melawan Kekacauan – Revolusi Dunia Meme
13/04/2024
Raboo: Melawan Kekacauan – Revolusi Dunia Meme

Raboo, sebuah meme coin revolusioner berbasis AI, telah memasuki arena

13/04/2024
Meraup Laba: Ini 9 Token Cardano di Era Bull Sekarang
12/04/2024
Meraup Laba: Ini 9 Token Cardano di Era Bull Sekarang

Pasar kripto sedang menikmati tren bullish yang menggembirakan. Harga aset

12/04/2024