India Akan Perlakukan Kripto Sebagai Aset, Ini Penjelasannya!
icon search
icon search

Top Performers

India Akan Perlakukan Kripto Sebagai Aset, Ini Penjelasannya!

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

India Akan Perlakukan Kripto Sebagai Aset, Ini Penjelasannya!

IMAGE ARTIKEL STOCK BITCOIN 2 ARTIKEL

Daftar Isi

India perlakukan kripto sebagai aset

Pada 2018 lalu, pemerintah India sempat mengusulkan pelarangan penggunaan kripto buatan swasta (seperti Bitcoin, Ethereum, dll). Tak hanya itu, bahkan sampai ada sanksi kurungan penjara hingga 10 tahun bagi masyarakat yang menyimpan dan menggunakan kripto sebagai alat pembayaran

Tiga tahun yang lalu, Menteri Keuangan India yang menjabat pada saat itu yaitu Arun Jaitley menyatakan dengan tegas bahwa pemerintah India tidak akan mau mengakui kripto sebagai alat pembayaran yang sah dan akan mengambil semua langkah untuk melarang kripto digunakan sebagai alat pembayaran. Hal ini menyeruak setelah banyaknya serangkaian penipuan yang terjadi di 2018. Karena hal itulah, regulator keuangan setempat pun memutuskan untuk melarang adanya transaksi kripto. Namun nyatanya, peraturan tersebut hanya berjalan selama dua tahun lamanya karena pada bulan Maret 2020, Mahkamah Agung India pun membatalkan kebijakan tersebut.

Pemerintah negara tersebut dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk treat dan define kripto  sebagai aset / komoditas sama seperti di Indonesia.

Salah satu Pejabat Kementerian Keuangan India mengatakan bahwa mereka akan membuat undang-undang yang isinya akan berpotensi membahas tentang kripto di bulan Februari 2022. Jika undang-undang ini membuahkan hasil, tentu ini merupakan suatu kemajuan untuk India karena pada akhirnya akan ada regulasi yang mengatur kripto. Kementerian Keuangan India bekerjasama dengan Reserve Bank of India untuk mengerjakan peraturan ini

Dengan adanya label kripto sebagai suatu aset atau komoditas, maka berdasarkan hukum di negara India maka kemungkinan akan adanya pajak bagi para investor dan exchanger di negara tersebut. Departemen pajak setempat pun sedang mempertimbangkan untuk mengenakan pajak atas pendapatan kripto melalui perdagangan ataupun pertukaran kripto

Nah, setelah membaca artikel di atas kira kira gimana pendapat kalian semua? Dengan semakin banyak negara yang concern untuk melegalkan kripto apakah ini akan membuat investor kripto semakin bertambah? Yuk tulis jawabannya di kolom komentar. Buat kamu yang belum mendaftarkan diri kamu di Indodax, kamu bisa kunjungi link ini ya.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Indodax Market Signal 30 Januari 2023
30/01/2023
Indodax Market Signal 30 Januari 2023

Halo member Indodax! Memasuki minggu terakhir di bulan januari 2023, ada ALICE dan SNX di jajaran aset kripto bullish nih, baca selangkapnya!

30/01/2023
Mining
26/01/2023
Mining

Mining ini biasa dilakukan untuk menambang melalui aset kripto dengan proses pencatatan sistem transaksi dari satu aset kripto ke aset kripto lainnya.

26/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!
24/01/2023
Clash of Liliput (COL) Hadir di Indodax!

Clash of Liliput (COL) berjalan bersama jaringan BEP20. Ini adalah game SLG yang berdasarkan pada skenario perlombaan, lho!

24/01/2023