Karya Seni 2 Dimensi dan Adaptasinya ke NFT Art
icon search
icon search

Top Performers

Pembahasan Lengkap tentang Karya Seni 2 Dimensi dan Adaptasinya ke NFT Art

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Pembahasan Lengkap tentang Karya Seni 2 Dimensi dan Adaptasinya ke NFT Art

Stock Image Article NFT 1200x675 Image Article Indodax Academy 09

Daftar Isi

Karya seni 2 dimensi atau karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni yang paling dijumpai di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, geliat karya seni yang satu ini seolah ikut kian menurun—ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 sejak dua tahun terakhir, yang juga membuat pameran ditiadakan dan galeri pun jadi sepi peminat.

Pada dasarnya, seni rupa dua dimensi ini adalah cabang seni yang membentuk suatu karya dengan memakai medium yang dapat dilihat oleh indra penglihatan (mata) dan dirasakan oleh indra peraba (kulit).

Di samping untuk dinikmati keindahannya, karya seni tersebut juga dapat dipakai sebagai benda siap pakai—dikenal juga dengan sebutan “seni rupa terapan”. Sebagai informasi, seni rupa juga terbagi ke dalam dua jenis—berdasarkan fungsinya—, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa 3 (tiga) dimensi.

Kini, seni rupa dua dimensi ini pun dapat diolah menjadi karya seni digital. Lantas, bagaimana caranya? Sebelumnya, simak terlebih dahulu ulasan soal pengertian hingga contoh seni dua dimensi di bawah ini.

Apa Itu Karya Seni 2 Dimensi dan Contohnya?

Secara umum, pengertian karya seni dua dimensi adalah karya seni yang punya dua ukuran/sisi, yang berarti bahwa jenis karya seni tersebut hanya memiliki panjang dan lebar. 

Untuk diketahui, karya seni dua dimensi tidak punya ruang lantaran tidak mempunyai ketebalan dan/atau ketinggian. Selain itu, seni rupa dua dimensi pun juga memiliki unsur-unsur pembentuk yang diolah oleh para perupa atau desainer penciptanya.

Lalu, apa saja unsur-unsur seni rupa 2 dimensi? Unsurnya terdiri dari titik, garis, bidang, bentuk, warna, gelap terang, ruang dan kedalaman. Sementara itu, terkait teknik dalam seni dua dimensi, ada beberapa yang paling sering digunakan, di antaranya teknik plakat, kolase, transparan, aquarel (sapuan basah), pointilis, arsir, dusel, siluet, plakat, semprot, dan tempera.

Adapun ciri-ciri karya seni 2 dimensi ini, di antaranya adalah memiliki ukuran panjang dan lebar saja, karya ini tidak menempati ruang, hanya dapat dinikmati dari 1 arah, media pembuatannya berbentuk bidang datar, serta mempunyai dimensi luas.

Selanjutnya, contoh-contoh karya seni dua dimensi dapat ditemukan pada 4 jenis karya seperti berikut ini.

1. Gambar. Ini adalah seni rupa yang digambar memakai medium gambar seperti pensil dan kertas. Sebagai contoh gambar 2 dimensi ini adalah gambar ilustrasi, gambar bentuk, gambar suasana, dan lain-lain.

2. Lukisan. Merupakan sebuah karya seni rupa yang dilukis memakai kuas serta menggunakan medium cat dan kanvas. Lukisan 2 dimensi ini sangat sering dijumpai dengan pemanfaatan sebagai hiasan bagi sebuah ruang/kamar.

3. Seni grafis. Jenis seni rupa yang satu ini biasanya dibuat melalui cetakan seperti cetakan kayu, stempel, dan sablon.

4. Desain komunikasi visual. Biasa juga disebut dengan desain grafis, karya seni dua dimensi ini pada umumnya dibuat dengan memakai aplikasi komputer, kemudian dicetak di atas kertas memakai printer. Misalnya saja desain brosur, banner, pamflet, dan sejenisnya.

Pentingnya Adaptasi Karya Seni 2 Dimensi ke Digitalisasi-NFT Art

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi digital dalam satu dekade terakhir, banyak bidang seni yang akhirnya harus berupaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Dalam hal ini, karya seni dua dimensi—atau seni rupa—menjadi salah satunya.

Oleh sebab itu, agar tidak tergerus oleh perubahan zaman dan dapat terus menghasilkan uang, jenis karya seni yang satu ini harus mampu beradaptasi, yang salah satunya adalah dengan melakukan digitalisasi terhadap karya seni tersebut melalui Non-Fungible Token (NFT) Art.

Pada dasarnya, NFT Art adalah NFT yang berfokus kepada dunia seni rupa, yang biasanya berupa alukisan yang diubah ke bentuk digital. Saat sebuah lukisan itu menjadi suatu NFT maka ia bakal tersimpan di dompet pribadi pemilik ataupun pembeli. Penting diketahui juga, lukisan yang diubah menjadi NFT ini bisa berwujud maupun tidak.

Di samping itu, pada kategori NFT Art, bukan hanya lukisan yang bisa dijadikan NFT, melainkan juga dapat berupa foto dan hasil tangkapan layar. Salah satu NFT ART termahal

Adalah karya seni bertajuk “Everyday: The First 5.000 Days” milik seniman bernama Beeple. Karya berupa sebanyak 5.000 lukisan yang digabung menjadi satu ini dihargai Rp999,9 miliar.

Terkait cara membuat NFT Art, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yakni sebagai berikut.

1. Membuat karya seni, lalu foto, dan digitalisasi

2. Pilih salah satu bursa NFT Art, misalnya OpenSea

3. Masuk ke OpenSea dan sambungkan dompet/wallet, misalnya MetaMask

4. Unggah file karya seni yang telah dibuat

5. Lakukan minting/penerbitan dan bayar biayanya

Di luar itu semua, para pelaku seni rupa (perupa) saat ini memang harus beradaptasi dengan pemasaran yang berbasis inovasi digital seperti halnya fenomena NFT Art ini ataupun pameran virtual.

Hal itu penting dilakukan oleh perupa karena kripto menjadi bidang investasi yang saat ini digemari dan terus dipelajari oleh banyak orang. Maka dari itu, bagi para seniman, utamanya seniman muda, mesti cepat dan bersemangat dalam menyambut inovasi teknologi digital yang satu ini.

Nantinya, apabila para seniman sudah memahami soal NFT jenis ini, mereka akan bisa memanfaatkan keuntungan dari menerbitkan karya dan keuntungan investasi dari sini—dengan bursa/marketplace NFT Art sebagai tempat untuk menghasilkan cuan. 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Indodax Market Signal 28 November 2022
28/11/2022
Indodax Market Signal 28 November 2022

OKB (OKB) pekan ini, berada diposisi teratas market kripto bullish lho! Selain OKB, aset kripto apa saja yang terindikasi bullish ya? Simak selengkapnya disini yuk!

28/11/2022
Mengenal Blockchain Wallet hingga Panduan Cara Membuatnya

Blockchain, blockchain wallet, dan cara membuat blockchain wallet adalah hal

Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?
22/11/2022
Kenapa Terra Meluncurkan LUNA Classic?

LUNA Classic (LUNC) adalah koin Terra LUNA asli yang setelah keruntuhan UST/Luna baru-baru ini dan pembentukan rantai Terra baru.

22/11/2022