Segregated Witness
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Segregated Witness

thumb article segwit e1580374909844

Segregated Witness atau sering disingkat SegWit adalah pembaruan (Hard Fork) yang diusulkan untuk perangkat lunak Bitcoin, yang dirancang untuk memperbaiki berbagai masalah serius. Mungkin SegWit adalah peningkatan protokol Bitcoin terbesar hingga saat ini, di mana beberapa peningkatan disatukan.

SegWit adalah pembaruan sistem Bitcoin Core yang ditujukan untuk mengatasi masalah pembatasan ukuran blok yang mengurangi kecepatan transaksi Bitcoin. Ini dilakukan dengan membagi transaksi menjadi dua segmen, menghilangkan Tanda Tangan awal dari bagian aslinya dan menambahkannya sebagai struktur terpisah pada akhirnya. Bagian asli akan terus menyimpan data pengirim dan penerima, sedangkan “struktur Saksi (Tanda Tangan)” yang baru akan berisi skrip dan tanda tangan digital yang berguna untuk validasi transaksi. Sebagai peningkatan terpenting, SegWit menghilangkan fleksibilitas transaksi. Sebelum SegWit, keanehan tentang tanda tangan kriptografi Bitcoin membuatnya sedemikian rupa sehingga transaksi dapat diubah menjadi “terlihat” berbeda, bahkan oleh orang yang belum melakukan transaksi itu sendiri.

Apa manfaat dari Segregated Witness  (SegWit)?

Sebagai bonus tambahan, SegWit juga menawarkan peningkatan batas ukuran blok sederhana menjadi empat megabita teoretis, atau batas dua megabita yang lebih realistis, tergantung pada jenis transaksi yang termasuk dalam blok. (Tepatnya: Batas ukuran blok diganti dengan batas berat empat juta unit, yang memperkenalkan cara baru untuk “menghitung” data transaksi.) Ini berarti bahwa pengguna dengan dompet yang mendukung SegWit membayar biaya transaksi yang lebih rendah. SegWit dilakukan dengan meningkatkan batas ukuran blok Bitcoin dan memungkinkan penerapan solusi tingkat kedua. Artinya, selain memisahkan Saksi seperti yang dijelaskan di atas, Hard Fork ini juga akan menambah ukuran blok pada Bitcoin Core yang sebelumnya hanya 1 MB. SegWit secara resmi diaktifkan di jaringan Bitcoin pada 23 Agustus 2017 di blok 481.822.

Namun, pembaruan yang dilakukan ternyata hanya pemisahan tanda tangan digital, tidak diikuti dengan penambahan ukuran blok seperti yang diperkirakan.
Kemudian, setelah SegWit dinilai “gagal” sebagai solusi dari masalah skalabilitas yang semakin parah, pihak developer akhirnya sepakat untuk merencanakan update lagi dengan melakukan SegWit2x Hard Fork (SegWit2MB). SegWit2x adalah langkah selanjutnya yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah skalabilitas yang ada. Ini adalah bagian kedua dari perjanjian NYA (Perjanjian New York) yang dibuat pada 23 Mei 2017. Pembaruan SegWit2x akan meningkatkan blok Bitcoin menjadi 2MB.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!