Unconfirmed
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

Unconfirmed, atau belum dikonfirmasi, menandakan bahwa transaksi tersebut belum masuk ke dalam blockchain dan masih ada kemungkinan pembatalan dalam transaksi tersebut. Sebuah transaksi biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dikonfirmasi.

Ketika itu terjadi, maka akan terlihat ada 1 konfirmasi dalam transaksi tersebut. Setiap blok bertambah satu, maka jumlah konfirmasi juga akan bertambah satu. Untuk mencegah pembelanjaan ganda, suatu transaksi tidak boleh dianggap berhasil jika belum dikonfirmasi.

Bagaimana cara memperbaiki atau memulihkan transaksi Bitcoin yang belum dikonfirmasi?

Transaksi Bitcoin yang belum dikonfirmasi dapat diperbaiki dengan dua cara: dengan menggunakan “replace-by-fee atau protokol RBF” atau “transaksi double-spend dengan biaya lebih tinggi.”

Transaksi Bitcoin tidak dapat dibatalkan setelah dikonfirmasi. Tapi, bisakah kamu membatalkan transaksi Bitcoin yang belum dikonfirmasi? Ya, transaksi BTC yang Unconfirmed atau belum dikonfirmasi dapat dibatalkan jika blockchain tidak menyetujui transaksi Bitcoin dalam waktu 24 jam. Dianggap belum dikonfirmasi sampai setidaknya tiga penambang tidak mengkonfirmasi setiap transaksi melalui proses penambangan. Jika kamu tidak mendapatkan konfirmasi dalam waktu tersebut, kamu dapat membatalkan transaksi kamu.

Kamu dapat menyiarkan transaksi Bitcoin ke seluruh jaringan untuk kedua kalinya menggunakan Protokol RBF, tetapi dengan harga yang lebih tinggi. Akibatnya, penambang dapat memilih transaksi lebih cepat, membatalkan transaksi sebelumnya dan memulai yang baru.

Dompet Bitcoin kamu, di sisi lain, mungkin tidak mendukung Protokol RBF. Akibatnya, periksa dulu untuk melihat apakah ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh dompet kamu. Saat mengirim Bitcoin, kamu dapat memilih opsi ini untuk memastikan bahwa kamu dapat menggunakannya jika perlu.

Jika dompet kamu tidak mendukung Protokol RBF, gunakan opsi pembelanjaan ganda sebagai gantinya; yaitu membuat transaksi baru dengan jumlah yang sama. Ini berarti kamu harus mengirim transaksi Bitcoin kamu untuk kedua kalinya, kali ini dengan biaya yang lebih besar. Penambang akan, dalam banyak situasi, menerima transaksi baru dan mengembalikan yang lama.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!