CPUMiner
icon search
icon search

Top Performers

Home / Kamus / judul_artikel

indodax indodax academy glossary poster CPU Miner e1579675149298

CPUMiner adalah nama untuk komputer yang menambang Bitcoin. Pada awal sejarah penambangan Bitcoin, para penambang hanya menggunakan kode yang dikeluarkan oleh Satoshi Nakamoto dan menjalankannya di komputer biasa.

Cara meningkatkan hasil Bitcoin yang ditambang adalah dengan memperbanyak jumlah komputer yang ditambang. Seiring dengan peningkatan kecepatan penyelesaian algoritma, ‘tingkat kesulitan’ juga meningkat, sehingga biaya menjalankan daya CPU dalam bentuk listrik tidak lagi sebanding dengan Bitcoin yang dapat diperoleh dari proses penambangan ini.

Cara kerja CPU Mining

CPUMiner menggunakan perangkat keras komputer untuk melakukan komputasi terkait blockchain. Kamu dapat menggunakan laptop dan desktop biasa untuk menambang koin dan kemudian menyimpannya dengan perangkat lunak penyimpanan aset kripto. Miner aset kripto menggunakan CPU untuk menjalankan fungsi hashing sampai mereka menemukan hasil yang benar. Setelah memecahkan masalah penambangan blok, mereka menerima hadiah blok dalam koin milik jaringan.

Bergantung pada konfigurasinya, CPU bergantung pada prosesor soliter center, double-center, atau quad-center. Lebih banyak pusat memungkinkan prosesor untuk memenuhi pedoman penambangan CPU yang berbeda secara konsisten.

Beberapa CPU dapat membayangkan dua pusat untuk setiap pusat yang dapat diakses dan memfasilitasi hyper-threading secara tidak langsung. Meskipun hyper-threading menyarankan penggandaan kekuatan potensial, pusat yang sebenarnya berkinerja lebih baik daripada yang virtual. Beberapa penambang menghubungkan dua atau lebih prosesor CPU ke server dan workstation berbasis prosesor Intel dan AMD.

CPUMiner biasanya memanfaatkan mekanisme proof-of-work (PoW) untuk membuktikan penyelesaian pekerjaan, menambahkan koin baru, dan memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah. Keberhasilannya tergantung pada dua kemampuan teknis CPU:

  1. Tingkat hash mengukur peluang memecahkan teka-teki kriptografi yang diperlukan untuk menerima hadiah penambangan. Ini diukur dalam hash per detik (h/s). Penambangan chip CPU mengukur tingkat hash dalam kilo hash per detik (kh/s). Bahkan CPU terbaik dapat mencapai tingkat hash 8-20 kh/s.
  2. Efisiensi penggunaan energi mengukur konsumsi energi keseluruhan dalam hash per kilowatt-jam. Evaluasi ini membantu penambang membandingkan imbalan dan biaya listrik.

Beberapa CPUMiner juga membuat rig penambangan multi-CPU dengan menghubungkan beberapa CPU. Idenya di sini adalah untuk menggabungkan dan memusatkan kekuatan beberapa CPU dalam satu komputer. Server dan workstation dengan pengaturan seperti itu memerlukan papan server atau motherboard yang dibuat khusus dengan banyak inti dan utas.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!