Mengenal ERC-777: Sejarah, Manfaat & Fiturnya
icon search
icon search

Top Performers

ERC-777: Peningkatan Signifikan dalam Dunia Ethereum

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

ERC-777: Peningkatan Signifikan dalam Dunia Ethereum

ERC 777 Ethereum 1

Daftar Isi

Protokol blockchain Ethereum yang menentukan jenis token yang dapat beroperasi secara kompatibel dengan ETH adalah ERC-777. Adapun ERC-777 merupakan standar token yang lebih canggih di jaringan Ethereum yang dirancang sebagai perkembangan dari standar token ERC-20

 

Penambahan fitur keamanan dan fungsionalitas baru menjadi ciri khas dari ERC 777. Sebagai standar token di jaringan Ethereum, ERC-777 menjadi perhatian utama karena kompatibilitas penuhnya dengan bursa terdesentralisasi serta tujuan pengembangannya yang terfokus.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu ERC 777, sejarah dan tujuannya, manfaat dan keunggulannya, hingga fitur utamanya, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu ERC 777?

Mengutip laman coinmarketcap.com, ERC-777 adalah standar token yang digunakan untuk menciptakan token sepadan di jaringan Ethereum. Standar ini secara penuh dapat berintegrasi dengan bursa terdesentralisasi yang sudah ada. 

 

Dengan penjelasan yang lebih sederhana, ERC-777 adalah protokol blockchain Ethereum yang mengatur jenis token yang dapat beroperasi secara kompatibel dengan ETH. 

 

Sejarah dan Tujuan ERC-777

 

ERC 777 Ethereum 2

 

Jordi Baylina, Jacques Dafflon, dan Thomas Shababi pertama kali mengusulkan ERC-777 pada bulan November 2017 sebagai standar token baru di platform Ethereum. 

 

Mereka bertujuan untuk meningkatkan standar ERC-20 dengan memperkenalkan lebih banyak fitur, sekaligus memastikan kompatibilitas mundur dengan aplikasi ERC-20 yang telah ada.

 

Manfaat dan Keunggulan ERC-777

ERC 777 mempermudah interaksi dalam perdagangan token yang kompleks dan membantu mengatasi ketidakjelasan seputar desimal, pencetakan, dan pembakaran. ERC-777 menggunakan fitur yang sangat efisien yang dikenal sebagai hook (pengait).

 

Ketika token dikirimkan ke kontrak analitik berbasis komputer, mekanisme pengait diaktifkan sehingga menyederhanakan interaksi antara akun dan kontrak saat menerima token. Selain itu, kemungkinan terjebaknya token dalam kontrak menjadi lebih kecil pada token ERC-777, yang merupakan perbaikan terhadap masalah yang umumnya terkait dengan token ERC-20.

 

Fitur Utama ERC-777

Berikut ini adalah beberapa keuntungan atau manfaat yang diberikan oleh standar ERC-777, di antaranya:

 

  • ERC-777 menerapkan standar baru, yaitu ERC-820, yang memungkinkan pendaftaran metadata untuk kontrak dengan tujuan memberikan kemampuan dasar introspeksi. Pendekatan ini memungkinkan kompatibilitas ke belakang serta perluasan fungsionalitas tambahan. Kontrak dalam standar ERC-777 berinteraksi dengan cara yang mirip dengan kontrak dalam standar ERC-20.

 

  • Ketika token dikirim ke kontrak analitik berbasis komputer, aktivasi mekanisme pengait mempermudah interaksi antara akun dan kontrak selama proses penerimaan token.

 

Mengenal Perbaikan ERC 777 Atas ERC 20 

 

ERC 777 Ethereum 3

 

Mengutip laman ethereum.org, ERC-777 membawa peningkatan-peningkatan berikutnya dibandingkan dengan ERC-20, antara lain:

 

Hooks merupakan fungsi yang dijelaskan dalam kode kontrak pintar. Hooks dipanggil ketika token dikirim atau diterima melalui kontrak yang memungkinkan kontrak pintar merespons peristiwa token yang masuk atau keluar.

 

Hooks didaftarkan dan diidentifikasi menggunakan standar ERC-1820. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari hook, yaitu:

 

  • Hooks memungkinkan pengiriman token ke sebuah kontrak dan memberi tahu kontrak tersebut dalam satu transaksi, tidak seperti ERC-20, yang memerlukan pemanggilan ganda (approve/transferFrom) untuk mencapai hal ini.

 

  • Kontrak yang belum mendaftarkan hook tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan ERC-777. Jika kontrak pengirim menggunakan hook dan kontrak penerima belum mendaftarkan hook maka transaksi akan dibatalkan sehingga mencegah pemindahan yang tidak disengaja ke kontrak pintar non-ERC-777.

 

  • Hooks juga memiliki kemampuan untuk menolak transaksi.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ERC-777 sebagai standar token yang lebih canggih di Ethereum memperlihatkan sejumlah keunggulan yang penting. Di antara keunggulannya adalah peningkatan fitur keamanan dan fungsionalitas dibandingkan dengan standar token sebelumnya seperti ERC-20. 

 

Lebih jauh, untuk memahami sepenuhnya potensi pengembangan token di masa depan, penting untuk mendalami lebih jauh fitur-fitur inovatif yang diperkenalkan oleh ERC-777. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan sepenuhnya peluang yang ditawarkan oleh evolusi standar token ini dalam ekosistem blockchain Ethereum.

 

Sebagai tambahan informasi, kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya tentang perbedaan ERC 721 vs ERC 1155 dan juga ERC 404 di kumpulan artikel terbaik dari INDODAX Academy dan kamu juga dapat membaca istilah dalam crypto di kamus Academy.

 

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang teknologi blockchain, kamu sangat disarankan untuk membaca artikel-artikel terbaru yang tersedia di INDODAX Academy.

 

INDODAX Academy menghadirkan berbagai materi yang mencakup konsep dasar hingga aspek yang lebih mendalam terkait dengan teknologi blockchain.

 

Dengan membaca beragam artikel di INDODAX Academy, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi ini, termasuk penerapannya, dan mendapatkan informasi terbaru seputar dunia kripto.

 

Yuk Investasi Ethereum di INDODAX

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu ERC 777, sejarah dan tujuannya, manfaat dan keunggulannya, hingga fitur utamanya.

 

Selanjutnya, apabila kamu ingin menginvestasikan aset kripto di Ethereum di INDODAX, sebaiknya kamu terlebih dahulu mengecek harga Ethereum hari ini di INDODAX Market.

 

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membeli Ethereum di INDODAX, yaitu:

 

  • Masuk ke akun INDODAX kamu.
  • Lakukan deposit jika saldo kamu masih kosong.
  • Buka marketplace dan temukan Ethereum.
  • Setelah itu, cari kolom penjualan dan masukkan harga Ethereum yang diinginkan bersama dengan saldo yang tersedia. Kamu dapat memilih metode instant atau metode limit.
  • Sebagai pilihan lain, kamu dapat segera menempatkan pesanan penjualan dengan harga yang diinginkan setelah memiliki Ethereum. Pastikan untuk memperhatikan pergerakan harga sebelumnya.

 

Sebagai disclaimer, sebelum melakukan transaksi, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan perdagangan kripto mengingat volatilitasnya yang tinggi.

 

Adapun keputusan untuk membeli Ethereum sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna. Selain itu, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan investasi.

 

Ayo, investasi Ethereum sekarang juga hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024