Gwei ETH: Panduan Lengkap untuk Transaksi Efisien
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Gwei ETH dan Hubungannya dengan Gas Fee?

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Gwei ETH dan Hubungannya dengan Gas Fee?

Apa Itu Gwei ETH dan Hubungannya dengan Gas Fee?

Daftar Isi

Gwei adalah penggabungan antara giga dan wei yang merupakan denominasi dari Ethereum. Wei merupakan pecahan terkecil dari Ethereum yang bernominal satu triliun. Nama lain gwei disebut nanoether yang bernilai sepersejuta. Ethereum (ETH) juga memiliki nilai yang tinggi, sehingga jika ada denominasi dapat membantu menumbuhkan nilainya. 

 

Pentingnya adanya satuan denominasi seperti Gwei tidak hanya terletak pada kemudahan penghitungan dalam transaksi, tetapi juga berperan dalam mendukung pertumbuhan nilai Ethereum secara keseluruhan. Keberadaan denominasi seperti Gwei memainkan peran kritis dalam memfasilitasi transaksi sehari-hari, memperhitungkan biaya gas, dan menyediakan fleksibilitas untuk penggunaan yang lebih luas. Dengan adanya satuan denominasi, pengguna dapat dengan mudah bertransaksi dalam skala yang lebih kecil, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan likuiditas dan pertumbuhan nilai total ekosistem Ethereum.

 

Apa itu Gwei ETH dan Fungsinya? 

Sebagai bagian dari jaringan ETH, Gwei dapat disebut juga sebagai denominasi fundamental ether (ETH). Gwei sendiri merupakan singkatan dari gigawei, di mana “giga” yang berarti satu miliar, dan “wei” yang berarti pecahan terkecil dari ether. Maka dari itu, satu Gwei bernilai satu miliar Wei atau 0,000000001 ETH.

 

Nama lain Gwei adalah “shannon”. Nama ini didapatkan dari nama seorang matematikawan terkenal yang juga seorang kriptografer, yaitu Claude Shannon atau dikenal sebagai “bapak teori informasi”. Asal usul nama Gwei awalnya berasal dari penghormatan pengembang Ethereum kepada ilmuwan komputer karena berkontribusi besar dalam kriptografi dan pengembangan aset kripto, yaitu Wei Dai. Maka dari itu, para pengembang ETH menamai unit paling kecil Ether dengan “Wei”. 

 

Gwei memiliki peranan penting dalam ekosistem Ethereum. Biasanya, Gwei digunakan untuk melakukan transaksi dan smart contract. Terlebih, Ethereum saat ini sedang pesat perkembangannya. Salah satu peranan Gwei adalah menunjukan biaya gas dan biaya transaksi operasi seperti smart contract interaction atau transfer token. Penggunaan satuan Gwei dapat mempermudah perhitungan biaya-biaya ini. Hal ini karena Gwei memfasilitasi interaksi para user dengan Ethereum, sehingga membuat perhitungan biayanya tepat, transaksi lebih cepat dan efisien serta ramah pengguna. 

 

Dengan banyaknya penggunaan dan adopsi Ethereum dalam dApps dan smart contracts, denominasi ini sangat membantu untuk melancarkan proses transaksi. Hal ini karena denominasi merupakan aset kripto yang bernuansa pecahan, sehingga estimasi perhitungan biayanya lebih akurat dan adil. 

 

Apa Itu Biaya Gas dalam Kripto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Apa Itu Gwei ETH dan Hubungannya dengan Gas Fee?

 

Gas fee merupakan sebuah biaya penggunaan energi komputasi yang harus dibayar pengguna untuk melakukan pengecekan transaksi jual dan beli atau membuat smart contracts di Ethereum. Gas di sini dihadirkan sebagai wadah untuk mempertahankan perbedaan lapisan nilai yang memperlihatkan jumlah konsumsi dari komputasi pada jaringan Ethereum. 

 

Gas fee juga menjadi bagian paling krusial dalam mesin virtual Ethereum (EVM), karena gas fee merupakan sumber power atau kekuatan dalam Ethereum.

 

Gas fee bekerja dengan menghimpun dan mengakumulasi biaya komputasi para pengguna agar dapat melancarkan proses transaksi di Ethereum. Biasanya, biaya ini adalah sebuah imbalan yang diberikan kepada penambang karena sudah membantu mengidentifikasi transaksi dan blok pada Ethereum. Jika pengguna membuat batas unit gas yang jumlahnya lebih kecil dibandingkan jumlah yang dibutuhkan, maka dapat menggagalkan transaksi dan biaya gas tidak dapat dikembalikan. 

 

1 Gwei sama dengan Berapa ETH?

Satu Gwei sama dengan 0,000000001 ETH, atau satu miliar bagian Ether. Satu Gwei juga setara dengan satu miliar Wei. Sementara, 1 ETH setara dengan satu miliar Gwei. 

 

Berapa Harga Gas Gwei dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Ethereum adalah dasar dari Gwei, maka dari itu, nilai satu Gwei jika diartikan dalam dolar dapat bervariasi angkanya. Hal ini karena harus mengikuti harga Ether saat ini. Jika dolar Ethereum berfluktuasi, nilai dolar Gwei juga akan berfluktuasi. Contohnya, 50 dolar Gwei hari ini tidak akan sama dengan 50 dolar Gwei pada keesokan harinya. Jadi, nilai akurat Gwei tergantung pada harga ETH saat itu. Jumlah Gwei yang dibutuhkan dalam sebuah transaksi juga tergantung pada biaya gas dalam transaksi itu. 

 

Penting juga untuk mempertimbangkan jumlah Gwei yang dibutuhkan dalam melakukan transaksi. Hal ini karena jika jaringan sedang macet, dapat menyebabkan tingginya biaya transaksi. 

 

Berikut adalah rumus khusus untuk menghitung gas fee:

 

Total Biaya = Satuan Gas (Limit) x (Biaya Dasar + Tip)

 

Untuk lebih jelasnya, unit gas merupakan jumlah total maksimum sebuah gas yang akan dibelanjakan oleh para pengguna dalam suatu transaksi, dan biaya dasar adalah jumlah total minimum gas yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi di Ethereum. Sementara, tip adalah sebuah insentif atau biaya tambahan yang mempercepat suatu transaksi.

 

Cara Kerja Gwei ETH

Gwei digunakan untuk pembayaran gas Ethereum, adalah sebuah biaya untuk melaksanakan transaksi. Angka ini dihitung dinamis yang mempertimbangkan usaha dari komputasi dan lalu lintas jaringan dalam jangka waktu bertransaksi. Biaya ini juga menjadi hadiah bagi para penambang maupun validator yang memanfaatkan mereka untuk melakukan validasi serta memproses sebuah transaksi di Ethereum. 

 

Terdapat beberapa yang berdampak secara signifikan pada jumlah bahan bakar maupun jumlah Gwei yang dibutuhkan, yaitu kerumitan transaksi, transfer langsung token, smart contracts, atau penggunaan dApp

 

Dalam Gwei, harga gas menjadi penting pada saat jaringan terjadi kemacetan. Pengguna dapat melakukan pengalokasikan harga bahan bakar yang lebih tinggi di Gwei agar transaksi mereka lebih cepat. 

 

Penambang akan memprioritaskan transaksi yang memiliki biaya bahan bakar yang lebih tinggi. Hal ini juga validasi turut dilakukan dengan cepat karena aktivitas jaringan yang tinggi. Tak hanya itu, untuk mengamankan proses transaksi, pengguna dapat membuat biaya bahan bakar maksimum yang ingin mereka keluarkan. Sisa atau gap harga antara biaya maksimum dan biaya sebenarnya akan turut dikembalikan setelah transaksi. 

 

Apakah Gwei Berhubungan dengan Gas Fee? 

 

Apa Itu Gwei ETH dan Hubungannya dengan Gas Fee?

 

Sesuai penjelasan di atas, tentunya Gwei sangat berhubungan dengan gas fee. Gwei digunakan untuk mengukur gas fee. Jumlah minimum gas fee untuk melakukan sebuah transaksi memerlukan sebanyak 21.000. 

 

Beragam aktivitas di Ethereum menggunakan gas fee. Mulai dari peluncuran dApps hingga bertransaksi Ethereum biasa kepada penerima. Maka dari itu, dibutuhkan Gwei untuk menghitung segala biaya tersebut. 

 

Gwei dan Unit Denominasi Saudaranya di Ether

Selain Gwei dan Wei, terdapat banyak satuan unit denominasi lainnya. Pembuatan nama satuan unit ini semuanya diambil dari nama tokoh terkenal dan berjasa pada dunia kripto. 

 

Berikut adalah satuan unit denominasi Ether: 

 

  • Wei (wei): berasal dari nama Wei Dai, seseorang yang menciptakan pondasi kripto, dan juga seorang arsitek B-money yang merupakan pendahulu dari Bitcoin. 

 

  • Kwei (babbage): berasal dari nama Charles Babbage, seseorang matematikawan, filsuf, insinyur dan penemu mesin komputasi otomatis.

 

  • Mwei (lovlelace): berasal dari nama Ada Lovelace, seorang matematikawan, computer programmer pertama di dunia, dan penulis yang menerbitkan algoritma. 

 

  • Gwei (shannon): berasal dari nama Claude Shannon, seorang matematikawan yang berasal dari Amerika Serikat, seorang kriptografer, dan “bapak teori informasi”. 

 

  • Twei (Szabo):  berasal dari nama Nick Szabo, seorang ilmuwan komputer, sarjana hukum, dan seorang kriptografer karena karyanya dalam smart contracts dan mata uang digital. 

 

  • Pwei (finney): berasal dari nama Hal Finney, seorang ilmuwan komputer dan kriptografer. Finney merupakan orang pertama yang menerima Bitcoin dari Satoshi Nakamoto. 

 

  • Ether (buterin): berasal dari nama Vitalik Buterin, seseorang yang menciptakan Ethereum. 

 

Kesimpulan

Gwei merupakan singkatan dari gigawei, di mana “giga” yang berarti satu miliar, dan “wei” yang berarti pecahan terkecil dari ether. Satu Gwei bernilai satu miliar Wei atau 0,000000001 ETH. Asal usul nama Gwei awalnya berasal dari Wei Dai, seorang ilmuwan komputer karena berkontribusi besar dalam kriptografi dan pengembangan aset kripto. 

 

Gwei digunakan untuk pembayaran gas Ethereum, adalah sebuah biaya untuk melaksanakan transaksi. Beragam aktivitas di Ethereum menggunakan gas fee. Mulai dari peluncuran dApps hingga bertransaksi Ethereum biasa kepada penerima. Maka dari itu, dibutuhkan Gwei untuk menghitung segala biaya tersebut. 

 

Yuk, Mulai Investasi Aset Kripto di INDODAX!

Nah sekarang sudah mengerti kan apa itu Gwei, gas fee, dan hubungannya dengan Ethereum? Jadi tertarik untuk membeli Ethereum? Tapi ingat ya, sebelum membeli, pilih crypto exchange yang berlisensi dan terpercaya seperti INDODAX

 

Banner OTC Indodax 2024

 

Tak hanya sebuah platform yang aman dan terpercaya, INDODAX juga memiliki berbagai fitur mulai dari OTC hingga staking crypto dan layanan yang membantu kamu untuk berinvestasi. Maka dari itu, untuk masa depan yang lebih cerah, yuk mulai investasi aset kripto sekarang di INDODAX.

 

Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini! Daftarkan diri kamu sekarang dan raih keuntunganmu!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya
01/03/2024
RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya

Salah satu game berbasis blockchain yang menjadi perbincangan hangat belakangan

01/03/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia
29/02/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia

Era digital yang terus berkembang dengan pesat memicu lahirnya inovasi-inovasi

29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX
29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX

Di zaman yang serba digital, aset kripto yang terdapat pada

29/02/2024